10 Cara Alami Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

by

Pada dasarnya, tidak ada jalan pintas untuk menumbuhkan rambut lebat dan panjang. Rata-rata, rambut tumbuh sekitar setengah inci per bulan. Kesehatan tubuh, faktor psikologis, dan faktor genetik mempengaruhi tingkat pertumbuhan rambut Anda.

10 Cara Alami Memanjangkan Rambut Dengan Cepat
Namun sebenarnya, Anda dapat memacu pertumbuhan rambut dengan menjaga rambut tetap sehat melalui pola makan yang baik dan perawatan rambut yang tepat. Ramuan tumbuh-tumbuhan tertentu dapat membantu membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dari biasanya.

Tak dapat dipungkiri, rambut panjang yang indah dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Akan tetapi jika Anda tak rajin merawatnya, rambut Anda pun akan jauh dari kata sehat, dan pertumbuhannya pun bisa saja terhambat.

Kering, bercabang, dan kusam adalah gejala lain yang akan mengikuti kondisi buruk rambut Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah 10 cara alami membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat, yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang kaya vitamin dan mineral, serta protein penting merupakan prasyarat penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Pilihlah makanan tinggi vitamin A, B, C, dan E, zat besi, zinc, tembaga, magnesium, dan selenium. Vitamin B-kompleks, khususnya, sangat penting untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

2. Gunakan minyak jarak

Kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial, terutama omega-9 asam lemak, minyak jarak mempromosikan pertumbuhan rambut alami. Minyak ini cukup kental, campurkan minyak jarak dengan jumlah yang sama dari kelapa, zaitun, atau minyak almond. Pijat kulit kepala Anda dengan minyak tersebut dan biarkan selama 30 sampai 45 menit. Lalu keramas.

3. Pijat kulit kepala

Memijat mempromosikan aliran darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya merangsang folikel rambut. Selain itu, pijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sebelumnya sudah dihangatkan atau dengan menggunakan masker rambut.

4. Balikkan rambut

Ini adalah salah satu trik yang paling populer untuk mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat. Buat rambut Anda terbalik dengan membalik kepala Anda kurang lebih selama dua sampai empat menit setiap hari. Hal ini diyakini membantu mempercepat tumbuhnya rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah di kepala.

5. Hindari stres

Stres adalah salah satu faktor paling penting yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Hal ini diyakini bahwa stres dapat mengganggu siklus rambut normal dan memicu rambut untuk rusak dan pertumbuhannya terhambat.

6. Gunakan masker telur

Telur sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut lebih cepat karena mereka dikemas dengan protein dan juga mengandung zat besi, belerang, fosfor, zinc, dan selenium. Anda dapat menggunakan masker rambut telur setidaknya sebulan sekali.

7. Keramas dengan ramuan herbal

Herbal seperti rosemary, catnip, jelatang, burdock, dan ekor kuda, mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat. Rosemary, khususnya, sangat baik untuk pertumbuhan rambut karena merangsang folikel rambut. Ia juga menambahkan kilau untuk rambut Anda.

8. Vitamin dan suplemen herbal

Selain makan makanan yang tepat, Anda dapat mengonsumsi suplemen seperti asam folat, biotin, rumput laut, minyak ikan, minyak biji rami, minyak primrose, ginseng, ginkgo biloba, palmetto, dan lain-lain untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

9. Masker lidah buaya

Aloe vera mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Bahan alami ini juga mengurangi ketombe dan membantu mengembalikan kilau alami rambut Anda.

10. Riwayat masalah medis

Upaya Anda untuk meningkatkan pertumbuhan rambut tidak akan menuai hasil yang baik jika Anda memiliki masalah mendasar seperti gangguan tiroid, ketidakseimbangan hormon, penyakit kronis, atau infeksi yang parah.

Obat-obat tertentu seperti pil KB, beta-blocker, steroid anabolik, antidepresan, antikonvulsan, dan lain-lain juga dapat menyebabkan masalah seperti penipisan rambut dan rambut rontok.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah memanjangkan rambut secara alami. Baca juga artikel menarik lainnya seputar perawatan rambut berikut:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *