6 Tips Mudah Keramas yang Baik dan Benar

by

Banyak orang sepulang kerja biasanya langsung ingin membersihkan diri dengan mandi. Terutama setelah berkegiatan seharian dan berkeringat. Namun ada juga sebagian orang yang malas mandi dan keramas karena sudah sangat capek.

Tetapi jika Anda adalah seorang sadar akan kebersihan, Anda mungkin sudah biasa mandi dan berkeramas sesaat setelah pulang kerja. Keramas tidak hanya memperindah rambut Anda, tetapi juga memiliki manfaat penting, yakni membersihkan kotoran, kelebihan minyak, keringat, kotoran dan sisa dari produk styling di kulit kepala Anda.

6 Tips Mudah Keramas yang Baik dan Benar
Jika Anda tidak berhati-hati dalam menerapkan shampo dan cara Anda memperlakukan rambut Anda selama keramas, itu dapat meninggalkan kotoran di rambut Anda. Alhasil, rambut Anda menjadi rusak.

Mencuci rambut dengan cara yang salah sangat merugikan folikel helai rambut lembut, kulit kepala dan keseluruhan rambut Anda. Selain itu, kepala kotor yang belum dicuci dengan benar adalah tempat berkembang biak yang berisiko tinggi untuk berbagai kondisi dan penyakit, seperti ketombe, dermatitis dan eksim.

Rambut Anda layak mendpat perawatan yang sama seperti perhatian yang Anda berikan pada kulit pada wajah Anda. Nah, berikut adalah cara yang benar untuk mencuci rambut Anda, yang dapat Anda coba untuk tetap menjaga kesehatan rambut Anda.

Langkah Mudah Keramas yang Benar

1. Sebelum keramas

Sisir rambut Anda sebelum masuk ke kamar mandi. Ini membantu mencegah kusut setiap helai dan mencegah kerusakan rambut. Hal ini juga membantu menghilangkan residu produk styling.

2. Pilih shampo

Apakah rambut Anda kering, berminyak atau berketombe, pastikan shampo yang Anda gunakan sesuai dengan jenis rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan shampo khusu sebulan sekali untuk menyingkirkan residu produk dari kulit kepala Anda.
Rendam rambut Anda dengan air hangat. Jangan menggunakan air panas. Air panas dapat mengeringkan kulit kepala Anda, memicu kelenjar minyak untuk mengkompensasi lebih dalam memproduksi minyak, akhirnya meninggalkan kulit kepala Anda berminyak. Air panas juga menjalankan risiko mendidihkan kulit kepala Anda.

Masukan satu sendok shampo di telapak tangan Anda (ukuran seperempat). Jumlah ini merupakan standar untuk rambut pendek menengah. Anda dapat meningkatkan jumlah sesuai dengan panjang rambut Anda.

Tambahkan sedikit air untuk shampo agar berbusa, dan terapkan secara merata. Mulai dari bawah dan sampai ke akar. Berikutnya, gunakan jari Anda untuk memijat shampo ke kulit kepala Anda dengan lembut, gerakan melingkar.

Berikutnya, pijat di sepanjang garis rambut di bagian atas telinga Anda dan bergerak ke bawah dalam gerakan melingkar di belakang telinga Anda. Ini adalah area yang sering diabaikan ketika mencuci rambut dan tempat berkembang biak bagi infeksi jamur.

4. Membilas

Memulai proses pembilasan dengan menggunakan air hangat melalui rambut Anda. Gosok daerah di belakang telinga Anda. Angkat rambut Anda untuk memungkinkan air untuk mengalir ke bawah di sepanjang garis rambut di tengkuk Anda. Peras dengan lembut air yang berlebih dari rambut Anda dengan tangan Anda.

5. Pendinginan

Ambil satu sendok kondisioner di tangan Anda dan gosok telapak tangan. Jangan memijat kondisioner ke kulit kepala Anda dan akar, karena bisa membuat residu, memicu kelenjar minyak, memblokir folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Diamkan kondisioner selama 2 sampai 3 menit (sesuai dengan petunjuk pada botol). Bilas menggunakan air dingin. Jangan menggosok rambut Anda. Sebaliknya, gunakan gerakan meremas untuk mebersihkan rambut dari sisa conditioner. Air dingin akan menutup kelembaban dan menjaga rambut Anda lentur dan lembut.

6. Pengeringan

Serat tebal handuk teratur dapat mematahkan rambut basah dan membuatnya keriting. Sebaliknya, gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambut Anda selama 10 menit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *