10 Cara Ampuh Mengobati Jerawat di Kulit Kepala

by

Sama seperti tubuh, kulit kepala memiliki pori-pori yang mengeluarkan minyak (sebum) ke permukaan kulit kepala. Ketika bakteri pada kulit kepala bergabung dengan sel-sel kulit mati dan sebum, pori-pori diblokir, menyebabkan wabah jerawat.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap munculnya jerawat kulit kepala, seperti perubahan hormonal (terutama selama masa remaja dan pada waktu menstruasi), diet yang tidak sehat, reaksi alergi, kebersihan yang buruk, hidup dalam kondisi lembab, polusi, paparan bahan kimia dan minyak tertentu.

10 Cara Ampuh Mengobati Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat di kepala juga bisa muncul karena faktor mekanik seperti memakai tutup kepala yang ketat atau biasa menggaruk kulit kepala Anda. Stres, kelelahan dan depresi juga dapat menjadi penyebab masalah jerawat di kepala.
Meskipun jerawat di kulit kepala mungkin tidak terlihat karena kulit kepala sebagian besar tertutup oleh rambut, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, serta membuat perawatan rambut sangat sulit. Bahkan, menyikat atau menyisir rambut Anda bisa menjadi tugas yang menyakitkan.


Gejala lain termasuk peradangan dan gatal-gatal. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan folliculitis, infeksi pada folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri, terutama staphylococcus bakteri. Selain itu, jerawat pada kulit kepala cenderung lebih lembut dan sakit dari jerawat pada bagian lain dari tubuh, biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam seminggu atau lebih.
Untuk menghilangkan masalah yang mengganggu dan menyakitkan ini, Anda harus mengikuti kebersihan perawatan rambut yang tepat. Ada juga beberapa solusi alami dan tips sederhana yang dapat membantu percepatan proses penyembuhan. Berikut adalah 10 cara untuk menyingkirkan jerawat di kulit kepala jerawat.

1. Tea tree oil

Tea tree oil merupakan obat yang efektif untuk jerawat dan masalah kulit kepala lainnya. Minyak esensial ini bertindak seperti antiseptik, desinfektan pori-pori dan cepat mengeringkan jerawat. Tea tree oil bahkan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan juga mengurangi kemerahan dan gatal-gatal.

2. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang sangat baik yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat di kulit kepala. Senyawa yang dikenal sebagai kurkumin dalam kunyit mengandung antibakteri ampuh, antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga membantu melawan jerawat di kulit kepala. Sifat antibakteri dan antiseptik membantu membersihkan folikel rambut dari bakteri dan minyak yang menyebabkan jerawat. Plus, memulihkan keseimbangan pH kulit kepala untuk mencegah jerawat lebih lanjut.

4. Aloe vera

Bahan lain yang populer untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat di kulit kepala adalah lidah buaya. Bahan ini dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, mencegah infeksi, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Bahkan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala.

5. Daun nimba

Daun nimba sangat efektif untuk mengobati semua jenis jerawat. Tanaman ini memiliki sifat antiseptik dan antibiotik yang membantu jerawat kering dengan cepat. Daun nimba bahkan efektif meredakan gejala gatal ekstrim, rasa sakit dan peradangan.

6. Tomat

Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari asam salisilat, yang efektif untuk mengobati semua jenis jerawat. Asam salisilat membantu mengeringkan jerawat. Tomat juga membantu mengurangi produksi sebum, salah satu penyebab jerawat di kulit kepala, dan membantu menjaga pH sehat pada kulit kepala Anda.

7. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri serta sifat antioksidan yang secara kolektif membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kulit kepala berjerawat. Hal ini juga efektif dalam mengurangi kemerahan dan rasa sakit.

8. Bawang putih

Bahan lain yang populer membantu menyembuhkan kulit kepala berjerawat adalah bawang putih. Ia memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang membantu jerawat pada kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi bakteri terobati.

9. Daun sirih

Daun sirih sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis masalah kulit, termasuk jerawat pada kulit serta kulit kepala. Daunnya mengandung sifat antimikroba dan antiseptik yang membantu mengobati dan mencegah jerawat.

10. Menjaga kebersihan kulit kepala

Untuk mengobati dan mencegah masalah kulit kepala seperti jerawat, Anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk rambut dan kulit kepala. Pertama dan terpenting, Anda harus secara teratur mencuci rambut Anda untuk mencegah penumpukan residu berminyak pada kulit kepala Anda.


Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat di kepala. Anda dapat menggunakan sampo obat yang mengandung salicylic acid untuk memerangi jerawat dan mencegah jerawat muncul kembali. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *