10 Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

by

Bagi setiap wanita yang telah mengalami pubertas, menstruasi atau haid menjadi bagian rutin dari kehidupan. Tergantung pada beberapa faktor, menstruasi dapat berlangsung dari tiga sampai tujuh hari.

Menstruasi adalah proses tubuh yakni meluruhnya lapisan rahim. Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan meninggalkan tubuh melalui vagina. Hal ini terjadi setiap bulan ketika wanita tidak hamil.

10 Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Saat Haid
Memiliki siklus menstruasi yang teratur merupakan tanda bahwa bagian penting dari sistem reproduksi wanita bekerja secara normal. Selama menstruasi, bagaimanapun, perempuan harus berurusan dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Tapi, dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang sederhana, Anda dapat mengurangi masalah-masalah masa umum saat haid. Berikut adalah 10 cara alami mengurangi sakit perut saat menstruasi yang dapat Anda coba di rumah.

10 Cara Alami Mengurangi Nyeri Haid

1. Botol yang diisi air panas

Dengan menempelkan botol yang diisi air panas ke daerah perut, Anda dapat mendorong cairan menstruasi dalam rahim untuk bergerak keluar dari tubuh Anda dengan mudah. Cara ini juga membantu menyingkirkan rasa sakit, seperti kram dengan relaksasi otot-otot kontraktor di dalam rahim.

2. Mandi air hangat

Mandi air panas atau mandi air hangat dapat membantu untuk menghadapi ketidaknyamanan yang datang bersama dengan menstuasi. Ketika Anda mandi air panas atau mandi air hangat, suhu tubuh Anda meningkat. Hal ini mendorong pelebaran dan meningkatkan aliran darah ke rahim. Bahkan melemaskan otot-otot perut Anda dan meredakan rasa sakit Anda.

3. Pijat perut

Memijat daerah perut Anda juga dapat mengurangi rasa nyeri terkait dengan siklus haid Anda dengan cara melancarkan aliran darah. Pijat bahkan membantu mengurangi rasa tidak nyaman karena kram dan kembung.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah pilihan lain yang populer, yang dapat mengurangi sakit tak tertahankan saat Anda menstruasi. Tonik dalam cuka sari apel membantu racun keluar dari tubuh Anda dan mengurangi perdarahan berat. Bahan ini bahkan bisa membantu mengobati gejala haid seperti kram dan mudah tersinggung.
Sirup gula merupakan sumber yang baik dari beberapa nutrisi seperti vitamin B6, zat besi, kalsium, magnesium, potasium, dan selenium. Plus, membantu menambah kandungan besi dalam produksi sel darah merah untuk mengganti hilangnya darah selama menstruasi. Bahkan sirup gula mampu menenangkan otot-otot dinding rahim untuk mencegah kram dan nyeri perut.

6. Makanan kaya vitamin C

Vitamin C membantu mengurangi jumlah progesteron di dalam rahim, memungkinkan lapisan rahim untuk memecah lebih cepat. Hal ini pada gilirannya akan memfasilitasi penghapusan racun tanpa rasa sakit.

7. Minum banyak air 

Minum air putih yang cukup penting selama menstruasi. Asupan cairan tinggi membantu cairan berjalan dengan cepat melalui tubuh Anda. Ini juga merupakan obat alami yang baik untuk mengatasi sakit perut, kram dan kembung selama haid.

8. Olahraga

Perempuan harus olahraga setiap hari dan terus bahkan selama mereka menstruasi. Telah ditemukan bahwa wanita yang sehat secara fisik cenderung mengalami haid relatif tanpa rasa sakit.

9. Kunyit

Kunyit sangat membantu bagi mereka yang ingin membuat hari menstruasi mereka seperti hari normal lainnya. Kunyit meningkatkan panas tubuh Anda, yang meningkatkan aliran dan membuat menstruasi Anda berakhir lebih cepat.
Raspberry merah membantu meringankan kram saat menstruasi dan meningkatkan aliran darah untuk membantu mengakhiri periode menstruasi Anda lebih cepat. Tanin di dalamnya memperkuat otot-otot rahim. Buah ini juga tinggi zinc, yang membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi masa sakit.

Nah, itulah beberapa obat dan cara alami menghilangkan sakit perut selama menstruasi. Jika Anda sering mengalami nyeri tak tertahankan selama haid, cobalah salah satu atau beberapa cara di atas. Niscaya siklus haid Anda tak mengganggu aktivitas keseharian. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *