10 Tips Mudah Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

by

Selama kehamilan, setiap keputusan yang Anda buat akan berdampak pada fisik dan emosional pada janin bayi yang sedang tumbuh dalam rahim Anda. Masa kehamilan memang sangat berat. Oleh karena itu butuh kesiapan diri sendiri serta dukungan dari suami serta kerabat dan teman-teman dekat Anda.

10 Tips Mudah Menjaga Kehamilan Tetap Sehat
Lebih penting lagi, Anda membutuhkan bimbingan dari seorang dokter yang berpengalaman. Memilih dokter yang tepat akan dapat membantu Anda, membimbing Anda dan membantu membangun kepercayaan diri Anda saat masa kehamilan serta persalinan.

Selain itu, membaca buku, mengikuti kelas kehamilan dan menonton video tentang kehamilan dan persalinan bisa Anda coba. Ada banyak hal yang dapat membantu Anda menikmati kehamilan yang bebas masalah dan menjadi seorang calon ibu yang siap dan yakin akan proses melahirkan nanti. Berikut adalah 10 tips untuk menjaga kehamilan yang sehat.

1. Pilihlah diet seimbang

Makanan yang Anda makan selama kehamilan memiliki pengaruh langsung pada kesehatan bayi yang belum lahir. Menurut para ahli, asupan sehat adalah suatu keharusan selama kehamilan.

Asupan sehat mendukung berat badan normal saat bayi nantinya lahir, meningkatkan perkembangan otak janin dan menurunkan risiko berbagai cacat lahir.

2. Penuhi suplemen diperlukan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat hamil, Anda juga perlu mengonsumsi beberapa suplemen. Anda dapat mengambil suplemen zat besi atau asam folat secara terpisah atau memilih vitamin prenatal.

Vitamin prenatal biasanya mengandung asam folat dan zat besi dan multivitamin lainnya. Asam folat diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf, dan zat besi mendukung pertumbuhan bayi secara keseluruhan.

3. Hindari makanan tertentu

Untuk melindungi diri sendiri dan bayi yang belum lahir dari bakteri atau infeksi parasit, Anda perlu menghindari makanan tertentu. Makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang berpotensi beracun yang dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan Anda dan menyebabkan komplikasi kelahiran pada bayi Anda.

Beberapa makanan yang baiknya dihindari selama kehamilan adalah susu yang tidak dipasteurisasi, berbagai jenis keju lembut, daging yang dimasak kurang matang, telur mentah, ikan yang tinggi merkuri dan kecambah mentah.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur selama kehamilan menjamin kesehatan yang baik dari ibu serta bayi baru lahir. Olahraga membantu meringankan banyak masalah kehamilan yang umum, seperti sembelit, kram kaki, pembengkakan pergelangan kaki, nyeri punggung dan kurang tidur.

5. Latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul atau latihan kegel berguna untuk memperkuat otot-otot yang mendukung kandung kemih, Miss V dan tubuh bagian belakang. Hal ini pada gilirannya dapat membantu dalam melancarkan proses persalinan dan pemulihan dengan cepat. Hal ini juga membantu mencegah inkontinensia urin.

6. Banyak istirahat dan tidur

Kehamilan adalah saat ketika Anda perlu mencurahkan perhatian khusus untuk makanan seimbang dan olahraga yang cukup, tetapi pada saat yang sama juga harus mendapatkan cukup istirahat dan tidur.

Kehamilan menyebabkan beberapa perubahan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan kelelahan. Untuk membantu tubuh Anda mengatasi hal ini, penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan mendapatkan istirahat yang cukup.

7. Mengelola stres

Merasa stres selama kehamilan adalah normal, tetapi Anda perlu menjaga tingkat stres Anda di bawah kontrol. Karena perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan, maka ada peningkatan kadar kortisol. Hormon stres ini dapat mempengaruhi kesehatan bayi yang belum lahir.

8. Berhenti merokok

Wanita seharusnya tidak merokok sebelum, selama atau setelah kehamilan dan harus mencoba untuk menghindari asap rokok juga. Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine melaporkan bahwa kokain dan penggunaan tembakau selama kehamilan meningkatkan risiko keguguran.

9. Hindari alkohol

Setiap jumlah alkohol yang Anda minum masuk dalam tubuh bayi dalam kandungan Anda melalui aliran darah Anda dan plasenta. Oleh karena itu, penting untuk menghindari alkohol selama kehamilan.

10. Jangan minum obat yang tidak diresepkan

Baik itu sakit kepala, pilek atau sembelit, Anda tidak boleh meminum obat warung, atau obat yang tidak diresepkan oleh dokter Anda. 
Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *