10 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Asma Secara Alami

by

Asma adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan penderita kesulitan bernapas. Asma dapat berupa akut atau kronis. Serangan asma terjadi ketika ada sumbatan di aliran udara di paru-paru.

Penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui tetapi dapat dipicu oleh sejumlah faktor, seperti alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, sulfida dalam makanan dan obat-obatan tertentu. Gejala umum termasuk batuk, mengi, sesak napas dan dada sesak.

10 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Asma Secara Alami
Ada banyak perawatan medis untuk asma. Beberapa solusi alami sederhana juga dapat memberikan bantuan dari gejala. Berikut adalah 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi asma. Selain pengobatan secara alami, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis yang tepat.

1. Jahe

Jahe adalah pengobatan alami yang terkenal untuk berbagai penyakit termasuk asma. Para peneliti telah menemukan bahwa bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan saluran napas dan menghambat kontraksi saluran napas. Juga, studi menunjukkan bahwa jahe memiliki senyawa yang dapat meningkatkan efek relaksan otot.
Ketika mengalami serangan asma, memijat dengan minyak mustard dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan memulihkan pernapasan normal. Panaskan sedikit minyak mustard dengan kapur barus sedikit.

Pindahkan dalam mangkuk dan ketika masih hangat, lembut gosok di dada dan punggung atas, serta pijat. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai gejala mereda.

3. Buah ara

Sifat dan gizi buah ara mempromosikan kesehatan pernapasan dan membantu mengalirkan lendir dan meringankan kesulitan bernapas. Cuci tiga buah ara kering dan rendam dalam secangkir air semalam. Di pagi hari, makan buah ara yang direndam dan minum air ara pada waktu perut kosong.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah obat yang dapat membantu melancarkan tersumbatnya paru-paru Anda selama tahap awal asma. Rebus dua atau tiga siung dalam cangkir seperempat susu. Biarkan hingga dingin di suhu kamar dan kemudian meminumnya.

5. Kopi

Kafein dalam kopi dapat membantu mengendalikan serangan asma karena bertindak sebagai bronkodilator. Kopi panas membantu rileks dan membersihkan saluran udara untuk membantu Anda bernapas lebih mudah. Semakin kuat kopi, semakin baik hasilnya.

6. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih murni adalah pengobatan yang efektif untuk gejala asma karena sifat dekongestannya. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih memiliki bahan kimia yang disebut eucalyptol yang dapat membantu memecah lendir.

7. Madu

Madu adalah salah satu obat alami yang baik untuk asma. Alkohol dan minyak dalam madu membantu mengurangi gejala asma. Hanya menghirup bau madu menghasilkan hasil yang positif bagi sebagian orang. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh madu ke dalam segelas air panas dan minum perlahan-lahan sekitar tiga kali sehari.

8. Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi penyempitan saluran nafas ketika menderita asma. Juga, kandungan sulfur dalam bawang merah membantu menurunkan peradangan di paru-paru.

9. Lemon

Penderita asma sering memiliki kadar rendah vitamin C. Lemon kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala asma. Peras jus dari setengah lemon dalam segelas air dan tambahkan gula sesuai selera Anda. Minum ini secara teratur untuk mengurangi serangan asma.
Biji karambol, juga dikenal sebagai gulma, juga dapat digunakan untuk mengobati asma ringan karena bertindak sebagai bronchodialator dengan melebarkan saluran bronkial di paru-paru. Rebus satu sendok teh biji karambol di air dan hirup uapnya. Anda juga uga dapat meminum air rebusannya.

Demikian cara ampuh mengobati penyakit asma secara alami. Untuk mencegah asma kambuh kembali, pastikan Anda menghindari allergen yang dapat memicu penyakit asma. Konsultasikan juga dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *