10 Makanan Ini Berkhasiat Sebagai Anti Alergi

by

Alergi adalah reaksi merugikan yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat pengganggu yang masuk ke dalam tubuh. Setiap zat yang memicu reaksi alergi disebut alergen. Beberapa zat pemicu alergi atau alergen yaitu serbuk sari, tungau debu, spora jamur, bulu hewan peliharaan, lateks, makanan tertentu, sengatan serangga serta obat-obatan.

10 Makanan Ini Berkhasiat Sebagai Anti Alergi
Reaksi alergi dapat mempengaruhi hidung, paru-paru, tenggorokan, sinus, telinga, lapisan lambung atau kulit. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti pilek, bersin, gatal, mata berair, mata merah, mengi, gatal-gatal, kulit bersisik, ruam kulit, sesak napas, pembengkakan atau asma. Gejala-gejala ini dapat berkisar dari ringan sampai parah dan sebagian besar tergantung pada alergen.
Simak juga: 10 Tanda Alergi Gluten yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa cara untuk mengobati alergi dan juga untuk mencegah gejala menjengkelkan dan merepotkan. Jika Anda rentan terhadap alergi, Anda dapat menyertakan beberapa makanan super anti-alergi dalam diet Anda untuk mencegah serta mengatasi masalah. Berikut adalah 10 makanan anti-alergi yang dapat Anda konsumsi.

1. Apel

Satu buah apel sehari dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan bisa menjaga alergi. Apel memang kaya quercetin, suatu flavonoid yang dikenal secara efektif melindungi terhadap reaksi alergi. Quercetin menstabilkan membran sel dari sel mast dan basofil, yang pada gilirannya mencegah pelepasan kelebihan histamin dalam tubuh Anda.

2. Kunyit

Kunyit merupakan senjata ampuh untuk mencegah alergi. Kunyit berisi kurkumin bahan aktif, antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang membantu melawan alergi. Plus, ia bekerja sebagai dekongestan yang dapat meringankan banyak gejala reaksi alergi.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan anti-alergi yang harus Anda masukkan dalam diet Anda. Kemampuannya untuk menghambat aktivitas enzim tertentu yang menghasilkan senyawa inflamasi dalam tubuh dapat membantu mencegah reaksi alergi.

4. Lemon

Lemon adalah buah yang meningkatkan kekebalan tubuh, yang sangat baik yang dapat mencegah alergi. Lemon sarat dengan vitamin C dan antioksidan. Buah ini juga bekerja sebagai antitoksin dan membantu menjaga basa tubuh Anda.

Minum air lemon sepanjang hari untuk detoksifikasi tubuh Anda dan menyingkirkan racun dan kotoran. Pilihan lain adalah dengan mencampur jus lemon dengan minyak zaitun untuk membuat saus sehat untuk salad dan sandwich.

5. Salmon

Salmon adalah ikan air dingin tinggi asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Asam lemak adalah zat yang mengurangi peradangan, yang sangat baik dan membantu menenangkan alergi Anda. Juga, salmon dapat meningkatkan fungsi paru-paru, sehingga mengurangi intensitas gejala alergi seperti asma dan gejala flu.

6. Teh hijau

Dalam sebuah penelitian tahun 2002, para peneliti di Universitas Kyushu di Fukuok menyimpulkan bahwa senyawa yang dikenal sebagai metilasi epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat memblokir reseptor sel kunci yang terlibat dalam menghasilkan respon alergi.

Itu sebabnya, penderita alergi harus menambahkan teh hijau untuk diet mereka untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah reaksi alergi. Teh hijau juga memiliki zat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-histamin.

7. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki bentuk paling terkonsentrasi beta-karoten, bersama dengan kalium, mangan, dan vitamin B6 yang membantu menyembuhkan peradangan dalam tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi produksi histamin. Tanaman ini juga memiliki protein akar unik yang mengandung sifat antioksidan.

8. Jahe

Jahe sarat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Jahe bahkan dapat menghambat kontraksi saluran napas dan merangsang sekresi lendir, yang membantu mencegah dan meringankan gejala asma.
Konsumsi secara teratur sawi hijau juga dapat membantu mencegah reaksi alergi selama musim alergi. Sayuran hijau ini mengandung phytochemical yang disebut karotenoid, yang dikenal untuk mengurangi reaksi alergi.

10. Biji rami

Biji rami, yang mengandung selenium dan asam lemak omega-3, dapat membantu mencegah reaksi alergi. Asam lemak membantu mencegah dan meringankan alergi dengan mengurangi bahan kimia inflamasi dalam tubuh. Plus, ia memiliki selenium yang membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan benar dan meningkatkan aksi antioksidan.

Itu tadi daftar makanan yang bermanfaat sebagai anti-alergi. Jika Anda memiliki alergi tertentu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi salah satu atau beberapa makanan sehat tersebut. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *