10 Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding

by

Rambut lurus, mengkilap dan halus selalu menjadi tren karena selalu pas dan terlihat bagus untuk semua bentuk wajah. Rambut lurus juga mudah ditata dalam berbagai model, dan cocok untuk segala jenis acara dan kegiatan.

Orang yang tidak punya rambut lurus alami biasanya mengunakan treatment kimia untuk membuat rambut mereka menjadi lurus. Banyak salon kecantikan menawarkan layanan meluruskan rambut atau rebonding secara instan.

10 Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding
Namun, cara tersebut tidak permanen. Setahun setelah treatment, kondisi rambut biasanya kembali ke bentuk normal. Selain itu, efek samping dari bahan kimia dan alat-alat pemanas yang digunakan selama perawatan juga berdampak buruk terhadap kesehatan rambut Anda.

Hal ini dapat mencakup rambut kering, alergi pada kulit kepala dan rambut rontok. Jika Anda ingin memiliki rambut lurus tanpa merusak kilaunya, Anda dapat mencoba beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah.

Ada beberapa bahan di dapur yang dapat membantu meluruskan rambut Anda secara alami. Berikut 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat rambut lurus secara permanen.

10 Bahan Alami Meluruskan Rambut Secara Permanen

1. Perawatan minyak hangat

Perawatan minyak hangat secara teratur adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjaga rambut Anda halus dan terhidrasi dengan baik. Panas dan saturasi dari minyak hangat akan mengendurkan gelombang ringan dan pola keriting rambut Anda. Untuk pengobatan minyak panas, pilihan jenis minyak terbaik, diantaranya minyak kelapa, zaitun, almond atau minyak wijen.

2. Santan

Perasan kelapa atau santan diyakini dapat membantu meluruskan rambut. Mengandung pelembab alami, santan juga berkhasiat membuat rambut Anda bersinar indah dan berkilau. Selain itu, ia memiliki semua manfaat yakni antibakteri, antijamur dan antivirus untuk menjaga kulit kepala Anda terhindar dari infeksi.

3. Susu

Susu dikenal memiliki sifat pelembab yang dapat membantu meluruskan rambut. Juga, protein dalam susu membentengi poros rambut, membuat mereka halus dan menghilangkan rambut kusut.

4. Telur dan minyak zaitun

Telur memainkan peran penting dalam membuat rambut Anda lebih kuat dan berkilau. Sementara itu minyak zaitun membantu menjaga rambut Anda dengan baik dengan berfungsi sebagai pelembab. Bahan-bahan ini, ketika dicampur, membantu meluruskan rambut Anda secara alami.

5. Multani mitti 

Multani mitti dapat membantu meluruskan rambut Anda secara alami. Bahan ini bahkan bisa membantu meluruskan rambut keriting. Selain itu, multani mitti menjadi agen pembersih ringan, dan tidak akan merusak rambut Anda.

6. Aloe vera

Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang mempromosikan pertumbuhan rambut sehat dan membuat rambut Anda halus dan lembut. Juga, gel lidah buaya dengan mudah menembus ke dalam helai rambut dan membuat mereka dengan baik terlembabkan. Karena properti pelembab ini, dapat meluruskan rambut Anda secara alami.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan yang bagus untuk meluruskan rambut Anda. Bahan ini mengembalikan tingkat pH alami rambut Anda dan mempromosikan pertumbuhan rambut sehat dan kulit kepala bebas infeksi.

8. Bir

Bir kaya protein dan vitamin yang membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Plus, alkohol dalam bir bertindak sebagai pembersihan dan agen yang membuat rambut berkilau, dan memiliki efek pelunakan pada rambut Anda.

9. Minyak jarak

Minyak jarak adalah obat yang populer untuk membuat rambut Anda lurus. Bahan ini membantu menjaga kondisi rambut Anda tetap sehat dan membantu rambut Anda tetap terhidrasi. Selain itu, mencegah frizzing serta infeksi di kulit kepala.

10. Daun seledri

Daun seledri dapat membantu meluruskan rambut secara alami dan juga merangsang pertumbuhan rambut. Tumbuk daun seledri sampai halus. Lalu gunakan sebagai masker rambut. Tunggu sampai 30 menit dan bilas dengan shampoo.

Untuk mendapatkan hasil permanen dan optimal, pastikan Anda menerapkannya secara teratur sampai kondisi rambut benar-benar lurus. Selamat mencoba! 

Artikel menarik lainnya:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *