10 Vitamin Penting yang Sangat Dibutuhkan Wanita

by

Kaum wanita zaman modern tampaknya mulai sadar kesehatan dan lebih memilih untuk mengikuti pola hidup sehat. Selain melatih kebugaran dengan mengikuti kelas senam dan gym, faktor lain yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan adalah pola makan yang bergizi.

Makanan yang bernutrisi itu salah satu tandanya yaitu mengandung vitamin yang seimbang. Wanita dari berbagai usia, berat badan dan tingkat aktivitas perlu mengkonsumsi berbagai macam vitamin untuk memiliki kesehatan yang optimal dan mencegah berbagai jenis masalah kesehatan.

10 Vitamin Penting yang Sangat Dibutuhkan Wanita
Vitamin adalah senyawa organik yang membantu bagian yang berbeda dari fungsi tubuh dengan baik. Setiap vitamin punya tugas dan fungsi yang berbeda. Kekurangan vitamin yang dibutuhkan dapat berkontribusi untuk beberapa masalah kesehatan yang serius.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dari makanan yang Anda makan atau, jika perlu, dari suplemen vitamin. Berikut adalah 10 vitamin yang ternyata sangat dibutuhkan oleh wanita.

1. Vitamin A

Vitamin A mengandung sifat antioksidan. Wanita dari segala usia membutuhkan vitamin A karena membantu dalam membangun dan memperkuat tulang, gigi, jaringan lunak, kulit dan selaput lendir.

Vitamin A juga mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan penglihatan, memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin B2

Dikenal sebagai riboflavin, vitamin B2 sangat penting untuk kesehatan yang baik, pertumbuhan normal dan metabolisme. Vitamin ini membantu meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi kesemutan dan mati rasa, kecemasan, stres dan kelelahan.

3. Vitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah vitamin penting yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin ini juga membantu tubuh memproduksi hormon dan bahan kimia otak, yang pada gilirannya membantu mengurangi depresi, penyakit jantung dan kehilangan memori.

4. Vitamin B7

Vitamin B7, juga dikenal sebagai biotin, diperlukan untuk pertumbuhan sel dan sintesis asam lemak. Vitamin ini membuat kelenjar keringat, rambut dan kulit yang sehat. Bahkan, vitamin ini mempromosikan pertumbuhan rambut dan membantu mengobati kuku yang rapuh.

Selain itu, vitamin B7 diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan sumsum tulang, dan membantu menjaga kadar kolesterol normal.

5. Vitamin B9

Vitamin B9, juga dikenal sebagai asam folat, sangat penting bagi setiap wanita karena membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, Alzheimer, depresi, kanker dan kehilangan memori. Vitamin ini juga meningkatkan kesehatan otak dan fungsi seluler dan meningkatkan kesuburan dan perkembangan janin selama kehamilan.

6. Vitamin B12

Vitamin penting lain yang setiap wanita harus makan adalah B12, yang penting untuk metabolisme, pembelahan sel normal dan sintesis protein. Vitamin ini membantu mencegah penyakit jantung, kehilangan memori dan anemia.

7. Vitamin C

Dikenal sebagai penguat kekebalan, vitamin C memiliki banyak manfaat kesehatan bagi wanita. Vitamin ini membantu mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan pertumbuhan jaringan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan kerusakan jaringan. Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

8. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang mempromosikan penyerapan kalsium, yang memainkan peran penting dalam menjaga tulang yang kuat. Vitamin D juga mengurangi risiko multiple sclerosis, rheumatoid arthritis dan berbagai jenis kanker.

9. Vitamin E

Vitamin E mengandung sifat anti-penuaan yang melawan kerusakan sel dan memperlambat perubahan yang berkaitan dengan usia dalam tubuh Anda. Vitamin ini juga membantu mencegah penyakit jantung, katarak, kehilangan memori dan jenis kanker tertentu.

10. Vitamin K

Vitamin K memainkan peran kunci dalam mempromosikan tulang yang kuat, menjaga pembekuan darah normal dan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung. Vitamin tertentu juga diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh dan energi.

Nah itu tadi beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh wanita. Baca juga artikel menarik lainnya seputar wanita berikut ini:

Baca juga:


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *