10 Cara Ampuh Mengobati Arthritis di Tangan

by

Arthritis di tangan adalah jenis arthritis yang paling banyak penderitanya. Hal ini terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada tulang rawan yang mendukung struktur tulang. Penyebab arthritis di tangan biasanya karena kita sering melakukan aktivitas menggunakan tangan dan jari-jari.

10 Cara Ampuh Mengobati Arthritis di Tangan
Akibatnya, muncul ketidaknyamanan dan rasa nyeri berkepanjangan di tangan. Jari bengkak, peradangan sendi, kekakuan dan nyeri adalah beberapa gejala arthritis tangan.

Kemajuan di bidang medis telah menghasilkan banyak metode untuk mengatasi berbagai gejala arthritis. Selain pengobatan medis, Anda juga dapat mencoba beberapa solusi alami yang mudah namun sangat efektif untuk mengobati penyakit ini.

Berikut adalah 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengobati arthritis di tangan. Jangan lupa untuk mengonsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan.

1. Es batu

Terapi dingin baik bagi mereka yang menderita arthritis tangan. Anda dapat menggunakan es batu, kantong plastik yang diisi dengan es hancur atau kantong sayuran beku.

Aplikasikan es batu di tangan dan jari-jari yang terkena untuk mengurangi iritasi dan mengurangi rasa sakit. Namun, penting untuk diingat bahwa orang yang berbeda dapat merespons secara berbeda terhadap terapi dingin.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki zat anti-inflamasi dan sifat basa yang membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada tangan yang terkena arthritis. Minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel organik dan madu setiap hari.

3. Jahe

Jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit arthritis dan peradangan. Anda dapat menambahkan ramuan ini dalam makanan Anda dan juga minum teh jahe untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Madu dan kayu manis

Kombinasi madu dan bubuk kayu manis adalah cara alami yang baik untuk mengobati radang sendi di tangan dan membantu mengendurkan otot kaku karena sifat penyembuhan mereka sangat baik. Juga, madu memiliki kualitas antiseptik, sedangkan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik.

5. Garam

Garam baik untuk mengurangi kekakuan, peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan arthritis. Garam kaya akan magnesium yang penting untuk mineralisasi tulang, sabab kebanyakan pasien arthritis memiliki tulang demineral. Selain itu, magnesium membantu penurunan nyeri saraf.

6. Minyak zaitun

Ada hubungan kuat antara minyak zaitun dan peradangan yang disebabkan oleh arthritis. Suatu senyawa khusus yang dikenal dengan nama oleocanthal dalam minyak zaitun membantu mencegah produksi pro-inflamasi COX-1 dan COX-2 enzim. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk tangan dan jari.

7. Kunyit

Karena antioksidan dan sifat anti-inflamasinya, kunyit merupakan bahan yang populer untuk mengobati arthritis tangan. Kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

8. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan yang efektif untuk mengobati arthritis di tangan. Ia memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan arthritis.

Bawang putih mengandung belerang yang meredakan nyeri sendi dan peradangan. Dan juga, selenium dalam bawang putih memiliki efek antirematik.

9. Biji fenugreek

Penelitian menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi dan antioksidan fenugreek, juga dikenal sebagai methi, dapat membantu mengobati peradangan terkait dengan arthritis.

10. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki kekuatan obat dan kuratif yang kuat. Komponen dikenal sebagai asam risinoleat dalam minyak jarak memiliki analgesik dan zat anti-inflamasi yang banyak untuk membantu mengurangi rasa sakit arthritis.
Simak juga: Punya Nyeri Sendi? Hindari 10 Makanan Ini

Nah, itu tadi beberapa bahan alami untuk mengobati nyeri di tangan karena arthritis. Pijat daerah tangan yang sakit dengan bahan di atas. Niscaya nyeri tangan yang Anda derita berangsur-angsur pulih. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *