10 Cara Mengobati Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

by

Kuku yang tumbuh ke dalam atau cantengan adalah masalah kesehatan kaki yang bisa dialami siapa saja. Gangguan kesehatan dengan nama ilmiah onychocryptosis ini terjadi ketika sudut atau sisi tepi kuku tumbuh ke dalam daging yang lembut dari kulit di dekatnya. Hal itu menyebabkan banyak ketidaknyamanan bahkan rasa nyeri.

Penyebab cantengan atau kuku kaki tumbuh ke dalam biasanya dikarenakan kebiasaan mengenakan sepatu yang kekecilan, pemotongan kuku yang tidak tepat, cedera kuku, dan tekstur kuku yang melengkung. Orang yang menderita diabetes atau masalah kesehatan lain yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk ke kaki berada pada risiko yang lebih tinggi terkena masalah kuku yang menyakitkan ini.

10 Cara Mengobati Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam
Beberapa gejala cantengan yaitu rasa sakit terus-menerus, kemerahan dan pembengkakan di kuku. Jika tidak diobati, onychocryptosis dapat segera menyebabkan infeksi. Tanda-tanda infeksi termasuk kemerahan dan pembengkakan di sekitar kuku, drainase nanah dan cairan yang encer bercampur dengan darah.

Nah, untuk mengatasi masalah cantengan, Anda bisa memanfaatkan sejumlah obat rumahan untuk merawat kuku yang tumbuh ke dalam di rumah. Berikut 10 cara alami untuk mengobati kuku yang tumbuh ke dalam alias cantengan.

10 Cara Alami Mengobati Cantengan

1. Rendam air hangat

Bila menderita kuku tumbuh ke dalam, basahi kuku kaki tersebut dengan air hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh masalah ini. Air hangat juga berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.
Setelah merendam dengan air hangat, Anda dapat menempatkan kapas di bawah kuku yang mengalami cantengan untuk membantu kuku tumbuh di atas kulit. Cara ini juga akan mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Gunakan garam epsom

Epsom salt, atau secara ilmiah dikenal sebagai magnesium sulfat, efektif untuk mengobati kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Garam ini membantu melembutkan kulit di sekitar daerah yang terkena, yang membuatnya mudah untuk menarik keluar kuku yang tumbuh ke dalam. Cara ini juga membantu menurunkan peradangan.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bermanfaat untuk mengobati kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Mengandung antiseptik dan anti-inflamasi, kedua sifat ini dapat membantu meringankan gejala. Plus, sifat asam yang ringan pada cuka sari apel dapat mencegah infeksi.
Simak juga: 10 Khasiat Kesehatan Cuka Sari Apel

5. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah disinfektan yang efektif yang membantu mengurangi risiko infeksi dan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh kuku tumbuh ke dalam alias cantengan.

6. Kunyit

Anda juga dapat menggunakan kunyit untuk menyingkirkan ketidaknyamanan kuku tumbuh ke dalam, seperti nyeri, pembengkakan dan peradangan. Kurkumin, senyawa dalam kunyit memiliki zat antiseptik, anti-inflamasi dan kemampuan penghilang rasa sakit

7. Tea Tree Oil

Sifat antiseptik te tree oil dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi risiko infeksi akibat kuku tumbuh ke dalam. Tak hanya minyak tea tree oil, lavender atau minyak esensial oregano juga dapat digunakan.

8. Daun nimba

Daun nimba memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan memiliki zat penekan rasa nyeri yang dapat mengurangi rasa sakit, peradangan dan pembengkakan akibat kuku tumbuh ke dalam.

9. Potong kuku dengan benar

Untuk mencegah berulang kuku tumbuh ke dalam, penting untuk memotong kuku Anda dengan benar. Selalu potong kuku Anda lurus dan hindari memotong kuku dengan bentuk melengkung yang dapat membuat pada akhirnya nanti kuku tumbuh ke dalam.

10. Sepatu berujung terbuka

Ketika menderita kuku tumbuh ke dalam, memakai sepatu atau sandal berujung terbuka sangat baik untuk memberikan kuku yang tumbuh ke dalam itu ruang tambahan dan memungkinkan untuk bernapas agar sembuh dengan cepat.

Nah, itu tadi beberapa cara pengobatan sekaligus pencegahan kuku tumbuh ke dalam alias cantengan. Meski gangguan kesehatan ini cukup sepele, namun rasa sakit tak tertahankan yang ditimbulkan dapat mengganggu aktivitas Anda. Jadi, pastikan Anda memotong kuku dengan benar serta tidak mengenakan sepatu yang terlalu ketat. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengobati kuku nunjem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *