Cara Mengobati Pembengkakan Kaki dengan Minyak Atsiri

by

Salah satu jenis minyak esensial, yaitu minyak atsiri kerap digunakan sebagai agen aromaterapi untuk membantu merilekskan dan menenangkan tubuh dan pikiran. Selain itu, minyak serbaguna ini juga dapat membantu mengobati sejumlah kondisi fisik. Kaki dan pergelangan kaki yang bengkak adalah masalah umum yang dapat diobati dengan minyak esensial.

Pembengkakan terjadi karena retensi cairan di kaki atau pergelangan kaki dan sering sangat menyakitkan. Mungkin ada banyak alasan untuk kaki Anda bengkak, dan biasanya tidak menjadi perhatian.

Cara Mengobati Pembengkakan Kaki dengan Minyak Atsiri
Kondisi ini bisa dipicu hanya dengan berjalan jarak jauh, atau duduk dengan kaki seseorang tergantung dengan cara menghalangi aliran darah ke kaki. Kondisi serupa juga terjadi selama kehamilan. Dalam beberapa kasus, cedera kaki mungkin mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan kaki. 
Baca juga: 10 Jenis Minyak Esensial untuk Berbagai Manfaat Kesehatan

Minyak atsiri atau minyak esensial bekerja dengan cara menenangkan pergelangan kaki bengkak dan kaki bengkak dengan membawa mereka kembali ke keadaan normal seperti sebelumnya. Namun, jika pembengkakan berlanjut, Anda harus mencari pertolongan medis segera, karena bisa menjadi gejala dari penyakit yang menju ke arah serius.

Misalnya, dalam beberapa kasus, kaki bengkak bisa menunjukkan infeksi, dan penyakit, seperti gagal hati, rheumatoid arthritis, hipertensi dan varises. Pembengkakan yang berlebihan selama beberapa bulan kemudian saat kehamilan, sering disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, mual dan sakit perut, bisa menjadi penyebab kondisi berbahaya.

Selain itu, minyak esensial tertentu tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun ketika hamil. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak esensial ini. Harap diingat bahwa sementara minyak esensial secara efektif akan mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit, namun ini bukan solusi permanen.

Berikut cara menggunakan minyak esensial untuk mengobati pergelangan kaki dan kaki bengkak.

1. Terapi pijat

Jangan menerapkan minyak esensial murni langsung pada kulit. Selalu campurkan minyak ini dalam jenis minyak lain yang akan membuat minyak esensial tersebut aman untuk aplikasi kulit dan aman untuk di pleskan di daerah-daerah tertentu di tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa campuran minyak esensial dapat Anda coba: serai, Grapefruit dan Cypress Blend. Tiga dari minyak esensial tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, dan bekerja pada daerah yang bengkak dalam hitungan menit.

2. Untuk rendam kaki 

Minyak esensial chamomile dikenal banyak manfaat untuk obat. Minyak ini efektif dalam mengurangi peradangan, menenangkan saraf, mengurangi rasa sakit dan melenturkan otot-otot sakit. Minyak ini juga efektif dalam mengurangi pembengkakan eksternal.

Ada varietas yang berbeda dari minyak esensial chamomile. Pastikan Anda menggunakan minyak esensial chamomile Jerman untuk mandi kaki untuk mengurangi pembengkakan. Sebab, minyak ini berisi senyawa yang disebut azulene, yang paling efektif dalam mengurangi pembengkakan.

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial jenis Wintergreen. Wintergreen adalah minyak esensial yang kurang dikenal tapi sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan. Minyak ini adalah pereda nyeri hebat dan digunakan secara luas untuk mengobati berbagai kondisi, seperti sakit kepala, nyeri otot dan pergelangan kaki menyakitkan dan kaki.

Anda dapat menerapkan minyak esensial individu pada daerah yang terkena. Sekali lagi, ingat untuk mencairkan minyak esensial murni dengan jenis minyak lain, seperti minyak kelapa fraksinasi, minyak bunga matahari, minyak calendula atau minyak nabati lainnya.

Selamat mencoba!

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • minyak atsiri untuk obat bengkak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *