10 Makanan Ini Mampu Mengatasi Penyakit Gondok

by

Hipotiroidisme, juga dikenal sebagai penyakit gondok atau tiroid kurang aktif atau tiroid yang rendah, mengacu pada suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak mampu membuat cukup hormon untuk menjaga tubuh berjalan normal.

Kelenjar tiroid ini terletak di bawah jakun yang berbentuk kupu-kupu. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ini (TSH, T3 dan T4) mengatur suasana hati, metabolisme, tingkat energi, suhu tubuh, denyut jantung dan tekanan darah.

10 Makanan Ini Mampu Mengatasi Penyakit Gondok
Beberapa gejala tiroid kurang aktif termasuk kelelahan konstan, berat badan naik tiba-tiba dan ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kepekaan terhadap dingin, sembelit, kulit sangat kering, wajah bengkak, suara serak, kadar kolesterol darah tinggi, nyeri otot, nyeri sendi, rambut menipis dan gangguan ingatan.

Untuk mengobati tiroid kurang aktif, obat-obatan sangat diperlukan. Pengobatan hipotiroidisme dengan hormon tiroid sintetis adalah pilihan yang sederhana, aman dan efektif.

Namun, makanan tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tiroid dan meningkatkan efektivitas metabolisme. Berikut adalah 10 makanan untuk mengobati hipotoroidisme.

1. Kacang Brasil

Selenium merupakan mineral penting untuk fungsi tiroid yang tepat. Melindungi tiroid dari inflamasi oleh produk dari produksi hormon. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mencatat bahwa selenium yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit tiroid. Selain itu, peningkatan asupan selenium dapat mengurangi risiko ini.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang sehat yang membantu orang yang menderita hipotiroidisme. Asam lemak ini merangsang produksi hormon tiroid serta menjaga fungsi kelenjar normal. Selanjutnya, minyak kelapa meningkatkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol, dua masalah umum yang terkait dengan tiroid kurang aktif.

3. Yogurt

Yogurt juga baik untuk kesehatan tiroid Anda, karena kandungan vitamin D yang tinggi. Bahkan, kekurangan vitamin D terkait dengan penyakit Hashimoto, salah satu penyebab paling umum dari hipotiroidisme.

4. Salmon

Salmon adalah salah satu ikan terbaik yang dapat Anda makan untuk kesehatan tiroid dan metabolisme. Salmon juga menawarkan sifat anti-inflamasi yang signifikan, karena kaya aka asam lemak omega-3.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan bahwa asam lemak sinyal sel tiroid dalam hati untuk membakar lebih banyak lemak.

5. Rumput laut

Untuk membantu fungsi kelenjar tiroid Anda dengan benar, konsumsi yodium sangat diperlukan. Yodium melekat pada asam amino tirosin untuk membentuk tiroksin, yang penting untuk tiroid Anda berfungsi dengan baik.

6. Beras merah

Orang yang memiliki hipotiroidisme sering menginginkan karbohidrat lebih dari jenis makanan lain. Hal ini terjadi karena penurunan serotonin neurotransmitter. Karbohidrat cenderung meningkatkan kadar serotonin.

Selain itu, karbohidrat memiliki efek langsung pada fungsi tiroid sebagai insulin yang dibutuhkan untuk konversi hormon T4 yang tidak aktif ke dalam T3 hormon aktif. Insulin ditemukan cukup rendah di kalangan orang mengikuti diet sangat rendah karbohidrat.

7. Kacang merah

Makan kacang-kacangan, terutama kacang merah, dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid Anda. Kacang merah mengandung baik jumlah yodium mineral bersama dengan nutrisi penting lainnya, seperti protein, tembaga, kalium, kalsium dan folat yang membantu menjaga kesehatan tiroid dan meningkatkan produksi hormon.

8. Telur

Telur adalah sumber yang baik dari tiga nutrisi yang paling penting untuk kelenjar tiroid butuhkan untuk berfungsi dengan baik, tirosin, yodium dan selenium. Kekurangan salah satu nutrisi ini dapat menyebabkan masalah tiroid.

9. Tiram

Tiram adalah salah satu yang terbaik sumber makanan zinc, mineral yang diperlukan untuk fungsi tiroid sehat. Zinc membantu konversi T4 ke T3 pada orang dengan tingkat T3 rendah dan mengarah ke normalisasi kadar TSH.

10. Ayam

Ayam baik untuk orang yang menderita hipotiroidisme. Sumber protein hewani ini mengandung baik jumlah asam amino, terutama tirosin. Selain itu, vitamin A dalam hati ayam memainkan peran kunci dalam perawatan tiroid.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bermanfaat untuk mengobati penyakit gondok. Namun jika pertumbuhan gondok tidak segera berhenti, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk langkah penyembuhan. 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • makanan yang merangsang pertumbuhan gondok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *