10 Manfaat Menakjubkan Buah Tomat Bagi Kesehatan

by

Tomat sering dianggap sebagai sayuran. Kenyataannya buah ini masuk dalam golongan buah. Terlepas dari hal itu, tomat termasuk jenis makanan yang kaya gizi dan dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tomat mengandung jumlah yang seimbang dari vitamin A, C, dan K, folat dan kalium bersama dengan thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga, yang semuanya diperlukan untuk menjaga kesehatan.

10 Manfaat Menakjubkan Buah Tomat Bagi Kesehatan
Tomat secara alami rendah sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Tomat sendiri biasanya digunakan dalam salad dan sandwich, sebagai saus untuk sayuran, dan sup. Nah, berikut ini adalah 10 manfaat tak terduga dari tomat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

1. Menyehatkan kulit sehat

Mengonsumsi tomat yang teratur akan membantu membuat kulit Anda tetap sehat. Tomat memiliki lycopene, antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat matahari. Zat ini juga membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar ultraviolet, salah satu penyebab utama garis-garis halus dan kerutan di wajah.
Baca juga: 5 Makanan untuk Menyehatkan Kulit

2. Memperkuat tulang

Tomat baik untuk tulang Anda karena kehadiran vitamin K dan kalsium di dalamnya. Kedua elemen ini sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Antioksidan lycopene juga berfungsi untuk meningkatkan massa tulang, yang merupakan cara ampuh untuk melawan osteoporosis, penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang, cacat, dan deformitas.

3. Meningkatkan penglihatan

Jumlah yang tinggi dari vitamin A dan C dalam tomat dapat sangat membantu meningkatkan penglihatan Anda dan mencegah kebutaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin A dalam tomat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat disembuhkan.

4. Menyehatkan rambut

Tomat bahkan dapat membuat rambut Anda sehat. Vitamin (terutama vitamin A) dan zat besi dalam tomat membantu memperkuat rambut serta mencegahnya dari kerusakan. Jadi jika Anda mengalami masalah rambut bercabang atau rontok, konsumsi tomat sangat disarankan.

5. Menurunkan gula darah

Tomat adalah buah yang baik bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah mereka. Tomat mengandung karbohidrat sangat sedikit, yang membantu mengontrol kadar glukosa urin.

Tomat juga merupakan sumber yang sangat baik dari kromium yang membantu mengatur gula darah, serta serat, yang telah terbukti untuk menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

6. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menunjukkan bahwa makan lebih tomat menurunkan risiko kanker prostat. Tomat juga dapat menurunkan risiko kanker lainnya seperti paru-paru, perut, leher rahim, mulut, faring, kerongkongan, esofagus, usus besar, rektum, dan kanker ovarium.

7. Menurunkan berat badan 

Tomat dapat membantu Anda menurunkan berat badan juga. Tomat sangat rendah lemak dan kolesterol. Tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga membantu perut Anda terisi dengan cepat tanpa banyak kalori.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Menurut sebuah studi dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, mereka yang mengkonsumsi lebih lycopene menikmati tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak. Tomat mengandung lycopene dalam jumlah banyak.

9. Menurunkan tekanan darah

Tomat kaya akan kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Telah ditemukan bahwa tekanan darah dapat meningkat ketika diet Anda tidak memiliki kalium, terutama jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak sodium.
Klik juga: Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

10. Mengurangi nyeri kronis

Tomat juga dapat mengurangi nyeri kronis, karena kehadiran agen anti-inflamasi seperti bioflavonoid dan karotenoid. Mereka yang secara teratur menderita nyeri ringan sampai sedang sering mengalami peradangan. Sehingga mengonsumsi tomat baik untuk mengurangi peradangan tersebut.

Itu tadi beberapa manfaat luar biasa buah tomat untuk kesehatan. Jika Anda tidak bisa makan tomat secara langsung, Anda dapat mengolahnya menjadi aneka makanan, semisal jus, salad, sambal, selai dan lain sebagainya. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *