10 Tips Ampuh Menyembuhkan Mata Bintitan Secara Alami

by

Bulu mata Anda memiliki folikel rambut yang mengandung kelenjar minyak. Ketika kelenjar ini menjadi tersumbat atau karena beberapa jenis infeksi, maka akan memicu peradangan. Ini dikenal sebagai blepharitis atau, dalam istilah yang sederhana, radang kelopak mata (bintitan).

Ada dua jenis peradangan kelopak mata, yakni anterior dan posterior. Radang mata anterior terjadi di luar mata Anda, sementara peradangan posterior kelopak mata terjadi di sudut-sudut bagian dalam mata Anda. Penyebab pasti dari blepharitis belum diketahui, namun ada sejumlah faktor tertentu yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

10 Tips Ampuh Menyembuhkan Mata Bintitan Secara Alami
Faktor-faktor tersebut meliputi ketombe pada kulit kepala Anda atau alis, tungau bulu mata atau kutu, reaksi alergi terhadap riasan mata, efek samping obat, beberapa jenis infeksi bakteri dan kelenjar minyak yang rusak.

Blepharitis dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan bahkan mempengaruhi penglihatan Anda. Beberapa tanda dan gejalanya diantaranya kelopak mata gatal, kelopak mata bengkak atau meradang, sensasi terbakar di mata, kelopak mata berminyak, mata merah, mata berair, pengerasan kulit di dasar bulu mata, peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan sensasi yang mengganggu ada sesuatu yang ada di dalam atau di mata Anda. Nah, berikut adalah 10 tips yang bisa Anda gunakan untuk mengobati blepharitis atau mata bintitan.

1. Menjaga kelopak mata higienis

Kebersihan yang baik adalah penting untuk pengobatan peradangan kelopak mata. Karena hal ini dapat menjadi masalah yang terus-menerus, maka menjaga kebersihan kelopak mata sangatlah penting. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Cochrane Database Systematic mencatat bahwa kebersihan yang baik dapat memberikan bantuan mengatasi gejala blepharitis anterior dan blepharitis posterior.

2. Kompres air hangat

Kompres air hangat adalah cara yang efektif untuk menyembuhkan blepharitis. Kompres air hangat akan membantu melonggarkan peredaran darah dan membuang puing-puing kotoran di sekitar bulu mata Anda. Kompres air hangat bahkan membantu mencairkan sekresi minyak dari kelenjar minyak, sehingga mengurangi risiko suatu benjolan membesar.

3. Gosok kelopak mata secara perlahan 

Anda perlu menggosok kelopak mata Anda untuk mencegah akumulasi residu minyak dan kulit bersisik pada kelopak mata. Hal ini juga akan mencegah perkembangan remah pada kelopak mata yang dapat menunda proses penyembuhan.

4. Tea Tree Oil

Blepharitis juga dapat diobati dengan menggunakan tea tree oil karena membantu mengobati penyebab yang mendasari dan mengurangi gejala, seperti peradangan dan gatal-gatal. Sebuah studi 2012 melaporkan bahwa blepharitis disebabkan oleh tungau demodex dan dapat diobati dengan tea tree oil. Minyak esensial ini efektif untuk menghilangkan demodex mata dan meningkatkan gejala okular subjektif.

5. Minyak jarak

Minyak jarak adalah bahan alami yang efektif yang dapat Anda coba di rumah. Asam risinoleat dalam minyak bekerja sebagai agen anti-inflamasi. Ini membantu mengurangi rasa gatal, iritasi, sensasi terbakar dan rasa sakit yang terkait dengan kondisi tersebut.

6. Asam lemak Omega-3 

Asam lemak omega-3 dapat membantu meringankan gejala blepharitis, terutama bila dikaitkan dengan rosacea okular. Asam lemak membantu fungsi dari kelenjar meibom, yang penting untuk pelumasan yang tepat dari mata dan kenyamanan kelopak mata.

7. Minyak kelapa

Pengobatan lain yang sederhana untuk dicoba di rumah adalah minyak kelapa. Minyak kelapa ini kaya sifat anti-inflamasi dan nutrisi lain yang membantu mengurangi peradangan, gatal dan nyeri serta memulihkan kesehatan mata.

8. Lidah buaya

Ketika berhadapan dengan peradangan kelopak mata, Anda perlu menjaga kelopak mata untuk melembabkan untuk mencegah pembentukan kerak dan serpih. Pelembab dari lidah buaya sangat membantu dalam hal ini.

9. Petroleum jelly

Jika blepharitis disebabkan oleh kutu di rambut, alis dan bulu mata, Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk membantu menyingkirkan mereka. Petroleum jelly memiliki efek menyesakkan kutu dan kemudian mati lemas.

10. Daun nimba

Sama seperti kutu, Anda juga perlu untuk mengontrol ketombe untuk mengobati peradangan kelopak mata. Bahkan, ketombe pada kulit kepala Anda dan bulu mata adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan masalah ini. Daun nimba sangat efektif untuk menyingkirkan ketombe. Daun bersifat antijamur dan antibakteri sehingga membantu mengobati ketombe.

Nah, itu tadi beberapa cara menyebuhkan mata bintitan. Menjaga kebersihan di area mata mutlak diperlukan agar bakteri tidak tumbuh dan menimbulkan infeksi di sekitar mata. 

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *