7 Kebiasaan Ini Ampuh Menurunkan Berat Badan

by

Upaya penurunan berat badan memang membutuhkan perencanaan yang tepat dan tekad yang kuat untuk mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan. Anda mungkin pernah mengikuti program penurunan berat badan yang kompleks, tetapi setelah Anda melakukannya ternyata hasil yang didapatkan tak sesuai dengan yang Anda harapkan.

7 Kebiasaan Ini Ampuh Menurunkan Berat Badan
Padahal, kunci untuk mendapatkan berat badan ideal itu tergantung kebiasaan Anda. Pertama, Anda harus mengevaluasi apakah kebiasaan Anda saat ini sudah baik dan menyehatkan. Jika belum, kenali kebiasaan apa yang selama ini membuat berat badan Anda tidak ideal.

Nah, jika sudah mengetaui masalahnya, sekarang saatnya untuk mulai mengubah kebiasaan sehari-hari Anda. Tidak mudah memang, tapi jika kebiasaan sehat ini sukses Anda lakukan selama sebulan, besar kemungkinan kebiasaan baik itu akan Anda lakukan seterusnya. Berikut kebiasaan yang membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Mulai hari dengan air lemon hangat

Air lemon adalah minuman detoks yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Air lemon membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membakar lemak yang nantinya digunakan sebagai energi dan menekan berat badan.

Air lemon kaya vitamin C dan antioksidan, membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh yang memperlambat metabolisme Anda. Pastikan untuk terus minum air lemon bahkan setelah Anda menurunkan berat badan untuk membantu menjaga berat badan Anda.

2. Ambil cuka sari apel

Cuka sari apel berperan penting dalam penurunan berat badan karena kandungan asam asetatnya. Asam asetat telah ditemukan berguna untuk membantu mencegah akumulasi lemak tubuh.

Cuka sari apel juga membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan, mempebaiki masalah pencernaan dan melawan infeksi.

3. Rutin mengonsumsi teh hijau

Selain air lemon dan cuka sari apel, jangan lupa juga untuk minum teh hijau. Teh hijau memiliki berbagai bahan besar kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Katekin dalam teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pembakaran lemak dengan melepaskan lemak dari sel-sel lemak. Tak hanya itu, teh hijau juga membantu melawan radikal bebas dan mencegah penyakit.

4. Olahraga

Jika Anda serius menjalani program menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, maka Anda harus mulai bisa merutinkan diri dengan olahraga teratur dan aktivitas fisik. Kombinasi aktivitas fisik moderat dan kuat akan membantu Anda menurunkan serta mengontrol berat badan Anda secara efektif.

Berjalan, misalnya, sangat baik untuk menurunkan berat badan karena membakar kalori saat Anda melakukannya serta sesudahnya. Olahraga membantu mengurangi stres dan meningkatkan energi, mood dan kualitas tidur. Olahraga juga menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke dan kanker tertentu.

5. Makan diet sehat

Diet sehat namun rendah kalori merupakan bagian integral dari rencana penurunan berat badan yang baik. Fokus pada termasuk buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian dalam diet Anda, daripada mengisi pada kalori kosong dari junk food.

Menghindari makanan yang digoreng dan berlemak adalah perlu. Juga, membatasi gula serta asupan garam (kelebihan garam berkontribusi untuk retensi air yang menambah berat badan air).

Carilah versi sehat dari makanan favorit Anda. Misalnya, memilih popcorn buatan sendiri (jangan tambahkan mentega). Menghilangkan produk tepung putih seperti roti putih, kue, muffin, pizza, hot dog, burger, pasta dan makanan serupa dari diet Anda. Pilihlah untuk gandum dan versi sehat dari makanan ini.

6. Minum banyak air

Minum banyak air sepanjang hari untuk membantu tubuh Anda membuang racun. Disarankan untuk minum 8 sampai 10 gelas air sehari. Selain detoksifikasi, air berfungsi untuk membantu pencernaan, mengurangi kelelahan, meningkatkan mood dan mengalahkan bau mulut.

7. Tidur yang cukup

Tidur yang tepat dan relaksasi juga memainkan peran penting dalam mempromosikan penurunan berat badan. Kurang tidur mendorong Anda ngemil larut malam. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu efektivitas upaya penurunan berat badan. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *