10 Makanan Ini Tak Baik Dijadikan Menu Sarapan

by

Sarapan adalah makan yang paling penting guna menunjang aktivitas di pagi hari. Tak peduli berapa pun usia Anda, sebaiknya Anda membiasakan untuk rutin makan pagi. Sarapan yang sehat memiliki banyak manfaat, diantaranya mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja, metabolisme yang baik, konsentrasi yang lebih baik serta kondisi kesehatan secara keseluruhan.

10 Makanan Ini Tak Baik Dijadikan Menu Sarapan
Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health melaporkan bahwa orang yang gemar melewatkan sarapan mengalami pertumbuhan sel terlalu cepat dan juga mengalami peningkatan berat badan. Makan pagi adalah salah satu bentuk kebiasaan baik yang harus dijaga.

Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan menu sarapan Anda. Jangan asal makan karena tidak semua jenis makanan dianjurkan dikonsumsi saat sarapan. Berikut 10 makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan.

1. Sereal manis

Selama ini, sereal dianggap sebagai menu sarapan yang ideal. Padahal sereal terasa enak karena dalam komposisinya mengandung banyak gula dan pemanis buatan di dalamnya. Ketika Anda makan sereal, tubuh mengubah kalori gula tambahan menjadi lemak, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

2. Jus buah kemasan

Jus buah kemasan adalah menu yang seharusnya tak dijadikan menu sarapan. Masalahnya terletak pada jus buah yang diproses, yang mengandung tambahan gula dan pengawet. Jus buah dalam kemasan juga rendah nilai gizi, kurang serat sehat, kurang enzim, kurang mineral, antioksidan dan vitamin.
Pastikan Anda tidak makan sesuatu yang kaya lemak jenuh seperti daging di pagi hari. Memulai hari Anda dengan makan daging dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker karena lemak jenuh, sodium, nitrat dan nitrit.

Menurut American Heart Association, makan makanan tinggi lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Sereal batangan

Sereal batangan sering dianggap lezat dan sehat sebagai pilihan sarapan, namun pada kenyataannya beberapa dari mereka adalah mempunyai kandungan gizi yang buruk. Kebanyakan sereal batangan mengandung tinggi kalori, gula, lemak jenuh yang tidak sehat dan garam. Sarat dengan tambahan gula, sereal batangan juga dicerna dengan cepat dan tidak memuaskan rasa lapar untuk waktu yang lama.

5. Donat

Banyak orang mengonsumsi donat sebagai menu sarapan. Padahal, donat adalah salah satu makanan sarapan terburuk yang sebaiknya Anda hindari. Kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan tingkat gula darah dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan, orang-orang dengan diabetes harus menghindari makanan bergula ini sejauh mungkin.

6. Mie instan

Bila Anda memiliki jadwal sibuk pagi dan perlu sesuatu yang mudah untuk memasak makanan untuk sarapan, mie instan sering menjadi jawabannya. Tapi mie instan sama sekali tidak baik untuk kesehatan Anda. 
Dua pengawet utama, butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-Butylhydroquinone (TBHQ), yang digunakan dalam mie instan dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda.

Lilin yang digunakan dalam mie instan juga tidak dicerna dengan mudah dan memakan waktu setidaknya 3 hari untuk menyiramnya keluar dari sistem pencernaan tubuh Anda. Mie ini juga mengandung kalori tinggi dan terlalu banyak sodium.

7. Roti putih

Roti putih adalah salah satu makanan jangan Anda jadikan sebagai menu sarapan. Roti putih memiliki indeks glikemik tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian olahan yang cepat diserap selama pencernaan. 
Hal ini menyebabkan lonjakan tajam dalam gula darah dan kadar insulin. Makanan dengan indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko untuk kenaikan berat badan, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

8. Pancake

Pancake dibuat dengan tepung putih, gula, sodium dan mentega, sehingga membuat makanan ini kurang sehat apalagi jika dikonsumsi di pagi hari. Disarankan untuk tidak memulai hari Anda dengan makanan manis dan makanan yang kaya kalori ini.

9. Yoghurt aneka rasa

Yoghurt aneka rasa adalah menu lain dari sarapan yang populer namun tidak sehat karena kehadiran warna buatan dan rasa. Plus, mengandung banyak tambahan gula dan sirup. Yoghurt rasa rendah nilai gizi dibandingkan dengan yoghurt hambar. Yakni rendah kalium, protein, kalsium dan vitamin D.

10. Kopi

Bagi banyak orang, menyeruput secangkir kopi adalah cara yang lezat untuk meningkatkan suasana hati mereka dan fungsi otak di pagi hari. Padahal sebenarnya kopi adalah menu sarapan yang harus Anda hindari.

Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior melaporkan bahwa ketika kopi dan sarapan sereal dimakan bersama saat sarapan, kafein meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, sedangkan sarapan sereal hanya memiliki efek pada peningkatan denyut nadi.

Nah, itu tadi beberapa menu sarapan yang sebaiknya Anda hindari. Jangan pernah sepelekan masalah sarapan. Karena bagaimana pun juga, kondisi kesehatan Anda juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *