10 Gejala Fibromyalgia, Gangguan Nyeri Otot dan Tulang

by

Fibromyalgia adalah gangguan otot, sendi dan jaringan berserat. Orang sering menggambarkannya sebagai keadaan merasa terus-menerus merasakan sakit pada bagian ekstremitas atau anggota gerak.

Menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, fibromyalgia mempengaruhi sekitar 2 sampai 8 persen dari populasi global dan dapat terjadi pada semua usia.

10 Gejala Fibromyalgia, Gangguan Nyeri Otot dan Tulang
Gangguan nyeri otot ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Karena gejalanya menyerupai gejala umum penyakit sehari-hari yang bisa menunjukkan apa saja, orang cenderung untuk tidak melihatnya sebagai tanda sesuatu yang serius.

Penderita fibromyalgia akan mengalami gejalanya secara bersamaan. Umumnya, gejala gangguan kompleks ini cenderung bervariasi pada satu penderita satu dengan lainnya. Berikut 10 tanda dan gejala nyeri otot dan tulang fibromyalgia.

1. Nyeri yang meluas

Ini adalah salah satu gejala utama dari fibromyalgia. Penderita fibromyalgia menderita sakit di tubuh terus-menerus yang tersebar di sekitar 18 bagian tertentu dari tubuh. Bagian tubuh ini mungkin sakit bila disentuh atau ditekan.
Kelelahan yang berkelanjutan merupakan gejala utama lain dari fibromyalgia. Kelelahan adalah salah satu keluhan yang paling umum di antara pasien fibromyalgia, tetapi telah menerima perhatian kurang dari nyeri tubuh kronis, menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Arthritis Research and Therapy.

Kelelahan tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi dalam kombinasi dengan gejala fibromyalgia lainnya. Tidak seperti kelelahan biasa, yang dapat digambarkan sebagai kondisi kelelahan, kelelahan yang berhubungan dengan fibromyalgia disertai dengan perasaan depresi.

3. Gangguan tidur

Orang dengan fibromyalgia sulit tidur, dan ketika mereka melakukannya, mereka mengalami kesulitan mempertahankan tidur yang sehat dan terbangun dengan perasaan tak segar dan rendah energi.

4. Sakit kepala

Sakit kepala adalah gejala umum, terjadi pada sekitar setengah dari pasien fibromyalgia, menurut sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Clinical Rheumatology.

Dari 100 pasien fibromyalgia, 76 persen melaporkan sakit kepala sebagai gejala yang sering terjadi, dengan 84 persen melaporkan sakit kepala terjadi secara intens dan 63 persen mengalami migrain. 

Penderita fibromyalgia berada pada risiko lebih tinggi secara signifikan menjadi tertekan, dan orang-orang depresi berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan fibromyalgia, menurut sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam The Journal of Pain.

6. Terlalu sensitif

Orang yang menderita fibromyalgia sering sensitif terhadap suhu dingin, kebisingan, cahaya terang, dan gerakan. Bahkan, gangguan kompleks ini terkait dengan beberapa sensitivitas kimia (yaitu hipersensitif terhadap bahan kimia tertentu dan bau).

7. Kekakuan di pagi hari

Jika Anda telah mengalami sekelompok gejala yang dijelaskan di atas, dan terbangun dengan perasaan kaku pada sendi dan otot, tidak bisa bergerak sendiri dari tempat tidur, Anda mungkin menderita fibromyalgia.

8. Masalah memori dan konsentrasi

Penderita fibromyalgia mengalami penumpukan berkabut yang terbentuk di sekitar otak, yang membuat mereka gampang lupa dan susah berkonsentrasi.

9. Iritasi usus

Sindrom iritasi usus (IBS) adalah gangguan pencernaan yang menyerupai diare, sembelit dan sakit perut. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. IBS adalah suatu kondisi umumnya terkait dengan fibromyalgia, dengan risiko IBS yang secara signifikan lebih tinggi pada pasien fibromyalgia, menurut sebuah studi 2015 yang diterbitkan di Medicine.

10. Restless Leg Syndrome (RLS)

Restless Leg Syndrome (RLS) adalah gangguan yang tidak biasa dan menjengkelkan yang menyebabkan perasaan tidak nyaman dan adanya sensasi di kaki, mendorong keinginan untuk terus gelisah. RLS lebih sering terjadi pada wanita dengan fibromyalgia, menurut sebuah studi 2009 yang diterbitkan di Eropa Neurology.

Nah, itu tadi beberapa gejala gangguan nyeri otot fibromyalgia. Bila Anda sering mengalami beberapa gangguan di atas, maka segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter untuk solusi terbaik. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *