10 Cara Ampuh Mengobati Infeksi Mata Secara Alami

by

Infeksi mata adalah masalah yang sering dialami banyak orang, mulai anak-anak hingga lanjut usia. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, alergi atau senyawa mikrobiologis lain dan dapat mempengaruhi satu atau kedua mata.

10 Cara Ampuh Mengobati Infeksi Mata Secara Alami

Ada berbagai jenis infeksi mata, seperti:

  • Konjungtivitis atau mata merah muda: Infeksi ini menyebabkan mata memerah serta iritasi. Hal ini biasanya karena virus, tapi kadang-kadang bisa karena bakteri atau reaksi alergi.
  • Hordeolum: Infeksi mata jenis ini disebabkan oleh bakteri staphylococcal yang hidup di permukaan kulit. Infeksi ini mengarah pada pembentukan benjolan merah di kelopak mata atau di dasar bulu mata, dan terasa gatal serta menyakitkan.
  • Blepharitis: Infeksi ini terjadi ketika kelenjar minyak kecil di dekat pangkal bulu mata tersumbat dan kelopak mata menjadi terinfeksi. Hal ini menyebabkan rasa gatal dan sensasi terbakar.
  • Orbital selulitis: Infeksi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang membuat jaringan sekitar mata luka.
  • Keratitis: Infeksi ini melibatkan bakteri, virus, jamur atau parasit, dan terutama disebabkan karena adanya benda asing di mata, yang menyebabkan luka pada kornea.

Infeksi mata juga dapat dipicu oleh sistem kekebalan tubuh menurun, trauma, operasi, paparan bahan kimia berbahaya, kebersihan yang buruk, serta tertular dari orang lain yang mengalami infeksi mata.

Nah, untuk mengatasi infeksi mata tersebut, berikut adalah bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk pertolongan pertama pada infeksi mata.

1. Kompres air hangat

Ini adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk mengobati konjungtivitis. Panas dari kompres air hangat meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan meningkatkan penyembuhan. Kompres air hangat juga membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak dan mencegah infeksi lebih lanjut.

2. Euphrasia

Euphrasia adalah pengobatan herbal yang efektif untuk infeksi mata dan iritasi, terutama konjungtivitis atau mata merah. Euphrasia dalam bentuk teh biasanya melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan, serta mencegah penyebaran infeksi.

3. Larutan saline

Anda dapat menggunakan larutan garam buatan sendiri untuk menyingkirkan infeksi mata, atau Anda dapat membeli larutan saline di apotek. Larutan garam membantu membasuh kotoran di mata dan mengontrol infeksi, sehingga memastikan bahwa infeksi tidak menyebar.

4. Koloid perak

Koloid perak juga dapat digunakan untuk mengurangi iritasi mata dan gatal yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Koloid perak ini berisi partikel perak kecil tersuspensi dalam air yang bila digunakan sebagai obat tetes mata, akan dapat mengambil sel yang terinfeksi dengan menarik mereka secara elektromagnetik.

5. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri berbahaya di mata yang mungkin menyebabkan infeksi. Untuk hasil terbaik, gunakan madu manuka atau madu organik.

6. Teh hijau

Teh hijau kaya akan asam tanat yang dapat membantu menjaga infeksi di mata. Teh hijau juga dapat meredakan mata gatal serta mengurangi bengkak di bawah mata. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang berkontribusi terhadap kesehatan mata secara keseluruhan.

7. Teh chamomile

Chamomile dikenal kaya akan zat anti-iritasi, anti-inflamasi dan antimikroba-nya, sehingga sangat efektif untuk mengobati konjungtivitis. Teh ini bersifat menenangkan dan membantu mengurangi kemerahan, iritasi dan bengkak di bawah mata.

8. Asam borat

Asam borat dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan infeksi mata, seperti kemerahan, mata kering, mata terasa seperti ada sensasi terbakar dan robek. Asam borat memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengobati infeksi dan meredakan iritasi.

9. Cuka sari apel

Untuk mengobati mata merah, cuka sari apel sangat efektif. Asam malat dalam cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi bekerja seperti agen antimikroba, yang membantu melawan infeksi bakteri. Bahkan membantu menghilangkan kuman dan kotoran dari mata untuk mempercepat penyembuhan.

10. Air Susu Ibu (ASI)

Air susu ibu adalah obat yang sangat efektif dan aman untuk menyingkirkan mata merah, terutama pada bayi. ASI mengandung antibodi tertentu, terutama imunoglobulin E, yang mencegah bakteri penyebab infeksi melekat pada permukaan mukosa mata. Selain itu ASI juga membatasi pertumbuhan bakteri, serta membantu infeksi sembuh dengan cepat.

Nah, itu tadi beberapa cara alami menyembuhkan infeksi mata. Namun jika infeksi tak juga kunjung sembuh dan semakin parah, sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis mata. Selamat mencoba!

Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara membunuh bakteri pada mata
  • cara mengobati infeksi pada mata
  • cara mudah menyembuhkan infeksi mata secara alami
  • obat alami infeksi mata merah
  • obat infeksi mata tradisional
  • obat tradisional untuk infeksi mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *