10 Makanan untuk Meningkatkan Jumlah ASI

by

Menyusui adalah salah satu hadiah terbaik yang diberikan seorang ibu kepada bayinya yang baru lahir. ASI sangat bergizi untuk bayi, dengan keseimbangan optimal lemak, gula, air dan protein. Semua nutrisi ini penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi.

Menyusui juga mengurangi risiko bayi terkena asma atau alergi, penyakit pernapasan dan infeksi telinga. Bahkan membantu mengembangkan ikatan fisik dan emosional antara ibu dan bayi.

10 Makanan untuk Meningkatkan Jumlah ASI
Tak hanya itu menyusui juga memiliki manfaat bagi ibu. Diantaranya yaitu rahim susut lebih baik, penurunan berat badan dan kurangnya risiko depresi postpartum. Menyusui ternyata juga mengurangi risiko kanker payudara, penyakit jantung dan rheumatoid arthritis.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengampanyekan pemberian ASI sampai bayi mencapai usia 6 bulan karena semua manfaat tersebut. Berikut ini adalah 10 makanan yang membantu meningkatkan pasokan ASI.

1. Oatmeal

Oatmeal juga dapat membantu ibu menyusui karena meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI. Oatmeal merangsang produksi oksitosin, hormon yang membantu dalam proses melahirkan, dan juga membantu ikatan dengan produksi susu dan bayi. Oatmeal juga membantu mencegah anemia kekurangan zat besi, yang umum di ibu baru.

2. Almond

Almond dan kacang-kacangan lainnya, seperti kenari dan kacang mete, super sehat bila diberikan untuk ibu menyusui. Almond yang dikemas dengan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan untuk ibu serta bayinya yang baru lahir.

Almond juga merupakan sumber non-susu kalsium yang baik. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dalam almond meningkatkan ASI.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dianggap sehat untuk ibu hamil dan menyusui. Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3 yang membantu produksi hormon yang bertanggung jawab untuk produksi ASI.

Bahkan, asam lemak esensial ini membantu dalam memproduksi ASI berlemak dan lebih bergizi. Minyak kelapa memiliki sifat meningkatkan kekebalan dan dapat memberikan ibu baru energi yang sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk mengurus bayi.

4. Jeruk

Vitamin C dosis tinggi dari jeruk penting untuk pasokan ASI. Sebuah studi tahun 2002 mencatat bahwa kandungan vitamin C ASI secara signifikan berkorelasi dengan asupan ibu vitamin C. Penelitian ini menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C.

Jeruk juga dikemas dengan nutrisi lainnya, seperti vitamin A dan B, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Ini sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan pulih dari kenaikan berat badan akibat kehamilan.

5. Fenugreek

Fenugreek, baik biji maupun daunnya, bekerja sebagai galactagogue yang sangat baik untuk merangsang sekresi ASI. Kolin, menjamin pengembangan yang tepat dari bayi yang baru lahir.

Dan juga ramuan ini mengandung sejumlah senyawa besi, serat, kalsium, dan berbagai vitamin dan mineral. Fenugreek bahkan membantu meringankan masalah pasca melahirkan yang umum, seperti perut kembung dan nyeri tubuh.

6. Telur

Makanan lezat dan serbaguna ini sangat bagus untuk ibu menyusui. Telur kaya akan protein, lutein, vitamin B12 dan D, riboflavin, folat dan kolin. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry mencatat bahwa peningkatan asupan kolin selama kehamilan dan menyusui dapat melindungi bayi dari penyakit di masa depan dengan mempromosikan perkembangan otak normal.

7. Salmon

Ikan, terutama salmon, harus dimasukkan dalam diet hamil serta ibu menyusui. Salmon merupakan sumber protein yang sangat baik dan DHA, sejenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Salmon juga mengandung vitamin D. Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, konsumsi salmon selama hasil kehamilan secara signifikan meningkatkan kualitas ASI selama menyusui dini.

8. Wortel

Selama kehamilan dan melalui masa menyusui, perempuan harus memiliki asupan vitamin A. Vitamin A membantu dalam perkembangan yang sehat dari janin dan bayi baru lahir, dengan perkembangan paru-paru dan pematangan yang sangat penting.

9. Bayam

Bayam serta sayuran berdaun hijau lainnya, seperti kale, lobak Swiss, sawi dan brokoli, adalah suatu keharusan untuk ibu menyusui. Vitamin A dalam bayam memastikan perkembangan yang sehat dari bayi Anda, sementara antioksidan akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi Anda.

10. Beras merah

Beras merah jauh lebih baik daripada beras putih karena serat yang tinggi dan kandungan gizi. Beras merah kaya akan karbohidrat kompleks. Beras merah membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menjaga tingkat gula darah yang konsisten.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang berguna untuk meningkatkan jumlah ASI. Pastikan buah hati Anda mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI dengan meningkatkan kuantitas maupun kualitasnya. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *