10 Obat Alami Mengatasi Luka Bakar Ringan

by

Luka bakar ringan adalah luka bakar yang merusak hanya lapisan atas kulit, membuat daerah merah dan terasa menyakitkan. Jenis luka bakar ini juga sering disebut sebagai luka bakar tingkat pertama atau luka bakar permukaan.

Luka bakar ini biasanya disebabkan oleh kontak dengan cairan atau benda panas, uap panas, atau paparan sinar matahari. Luka bakar ringan dapat membuat melepuh yang menyakitkan jika tidak dirawat tepat waktu.

10 Obat Alami Mengatasi Luka Bakar Ringan
Sebenarnya, ada banyak solusi alami yang dapat digunakan untuk penyembuhan dan meminimalkan rasa sakit. Luka bakar ringan cenderung sembuh dalam beberapa hari atau sampai tiga minggu. Nah berikut 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan.

1. Air dingin

Luka bakar akan berhenti menyebar dengan mengalirkan air dingin di atas area luka bakar selama beberapa menit beberapa detik setelah terbakar. Anda juga dapat menempatkan kompres dingin pada daerah yang terkena.

Ulangi setiap beberapa jam untuk meringankan ketidaknyamanan dan rasa sakitnya. Jangan menggunakan es karena dapat membatasi aliran darah, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan halus.

2. Kentang mentah

Kentang mentah bisa mengobati luka bakar kulit ringan karena sifat anti-iritasi dan menenangkan. Ini akan mengurangi rasa sakit dan mengurangi terbentuknya luka lecet. Potong sepotong kentang mentah dan gosokkan pada luka bakar.

3. Aloe vera

Lidah buaya memiliki sifat zat dan jaringan penyembuhan yang dapat membantu dalam penyembuhan luka bakar. Potong sepotong kecil daun lidah buaya dan terapkan gel segar langsung pada luka bakar. Anda juga bisa mencampur satu sendok teh setiap gel lidah buaya dan kunyit dan kemudian menempelkannya di area luka.

4. Minyak kelapa dan lemon juice

Minyak kelapa dan jus lemon dapat membantu mengobati luka bakar ringan ketika telah didinginkan dan dikeringkan. Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprilat yang menawarkan anti-jamur, antioksidan dan manfaat anti-bakteri. Jus lemon memiliki sifat asam yang alami meringankan bekas luka.

5. Madu

Madu dapat secara efektif mensterilkan luka dan membantu menyembuhkan luka bakar, berkat antibakteri dan sifat anti-inflamasi. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terkena bekas luka hipertrofik.
Asam tannic di dalam teh hitam dapat membantu menarik panas dari luka bakar dan dengan demikian mengurangi rasa sakit. Curam tiga kantong teh dalam teko berisi air hangat selama beberapa menit. Biarkan larutan dingin dan kemudian rendam kain bersih di dalamnya dan tempatkan pada daerah yang terkena.

7. Cuka

Sifat astringent dan antiseptik dalam cuka dapat sangat membantu dalam mengobati luka bakar ringan dan mencegah infeksi. Encerkan cuka putih atau cuka sari apel dalam jumlah yang sama dengan air. Gunakan untuk membilas area yang terbakar.

8. Minyak lavender

Minyak esensial lavender memiliki sifat pembunuhan antiseptik dan nyeri. Minyak ini juga akan mengurangi risiko jaringan parut. Tambahkan lima tetes minyak lavender dengan dua cangkir air. Rendam kain bersih di dalamnya dan gunakan sebagai kompres beberapa kali.

9. Daun pisang

Daun pisang adalah obat populer untuk mengobati luka bakar. Daun pisang kaya sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

10. Jus bawang

Bawang memiliki komponen seperti senyawa sulfur dan quercetin yang dapat menghilangkan rasa sakit, membantu menyembuhkan luka bakar dan mengurangi kemungkinan rasa nyeri berlebih.

Nah itulah tips menyembuhkan luka bakar ringan secara alami. Hindari menggunakan odol untuk menyembuhkan luka jenis ini. Menggunakan bahan-bahan alami justru tidak memiliki efek samping dan terbukti mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *