10 Cara Aneh Tapi Ampuh Mengatasi Masalah Kesehatan

by

Tentunya, Anda sepakat bahwa bahan-bahan alami lebih sedikit memiliki risiko bila digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Tak hanya itu, bahan alami yang sering Anda temukan sehari-hari di sekitar Anda tersebut juga hemat biaya, mudah didapat, mudah dibuat, dan tidak seperti obat kimia yang memiliki efek samping.

10 Cara Aneh Tapi Ampuh Mengatasi Masalah Kesehatan
Singkatnya, pengobatan dengan menggunakan obat-obat alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah adalah satu hal yang patut dicoba. Tak hanya tanaman berkhasiat saja, lho. Beberapa bahan tak lazim berikut ini rupanya memiliki khasiat tak terduga yang bisa digunakan untuk pengobatan.

1. Minum air terbalik untuk mengatasi cegukan

Kedengarannya aneh, kan? Nah, hal tersebut rupanya efektif untuk mengatasi cegukan. Anda cegukan ketika saraf dalam tubuh Anda, yang disebut saraf vagus, yang berjalan dari otak Anda ke perut Anda, menderita iritasi.

Hasil iritasi adalah kasus yang dinamakan cegukan. Cara yang efektif untuk meredakan cegukan adalah dnegan minum air terbalik.

2. Alkohol untuk mengatasi bau kaki

Anda berkeringat di kantor sepanjang hari atau sering bergerak yang mengakibatkan keringat berlebih? Biasanya, bagian yang paling sering bau adalah kaki, karena tertutup kaus kaki dan terbungkus sepatu. Tentu saja, hal terbaik untuk dilakukan adalah mencuci kaki Anda dengan sabun dan air dan keringkan seluruhnya.

Namun, Anda mungkin sering tidak punya waktu untuk mencuci kaki. Cara menyiasatinya, Anda dapat mengolesi kain dengan alkohol lalu lap kaki Anda dengan kain tersebut, niscaya bau kaki akan hilang seketika.

3. Listerine untuk mengatasi kuku yang berjamur

Jika Anda memiliki jamur kuku, gunakan sebotol Listerine untuk mengatasi jamur tersebut. Untuk jamur kuku, oleskan beberapa tetes Listerine obat kumur pada bola kapas dan oleskan pada kuku kaki yang terkena.

4. Lemon untuk mengatasi luka terbuka 

Luka lecet menyakitkan yang terbentuk di sekitar mulut dan bibir dapat diredakan dengan menggunakan buah lemon. Lemon memiliki zat antiseptik, antivirus dan antibakteri yang luar biasa.  Simak juga: Manfaat Kesehatan Minum Air Lemon Hangat Secara Rutin

5. Akar manis untuk kapalan 

Kapalan atau kalus bisa sangat menyakitkan dan menjengkelkan. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan akar manis. Akar manis adalah agen antivirus dan anti-inflamasi. Akar manis telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit selama bertahun-tahun.

6. Pasta gigi untuk luka bakar kecil

Banyak dari Anda mungkin tak sengaja terkena percikan api atau tangan Anda tak sengaja terkena air panas mendidih atau saat memasak sesuatu dan tidak sengaja menyentuh panci panas.

Yang harus Anda lakukan adalah letakkan tangan Anda dengan air dingin. Kemudian setelah kering, oleskan beberapa pasta gigi putih pada daerah yang terkena. Catatan: Obat ini hanya berlaku untuk luka bakar ringan dan bukan untuk luka bakar serius.

7. Bedak bayi untuk rambut berminyak

Serbuk pada bedak bayi membantu menyerap kelebihan minyak dari rambut Anda. Ambil 1 sendok teh bubuk bayi di telapak tangan Anda. Taburkan pada bagian atas kepala Anda. 
Sebarkan bubuk melalui rambut Anda, terutama pada daerah kepala atas yang cenderung menjadi lebih berminyak. Lalu sisir rambut Anda.

8. Oatmeal untuk mengobati eksim

Oatmeal memiliki zat anti-inflamasi, antioksidan yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Tak hanya itu, oatmeal juga mengandung asam amino yang membantu menenangkan eksim, dan juga memperbaiki kerusakan. Dan juga membantu pengelupasan kulit yang terkelupas.

9. Jahe untuk mabuk perjalanan

Duduk di dalam kendaraan, merasa sakit dan mual, adalah salah satu perasaan terburuk di dunia yang membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Yang harus Anda lakukan adalah mengiris akar jahe segar. 
Baca juga: Manfaat Luar Biasa Jahe untuk Kecantikan

Letakkan irisan dalam sebuah wadah dan bawa di sepanjang perjalanan Anda. Hisap segera jahe tersebut setelah Anda mulai merasa mual atau sakit saat di perjalanan. Jahe membantu menenangkan perut, sehingga mengurangi rasa mual.

10. Minyak kelapa sebagai deodorant

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa di daerah ketiak Anda dan dengan lembut gosokkan ke kulit sampai diserap. Asam laurat dalam minyak kelapa membantu membunuh bakteri penyebab bau, sehingga mencegah bau badan. Plus, membantu melembabkan kulit Anda.

Nah, itu tadi beberapa resep ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sehari-hari. Meski sebenarnya sangat sederhana, faktanya tak banyak orang yang mengetahuinya. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *