10 Manfaat Ampuh Jus Kubis untuk Kesehatan

by

Kubis, lebih dikenal sebagai salah satu sayuran ramah diet. Kubis tidak hanya membantu untuk membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang tak Anda duga. Di berbagai belahan dunia, jus kubis telah menjadi salah satu minuman yang paling populer di masa sekarang ini karena kandungan zat gizinya yang kaya.

10 Manfaat Ampuh Jus Kubis untuk Kesehatan
Kubis dikemas dengan semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat serta mencerahkan kulit. Kubis pun kaya antioksidan dan fitokimia, sehingga kubis dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Zat-zat tersebut nantinya membantu untuk memerangi radikal bebas berbahaya, sehingga mencegah penuaan dan kulit kering.

Kubis juga mengandung asam laktat yang bertindak sebagai disinfektan alami untuk usus besar. Zat ini juga merupakan agen anti-inflamasi yang membantu untuk menyingkirkan artritis dan penyakit degeneratif lainnya, membantu dalam pencernaan, membersihkan tubuh, hingga menyembuhkan bisul. Nah, berikut ini manfaat ajaib jus kubis yang mungkin Anda baru dengar.

1. Mengatasi bisul akut

Jus kubis membantu untuk mengobati bisul akut. Jus kubis membantu meredakan bisul dengan cara membersihkannya. Selain itu, jus kubis membantu mendetoksifikasi usus dan memperkuat lapisan dalam lambung, sehingga melindunginya dari bisul.

2. Mencegah kanker

Jus kubis juga menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker. Sulforaphane dalam jus kubis hadir untuk melawan sel yang berkembang menjadi karsinogen. Kandungan isosianatnya mengurangi risiko berkembangnnya kanker paru-paru, perut, kanker payudara dan usus. 
Baca juga: Daftar Buah Sehat Pencegah Penyakit Kanker

3. Mencegah katarak 

Katarak dapat menyebabkan penurunan penglihatan. Operasi bukan satu-satunya cara untuk menyingkirkan katarak. Katarak juga dapat dicegah dengan mengonsumsi jus kubis setiap hari.

4. Melindungi terhadap gangguan kulit 

Jus kubis sarat dengan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Jus kubis ini dapat mencegah berbagai gangguan kulit. Vitamin C yang ada di dalamnya mempercepat proses penyembuhan.

5. Membantu mengatasi jerawat

Selain obat yang dioleskan dari luar, mengatasi jerawat pun perlu dari dalam. Anda dapat mengonsumsi jus kubis rutin untuk mennyembuhkan jerawat dan menjaga agar jerawat tidak kembali lagi.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Jus kubis dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Studi juga telah membuktikan bahwa orang yang minum jus kubis lebih teratur lebih tahan terhadap penyakit. Mengapa? Karena jus kubis mengandung senyawa yang disebut histidin yang membantu Anda untuk pulih dari alergi.

7. Baik untuk kesehatan otak 

Jus kubis ternyata baik untuk otak juga. Jus kubis kaya akan vitamin K, antosianin, yang dalam hal ini membantu untuk mempertajam fungsi kesehatan mental. Kandungan ini juga membantu untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

8. Meningkatkan konsentrasi

Selain membantu menjaga kesehatan otak, jus kubis rupanya juga mampu untuk menjaga konsentrasi. Minum jus kubis secara rutin setiap pagi untuk mendapatkan konsentrasi yang baik dalam menjalani hari. 

Simak juga: 8 Manfaat Super Mengonsumsi Salad Secara Teratur

9. Menyehatkan kulit kepala

Kulit kepala Anda bermasalah? Sehingga sering menyebabkan pusing atau sakit kepala? Anda harus mengonsumsi jus kubis yang kaya vitamin dan mineral untuk meredakan masalah kulit kepala Anda.

10. Menjaga kesehatan rambut

Masalah ketombe, rambut bercabang, hingga rambut rontok merupakan masalah yang tak akan ada habisnya. Mengonsumsi jus kubis secara rutin ternyata dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut, serta menjaga kesehatan rambut Anda.

Itulah beberapa manfaat menakjubkan kubis untuk kesehatan. Selain dibuat jus, kubis juga bisa dibikin untuk berbagai olahan, semisal tumis atau sup, tergantung selera Anda. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *