10 Manfaat Tak Terduga Tanaman Ubi Bagi Kesehatan

by

Ubi tampaknya menjadi salah satu sayuran yang paling diabaikan, mungkin karena penampilannya yang tidak menyenangkan dan kecenderungan untuk membuat noda di pakaian dan tangan.

Tapi tahukah Anda ubi sebenarnya sayuran penting yang bergizi. Ubi, merah maupun putih, adalah sayuran yang rendah lemak, kaya vitamin dan mineral, dan dikemas dengan antioksidan kuat.

10 Manfaat Tak Terduga Tanaman Ubi Bagi Kesehatan
Mengandung kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, B6 dan C, asam folat, seng, karbohidrat, protein dan serat larut. Tak hanya umbinya, daun ubi dapat dimakan. Anda dapat mencoba hidangan ubi panggang atau diekstrak menjadi jus dan dicampur dengan jus sayuran lainnya.

Selain itu, daunnya yang hijau bisa dimasak dan dinikmati dengan cara yang sama seperti bayam. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari ubi yang tak banyak diketahui orang.

1. Meningkatkan fungsi otak

Ubi memiliki efek positif yang mengejutkan pada fungsi otak karena membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini pada gilirannya membantu dalam melawan penyakit yang berkaitan dengan usia yakni demensia atau kepikunan.

Para peneliti dari Translational Science Center di Wake Forest University menemukan bahwa konsentrasi tinggi nitrat dalam ubi memainkan peran kunci dalam memerangi perkembangan demensia dan meningkatkan fungsi otak.

2. Mencegah kanker

Kombinasi unik dari molekul antioksidan dan anti-inflamasi dalam ubi membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti usus, paru-paru, perut, saraf, payudara, prostat dan kanker testis.

Menurut sebuah studi 2011 yang dilakukan di Howard University di Washington, saat ini betacyanin di ubi membantu memperlambat pertumbuhan tumor pada 12,5 persen orang yang menderita prostat dan kanker payudara.

Baca juga: Daftar Buah Pencegah Penyakit Kanker 

3. Mengatur tekanan darah

Orang dengan tekanan darah tinggi bisa mendapatkan keuntungan besar dari konsumsi rutin ubi karena kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat diubah tubuh menjadi nitrit dan gas yang disebut nitric oxide. Kedua komponen ini membantu untuk melebarkan arteri dan menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan stamina

Sebuah studi tahun 2011 yang dilakukan di St Louis University menemukan bahwa makan ubi atau minum jus ubi sebelum berolahraga atau aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat kinerja Anda. Studi ini telah disampaikan kepada Food & Nutrition Conference & Expo Dietetic Association Amerika.

Teori di balik ini adalah nitrat dalam ubi diubah menjadi oksida nitrat oleh tubuh. Oksida nitrat melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan pengiriman oksigen ke seluruh kinerja tubuh.

5. Mengurangi kolesterol jahat

Ubi juga berperan dalam menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat. Karena adanya karotenoid dan flavonoid, ubi membantu menurunkan dan bahkan dapat mencegah pembentukan kolesterol jahat.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Masukkan ubi dalam diet Anda, juga berarti membantu memperkuat tulang serta gigi. Ubi mengandung silika yang membantu tubuh memanfaatkan kalsium dengan benar. Kalsium adalah nutrisi kunci untuk tulang sehat dan kuat.
Simak juga: Daftar Makanan Sehat untuk Memperkuat Tulang

7. Mengatasi anemia

Ubi tinggi kandungan zat besi, dapat membantu mencegah dan mengobati anemia dan hemoglobin darah rendah. Besi membantu dalam merevitalisasi sel darah merah, yang pada gilirannya akan membantu meningkatkan transportasi oksigen dan nutrisi ke daerah-daerah tubuh yang berbeda. Tembaga di ubi juga membantu tubuh menyerap zat besi yang baik.

8. Detoksifikasi

Jus ubi sangat efektif untuk membantu hati untuk detoksifikasi. Hal ini terutama karena adanya metionin dan glisin betain di ubi. Kedua pigmen ini merangsang sel-sel hati serta dukungan detoksifikasi.

9. Mencegah cacat lahir

Ubi sangat bagus untuk ibu hamil karena kandungan tinggi asam folat. Asam folat merupakan komponen penting untuk pembentukan yang tepat dari sumsum tulang belakang anak yang belum lahir, sehingga membantu melindungi terhadap kondisi seperti spina bifida.

10. Mengurangi masalah kulit

Ubi baik untuk kulit Anda juga. Zat anti-inflamasi akan membantu dalam pencegahan dan penyembuhan radang kulit seperti jerawat dan bisul. Ubi juga membantu membersihkan darah Anda, yang pada gilirannya memberikan cahaya yang sehat untuk kulit. Selain itu, manfaat lain dari tanaman ubi yaitu mempromosikan pengangkatan sel kulit mati dan regenerasi yang baru.
Nah, itu tadi beberapa khasiat tak terduga tanaman ubi bagi kesehatan. Selain murah, ubi juga bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan. Selamat mencoba! 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *