Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Minyak Esensial

by

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum yang pastinya pernah Anda alami. Sakit kepala ditandai dengan nyeri di setiap daerah kepala, dan bahkan sering memperluas ke leher.

Ketegangan saat sakit kepala adalah jenis rasa sakit yang paling umum saat sakit kepala yang orang dapatkan dari waktu ke waktu, baik karena kurang tidur, stres, cuaca panas dan lembab. Penyebabnya bisa tak ada habisnya.

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Minyak Esensial
Rasa sakit yang mengganggu di kepala Anda dapat meluas ke mata, leher, punggung bawah dan otot-otot lain di daerah sekitarnya. Lebih dari 70 persen dari populasi orang di dunia mengalami ketegangan yang tak tertahankan saat sakit kepala menyerang, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sakit kepala migrain ditandai dengan nyeri sedang sampai berdenyut parah pada satu sisi kepala, sering disertai dengan gejala seperti mual, muntah dan kepekaan yang meningkat terhadap cahaya terang, suara dan bau yang berbeda. Migrain sering terjadi pada orang antara usia 35 dan 45 tahun, dan biasanya dimulai saat seseorang memasuki usia pubertas.

Baca juga: 10 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sakit kepala cluster terjadi karena kondisi neurologis. Seperti migrain, mereka ditandai dengan nyeri pada satu sisi kepala dan terutama di sekitar mata, meskipun rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala cluster lebih intens dan melemahkan. Gejala yang berhubungan termasuk hidung tersumbat, dan pembengkakan pada mata.

Sakit kepala sinus terjadi karena produk dari gangguan sinus dan menyebabkan rasa sakit yang sangat terkonsentrasi di pangkal hidung, dahi dan tulang pipi. Sementara itu, sakit kepala hormonal terjadi ketika seorang wanita akan memulai siklusnya atau setelah menstruasi.

Minyak atsiri merupakan pengobatan alami yang tidak hanya melindungi Anda dari efek samping yang buruk, tetapi mengobati sakit kepala Anda, bersamaan dengan menenangkan dan membuat tubuh Anda santai secara keseluruhan.

Berikut adalah minyak esensial selain minyak atsiri yang baik pula untuk digunakan sebagai pengobatan sakit kepala.

1. Minyak Lavender

Lavender memiliki kandungan yang dapat menghilangkan stres dan merelaksasi, analgesik dan sifat terapeutik. Minyak ini juga mengelola tingkat serotonin, suatu neurotransmitter yang mengatur rasa nyeri, untuk tetap pada tingkat yang sehat.

Orang yang menderita migrain dan sakit kepala jenis lain biasanya memiliki tingkat serotonin rendah. Minyak esensial ini sangat efektif dalam mengobati sakit kepala yang berhubungan dengan gangguan neurologis, seperti depresi dan kecemasan atau stres.

2. Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu minyak aromatik menyegarkan. Ketika dioleskan, Anda akan merasakan sensasi dingin pada kulit, yang berlanjut dengan relaksasi otot-otot dan saraf, meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan rasa sakit yang mungkin disebabkan oleh kontraksi saraf karena panas.

Minyak peppermint, bila diterapkan pada kulit dan dahi, akan mengurangi sensitivitas rasa sakit dan melemaskan otot-otot, menurut sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Fungsional Neurology.

3. Minyak Eucalyptus 

Minyak esensial eucalyptus lebih umum dikenal karena sifat antibakteri dan efektivitasnya dalam mengurangi gejala penyakit pernafasan, terutama dada, paru-paru dan hidung tersumbat. Dengan demikian, minyak ini menjadi perawatan yang populer untuk pilek dan bronkitis.

Minyak ini juga merupakan analgesik yang sangat efektif, atau agen penghilang rasa sakit. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi stres otot dan mendorong relaksasi.

4. Minyak Atsiri Feverfew

Meskipun kurang dikenal dari minyak esensial lainnya dalam daftar ini, minyak esensial Feverfew baik digunakan untuk mengobati sakit kepala. Minyak ini berasal dari Tanacetum parthenium, semak dengan bunga putih dan kuning menyerupai bunga aster.

Telah banyak diteliti bahwa Feverfew adalah obat yang efektif untuk sakit kepala migrain. Namun, feverfew juga merupakan pengobatan yang efektif untuk sakit kepala cluster, sakit kepala hormonal (premenstrual dan menstruasi) dan varietas lain dari sakit kepala.

5. Minyak Rosemary

Minyak esensial rosemary populer untuk menghilangkan nyeri otot dan sakit kepala. Minyak ini juga terkenal karena dapat meningkatkan sirkulasi darah. Meski belum banyak studi tentang khasiat minyak rosemary dalam mengurangi nyeri pada sakit kepala dan migrain, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa minyak ini adalah kombinasi yang efektif dalam aromaterapi untuk sakit kepala.

Rosemary telah digunakan secara tradisional sebagai obat untuk mengobati sakit kepala karena sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit, menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan di Food Chemistry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *