Penyebab dan Cara Mengatasi Kentut Berbau Busuk

by

Kentut selalu memiliki bau yang khas. Bau kentut ternyata memiliki arti terhadap kesehatan. Jika kentut Anda berbau tajam, mungkin ada masalah dengan jenis makanan yang Anda konsumsi. Di sisi lain, kentut secara tidak langsung merupakan indikator bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam sistem pencernaan Anda.

Rata-rata kebanyakan manusia kentut antara 10 hingga 20 kali dalam sehari, tapi kadang-kadang lebih dari itu, dan ini selalu berkaitan dengan masalah kesehatan Anda. Gas dalam usus terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, hidrogen dan metana.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kentut Berbau Busuk
Gas-gas tersebut umumnya tidak berbau, tetapi gas itu menjadi berbau busuk ketika gas-gas lain, seperti sulfat, bercampur. Jadi, secara ilmiah, alasan utama mengapa kentut memiliki bau yang tidak sedap adalah karena ketika gas-gas tersebut berada dalam usus untuk jangka waktu yang lama, kemudian bakteri berkembang di dalamnya, sehingga menjadikan kentut berbau busuk sulfat.

Alasan kedua yang membuat kentut jadi bau adalah karena Anda mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan sulfur seperti kembang kol, lobak, sayuran berdaun dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan kentut Anda berbau busuk:

Penyebab Kentut Berbau Busuk

  • Karbohidrat yang tidak tercerna dengan baik
Jika kentut Anda berbunyi nyaring dan berbau busuk, itu adalah masalah karbohidrat. Hal ini bisa berarti bahwa Anda mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, tetapi mereka belum dicerna dengan baik.

  • Adanya masalah dalam mencerna protein
Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak, penting untuk minum banyak air. Jadi, ketika kentut Anda tidak bersuara tapi berbau, itu berarti bahwa tubuh Anda bermasalah dalam mencerna protein.

  • Lemak tidak dicerna dengan baik
Jika kentut Anda berbunyi keras, basah, dan berbau busuk, bisa berarti bahwa tubuh Anda tidak dapat mencerna makanan berlemak dengan mudah. Dalam kasus ini, Anda dapat mengonsumsi makanan yang rendah lemak, serta mengonsumsi biji-bijian untuk membuat diri Anda merasa lebih baik.

  • Sering kentut dalam sehari

Jika Anda sering sekali kentut dalam sehari, lebih dari 3 hingga 4 kali sehari, ada kemungkinan Anda makanan yang telah Anda konsumsi adalah jenis makanan yang mengandung gas.

  • Dari manakah gas tersebut berasal? 

Hal yang paling memungkinkan adalah saat udara yang Anda telan, menjadi gas yang merembes ke usus Anda melalui aliran darah. Gas yang dihasilkan oleh reaksi kimia dalam usus tersebut nantinya akan bertemu dengan bakteri dalam usus.

Cara Mencegah Kentut Berbau Busuk

Pertama, cara terbaik untuk mencegah kentut yang bau adalah menghindari makan makanan yang kaya belerang. Sebaliknya, Anda dapat memilih untuk makanan yang kaya akan unsur selain belerang seperti buah-buahan dan sayuran segar (tidak termasuk kubis dan lobak).

Kedua, tingkatkan fungsi pencernaan Anda.Untuk memastikan sistem pencernaan Anda bergerak secara teratur, makan banyak serat alami dan minum banyak air setiap hari adalah salah satu solusi. Selamat mencoba! 


Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • kentut selalu bau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *