10 Cara Alami Mengatasi Hidung Meler Pada Anak

by

Pilek adalah gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak. Hal ini terjadi ketika rongga hidung terisi dengan sejumlah besar cairan lendir. Warna lendir dapat bervariasi dari putih atau kuning ke hijau. Seringkali, itu adalah gejala dari flu biasa. Pada anak-anak, hidung meler bisa terjadi karena menangis atau paparan suhu dingin dan iritasi.

10 Cara Alami Mengatasi Hidung Meler Pada Anak
Pilek dapat menyebabkan iritabilitas, demam, batuk, sakit tenggorokan, bersin, sakit perut, gangguan tidur dan gangguan nafsu makan. Ketika mengobati pilek pada anak-anak, orang tua perlu memiliki kesabaran. 
Baca juga: Cara Ampuh Menyembuhkan Flu Tanpa Obat

Namun, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumah untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mempromosikan pemulihan lebih cepat. Berikut 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hidung meler pada anak Anda.

1. Bilas dengan larutan saline atau garam

Untuk orang dewasa dan anak-anak, bilas dengan larutan garam adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengatasi pilek. Membilas dengan larutan garam membantu membuang lendir di hidung. Bahkan, cara ini juga membersihkan saluran hidung dari iritasi dan membantu anak Anda kembali bisa bernapas melalui hidung.

2. Menghirup uap

Menghirup uap membantu meringankan ketidaknyamanan hidung meler. Itu membersihkan lendir berlebih yang menyebabkan bersin. Ini juga akan membantu anak Anda tidur lebih nyenyak, dan penting untuk pemulihan lebih cepat.

3. Minyak kayu putih

Eucalyptus juga dapat membantu mengurangi hidung meler dan gejala yang berhubungan dengan pilek pada anak-anak. Minyak kayu putih bekerja sebagai dekongestan, yang membuatnya lebih mudah bagi anak Anda untuk menyingkirkan lendir.

4. Basil atau kemangi

Obat herbal lain yang baik untuk pilek anak adalah kemangi. Kemangi memiliki antibakteri, antijamur dan antivirus yang membantu melawan penyebab pilek.

5. Madu

Madu adalah obat lain yang efektif untuk pilek pada anak yang berusia 2 tahun atau lebih tua. Untuk anak-anak kecil, madu tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan bakteri yang menyebabkan botulism.

Sifat menenangkan, antibakteri dan antivirus madu membantu mengurangi berbagai gejala hidung meler. Ini bahkan membantu mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

6. Chamomile

Untuk bayi yang berusia minimal 1 tahun, ramuan chamomile dapat meringankan gejala dan ketidaknyamanan hidung meler. Ramuan ini merupakan pendorong kekebalan. Hal ini juga mengurangi bersin karena sifat antihistamin yang sangat baik.

7. Sup ayam

Untuk anak-anak yang berusia 1 tahun, sup ayam akan membantu mengurangi ketidaknyamanan hidung meler. Sup ayam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan bahkan mencegah infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.

8. Spons mandi khusus anak

Jika anak Anda memiliki suhu rendah dengan hidung meler, berikan dia mandi air dingin dengan spons mandi air dingin untuk membantu mengatur suhu tubuh. Spons mandi juga akan membantu merilekskan anak Anda dan membuat dia tidur lebih baik, yang penting untuk pemulihan lebih cepat.

9. Banyak minum air

Berikan banyak bayi cairan untuk mencegah dehidrasi. Hal ini sangat penting untuk menjaga bayi Anda terhidrasi untuk mempromosikan drainase sekresi hidung dan menenangkan rongga hidung.

10. Humidifier ruangan

Anda harus menggunakan humidifier di kamar tidur anak Anda untuk menambah kelembaban udara. Hal ini akan membantu melonggarkan lendir untuk memungkinkan drainase.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • obat tradisional mengatasi hidung meler pada bayi
  • Hidung meler pada
  • Obat pilek meler anak alami
  • mngatasi anak meler terus
  • cara alami mengatasi hidung meler pada bayi
  • Hidung berair
  • Foto anak kecil hidungnya meler
  • Cara hilangkan anak meler
  • cara alami mengobati demam meler
  • obat untuk anak meler terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *