11 Manfaat Tidur Menghadap Kiri Bagi Kesehatan

by

Tidur sangat penting untuk seseorang karena berhubungan langsung dengan kesehatan secara keseluruhan. Anda tidak bisa mendapatkan organ di tubuh Anda berfungsi secara normal tanpa tidur malam yang baik.

Kurang tidur juga menyebabkan munculnya beberapa penyakit dan kondisi buruk yang dapat berakibat fatal. Ini adalah salah satu faktor terbesar yang terkait dengan penyakit jantung.

11 Manfaat Tidur Menghadap Kiri Bagi Kesehatan
Seiring dengan menjaga pola tidur yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dengan dorongan tidur dalam posisi tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur miring ke kiri, memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus tidur miring ke kiri.

1. Baik selama kehamilan

Pada wanita hamil, posisi tidur miring ke kiri dapat mencegah liver dari penerapan tekanan pada rahim dan meningkatkan sirkulasi darah, bersama dengan aliran darah yang ditingkatkan ke janin.

2. Meringankan sakit punggung

Tidur miring ke kiri juga dapat membantu meringankan sakit punggung. Oleh karena itu, posisi tidur miring ke kiri dapat membantu seorang wanita hamil juga saat tidur, yang tidak diragukan lagi merupakan tantangan utama dalam kehamilan.

3. Sistem limfatik bekerja lebih baik

Sistem limfatik adalah sistem yang membantu jaringan dan organ yang membawa cairan yang disebut getah bening ke seluruh tubuh. Cairan getah bening melakukan tugas-tugas penting yakni membawa sel darah putih memerangi infeksi dan membersihkan tubuh Anda dari racun dan zat berbahaya lainnya.

4. Membuang kotoran tubuh

Tubuh membuang produk limbah melalui usus. Usus kecil mengangkut produk-produk limbah melalui katup ileocecal (ICV) pada usus besar di sisi kanan.

Usus besar kemudian mengangkut bahan limbah ini melalui perut di sebelah kanan, akhirnya membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh Anda. Ketika Anda tidur miring ke kiri, gaya gravitasi membuatnya mudah untuk makanan bergerak dari usus kecil ke usus besar.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Lambung dan pankreas membuat enzim pencernaan dalam tubuh Anda. Ketika Anda tidur dengan posisi miring ke kiri, perut dan pankreas menggantung nyaman dan memiliki ruang yang memadai untuk melaksanakan pencernaan.

6. Membantu pergerakan makanan

Dalam hal ini juga, tidur miring ke kiri membantu gaya gravitasi memungkinkan makanan bergerak melalui perut secara bertahap dan enzim pankreas untuk melepaskan secara bertahap dan sesuai kebutuhan.

7. Mengurangi rasa mulas

Tidur miring ke kiri juga dapat membantu mengurangi refluks asam dalam tubuh Anda dan dapat membantu membersihkan asam yang ada lebih cepat daripada jika Anda berbaring miring ke kanan.

8. Mencegah asam lambung naik 

Tidur di posisi yang salah dapat menyebabkan asam lambung untuk masuk kerongkongan, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti perut terasa begah. Ini tentu saja tidak akan terjadi bila Anda tidur miring ke kiri.

9. Mengatasi Heartburn

Jika Anda mengalami heartburn setelah makan, Anda bahkan dapat mencoba berbaring miring ke kiri selama 10 menit untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

10. Menghilangkan nyeri organ

Orang-orang dengan nyeri punggung kronis selalu tidak nyaman saat tidur. Tidur miring ke kiri akan menekan tulang belakang dan mengurangi sakit punggung.

11. Meredakan varises

Tidur menghadap ke kiri juga bermanfaat bagi mereka yang menderita varises, terutama di tungkai bawah. Sebab, tidur miring ke kiri membantu mengambil tekanan dari pembuluh darah besar yang disebut vena cava inferior yang terletak di sisi kanan tubuh. Vena ini membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kesehatan tidur menghadap ke arah kiri. Meski terdengar sepele, cara tidur Anda juga menentukan kualitasnya. Jadi, apakah Anda sudah terbiasa tidur menghadap ke kiri?

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *