10 Cara Ampuh Mengobati Varises Secara Alami

by

Varises adalah kondisi dimana terdapat pembuluh yang muncul seperti garis-garis merah atau biru tipis pada permukaan kulit atau selaput lendir dan terlihat seperti jaring laba-laba atau cabang pohon. Masalah ini kebanyakan mempengaruhi kaki, tangan dan wajah, terutama di sekitar hidung, pipi dan dagu.

Beberapa faktor yang menyebabkan varises yaitu sirkulasi darah yang buruk, usia, keturunan, riwayat pembekuan darah, mengonsumsi pil KB, perubahan hormonal di dalam tubuh, berdiri atau duduk untuk jangka waktu yang lama, mengenakan pakaian yang terlalu ketat, obesitas, sembelit dan paparan bahaya ultraviolet (UV) sinar matahari.
10 Cara Ampuh Mengobati Varises Secara Alami
Meskipun biasanya tidak berbahaya, varises kadang-kadang dapat menyebabkan gejala seperti pembengkakan, nyeri, berdenyut, ruam dan gatal-gatal di sekitar vena serta kaki berkeringat terus menerus.
Banyak orang memilih untuk operasi, tapi dengan beberapa perubahan gaya hidup yang sederhana dan solusi alami, Anda sebenarnya dapat dengan mudah mengurangi munculnya varises, dan memperbaiki gejala, mendukung sirkulasi yang baik dan mencegah terulangnya kondisi tersebut. Berikut adalah 10 bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan varises.

10 Obat Alami Menghilangkan Varises

1. Jahe

Jahe membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menjadi salah satu pengobatan yang efektif untuk varises. Jahe juga membantu memecah fibrin, protein darah yang terbentuk di daerah di mana pembuluh darah Anda terluka. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Sciences menegaskan fibrinolitik dalam jahe dapat membantu mengurangi masalah varises.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah pengobatan alami lain untuk varises. Hal ini meningkatkan aliran darah dan sirkulasi, yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

3. Tanaman berangan kuda

Tanaman berangan kuda membantu memperkuat pembuluh darah dan dengan demikian sangat efektif dalam mengurangi ketidaknyamanan varises dan masalah vena lainnya. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-pembengkakan.

Sebuah studi tahun 2006 mencatat bahwa ekstrak berangan kuda menawarkan alternatif yang nyata dalam pengobatan pasien dengan ringan sampai sedang insufisiensi vena.

4. Pijat

Pijat ringan dari daerah yang terkena adalah cara lain yang mudah dan sederhana untuk meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu menyingkirkan varises. Hal ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Untuk pijat, dianjurkan untuk menggunakan olive oil atau minyak kelapa karena antioksidan dan anti-inflamasi. Plus, minyak ini dengan cepat menembus jauh ke dalam kulit.

5. Latihan

Sirkulasi darah yang buruk merupakan salah satu penyebab utama varises, terutama pada kaki. Latihan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, memperkuat tubuh dan meningkatkan kekuatan pembuluh darah.

Berjalan selama 30 menit atau lebih, setidaknya 5 kali seminggu. Juga, bangun dan berjalan-jalan setiap 2 sampai 3 jam selama 10 menit sangat membantu untuk meringankan varises. 

Baca juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Eksim

6. Tempatkan bantal di atas kaki

Jika Anda memiliki varises di tangan dan kaki, meletakkan tangan dan kaki di ketinggian adalah pilihan yang baik untuk meringankan tekanan pada vena. Untuk varises di kaki, tempatkan bantal di bawah kaki Anda saat Anda tidur telentang.

Juga, jaga kaki di ketinggian selama 15 menit pada suatu waktu, beberapa kali sehari. Untuk varises di tangan, angkat tangan dengan tempatkan mereka pada beberapa bantal yang ditumpuk selama 15 menit, 4 atau 5 kali sehari.

7. Stoking kompresi

Stoking kompresi sangat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang berhubungan dengan gangguan pembuluh darah ini. Namun, stoking kompresi hanya efektif untuk varises di kaki.

8. Witch hazel

Witch hazel adalah ramuan lain yang efektif membantu mengurangi gejala varises. Tanin dan senyawa volatil di dalamnya membantu memperkuat pembuluh darah, yang pada gilirannya mengurangi munculnya menggembungnya vena.

9. Arnica

Arnica, ramuan yang sangat populer digunakan dalam pengobatan homeopati, sangat membantu untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari varises. Tanaman ini mengandung beberapa senyawa yang membantu mengurangi peradangan, nyeri dan pembengkakan.

10. Cabe rawit

Cabe rawit juga membantu mengurangi varises dan masalah lainnya terkait dengan sirkulasi yang buruk. Capsaicin, senyawa dalam cabai rawit meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan rasa sakit dan sesak karena pembuluh darah yang membengkak.

Itu tadi beberapa bahan alami untuk mengobati varises. Dengan menerapkan obat secara rutin, niscaya varises Anda agar cepat hilang. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • jahe obat varises
  • obat varises dengan jahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *