10 Ragam Manfaat Kesehatan dari Kayu Manis

by

Kayu manis memiliki sejarah panjang baik sebagai rempah-rempah maupun obat. Bahkan di zaman kuno, rempah-rempah ini begitu sangat berharga yang dianggap lebih berharga dari emas. Kayu manis dibuat dari kulit coklat pohon kayu manis dan tersedia dalam bentuk tubular kering (dikenal sebagai duri atau tongkat) atau dalam bentuk bubuk.

Kayu manis memiliki aroma yang khas dengan rasa hangat di tubuh bila dikonsumsi. Manfaat kesehatan utama yang berasal dari minyak esensial ditemukan dalam kulit kayu. Minyak ini mengandung komponen aktif yang disebut cinnamaldehyde, cinnamyl asetat dan cinnamyl alcohol.

10 Ragam Manfaat Kesehatan dari Kayu Manis
Kayu manis juga mengandung antimikroba yang kuat, anti-inflamasi, anti-infeksi dan anti pembekuan. Kayu manis adalah sumber yang luar biasa dari antioksidan, polifenol, dan mineral seperti kalsium, mangan, besi dan serat makanan, semua nutrisi penting yang membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Selain itu, kayu manis adalah sumber alami gula, karbohidrat, asam lemak dan asam amino. Nah, berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari kayu manis yang mungkin belum Anda ketahui.

10 Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Mengontrol gula darah

Kayu manis memiliki manfaat yang penting bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2. Kayu manis membantu tubuh mereka merespon insulin, sehingga menormalkan kadar gula darah. Senyawa tertentu dalam kayu manis merangsang reseptor insulin dan menghambat enzim yang menginaktivasi mereka, meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis telah terbukti sangat meningkatkan kewaspadaan mental. Hanya mencium bau dari rempah-rempah ini dapat meningkatkan aktivitas otak. Aromanya ini adalah aroma yang dapat meningkatkan proses kognitif dan sangat meningkatkan fungsi otak yang terkait dengan perhatian, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan kecepatan visual-motor ketika bekerja pada sebuah program berbasis komputer.

3. Mencegah penyakit jantung

Karena berbagai sifat anti-inflamasi, kayu manis sangat efektif dalam menjaga jantung dan arteri dari kerusakan dan infeksi sekitarnya. Banyak makanan berlemak saat ini mengandung lemak kolesterol dan tidak sehat yang dikenal clogarteries. Kayu manis membantu melawan kolesterol ‘buruk’, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kinerja usus besar

Kayu manis merupakan sumber yang sangat baik dari serat, kalsium dan mangan. Kombinasi kalsium dan serat dapat meningkatkan fungsi usus besar. Kalsium dan serat mengikat garam empedu dan membantu menghilangkan mereka dari tubuh.

5. Mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Texas, kayu manis dapat meminimalkan peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh dan ketika dimasukkan secara teratur dalam diet, dapat membantu mencegah kanker. Kayu manis juga membantu mengurangi tingkat pertumbuhan leukemia dan limfoma sel-sel kanker.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut coumarin yang memiliki sifat pengencer darah. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa terlalu banyak coumarin dapat menyebabkan kerusakan hati, sehingga yang terbaik adalah untuk mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah kecil.

7. Mengobati penyakit degenerasi otak

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang mengurangi peradangan konstan jaringan internal otak, sehingga melindungi dari gangguan neurologis.

8. Mengurangi kolesterol

Kayu manis dapat secara signifikan mengurangi tingkat trigliserida dan LDL (kolesterol jahat) dalam darah Anda, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Baca juga: Menurunkan Kolestrol Jahat dengan Mengatur Pola Makan

9. Mengobati penyakit pernapasan

Kayu manis diyakini menyembuhkan dan memberikan bantuan dari masuk angin dan flu. Untuk meredakan sakit tenggorokan, tambahkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir teh.

10. Mengurangi nyeri arthritis

Kayu manis telah ditunjukkan dalam studi untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik. Dengan mengonsumsi kayu manis, penyakit nyeri sendi dapat diatasi dengan mudah.
Klik juga: 10 Makanan Pantangan Pengidap Nyeri Sendi

Demikian 10 khasiat mujarab kayu manis untuk mengobati maupun mencegah berbagai jenis penyakit. Mungkin karena alasan inilah zaman dahulu kala rempah-rempah termasuk kayu manis menjadi komoditas berharga layaknya emas. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *