10 Makanan Rendah Gluten yang Baik Bagi Ibu Hamil

by

Gluten adalah gabungan protein yang memberikan tekstur pada makanan seperti roti, yang merupakan bagian dari biji-bijian sereal. Asupan gluten selama kehamilan dapat menyebabkan penyakit celiac jika Anda tidak toleran terhadap gluten, kondisi di mana tubuh menjadi sulit untuk mencerna makanan.

Wanita yang sedang hamil sebaiknya menahan diri untuk tidak makan makanan yang mengandung gluten. Pasalnya, jika tidak toleran terhadap gluten, ia akan mengalami alergi tertentu. Oleh karena itu, selalu disarankan oleh para ahli untuk mengikuti diet kehamilan bebas gluten.

10 Makanan Rendah Gluten yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
Beberapa gejala umum dari intoleransi gluten termasuk kelelahan, penurunan berat badan, nyeri tulang dan nyeri sendi, kesemutan di kaki, sakit kepala, depresi, kembung, adanya timbunan gas di perut, diare dan muntah-muntah.

Baca juga: 10 Tanda Alergi Gluten yang Patut Diwaspadai

Mengikuti pola makan bebas gluten yang tidak direncanakan dapat menyebabkan kelelahan, sembelit dan kekurangan zat besi. Namun, diet bebas gluten yang terencana dapat membantu wanita hamil untuk menjaga keseimbangan gizi mereka. Oleh karena itu, berikut adalah makanan bebas gluten yang baik itu ibu hamil, yang tentunya bisa Anda coba.

1. Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras, jagung, kedelai, gandum dan quinoa menyediakan jumlah yang cukup magnesium dan protein yang membantu untuk memiliki energi yang diperlukan dan otot yang sehat. Makanan-makanan ini juga bebas gluten.

2. Kacang-kacangan

Kacang, biji chia, almond dan kenari dapat dimasukkan dalam diet bebas gluten. Kacang-kacangan ini kaya asam selenium, protein dan omega-3 asam lemak yang diperlukan untuk perkembangan janin.

3. Ayam dan daging 

Seperti daging sapi, kambing, ayam dan ikan adalah jenis makanan yang tidak mengandung gluten dan mengandung mineral dan protein yang cukup sehingga baik untuk ibu hamil. Mineral seperti zinc dan zat besi, serta protein dari makanan hewani mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang belum lahir.

4. Buah dan sayuran 

Buah-buahan dan sayuran juga bisa ditambahkan untuk diet bebas gluten selama kehamilan. Sayuran berdaun hijau memberikan zat besi yang cukup dan dengan demikian mengurangi risiko anemia. Buah dan sayuran juga menyediakan nutrisi penting dan menghindari risiko kekurangan gizi pada ibu hamil.

5. Mengonsumsi susu

Susu kaya akan kalsium dan protein. Minum susu yang mengandung konten gluten rendah dapat dimasukkan sebagai diet Anda. Makan tiga gelas susu secara teratur setiap harinya membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi yang belum lahir.

6. Yoghurt

Sama seperti susu, yoghurt juga merupakan produk susu yang memiliki kandungan rendah gluten, dapat pula menjadi salah satu makanan rendah gluten yang dikonsumsi saat kehamilan.

7. Snack rendah gluten

Makanan ringan bebas gluten seperti segenggam kacang dengan yoghurt, kue beras dengan tuna dan selai kacang, kue rumput laut, dan lain sebagainya dapat menjadi menu yang pasti rendah kadar gluten.

8. Madu

Madu merupakan bahan alami dari lebah yang dapat digunakan untuk dikonsumsi ibu hami, karena bahan yang satu ini pun rendah gluten.

9. Aloe vera

Aloe vera dapat Anda nikmati dalam bentuk minuman, seperti nata de coco. Selain menyegarkan, bahan makanan ini rendah gluten, serta kaya mineral dan vitamin yang baik untuk ibu hamil.

10. Gandum

Gandum selain baik untuk diet mengurangi berat badan, ternyata baik pula untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain bebas gluten, gandum memberikan nutrisi untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin.

Nah, itu tadi daftar makanan yang terbukti rendah kandungan gluten sehingga aman dikonsumsi ibu hamil, terutama yang alergi terhadap gluten. 
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • gluten apakah berbahaya bagi ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *