10 Kebiasaan Ini Menyebabkan Kulit Keriput di Usia Muda

by

Keriput adalah bagian dari penuaan. Namun, tak jarang bila beberapa orang mulai keriput pada usia yang jauh lebih muda. Keriput adalah lipatan di kulit yang mudah terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, tangan dan lengan. Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama keriput, terutama bagi orang-orang berkulit putih.

10 Kebiasaan Ini Menyebabkan Kulit Keriput di Usia Muda
Faktor lain yang menyebabkan keriput termasuk polutan, merokok berlebihan atau minum minuman beralkohol berlebihan, dehidrasi, dan beberapa obat-obatan serta terapi. Banyak kebiasaan dan perilaku buruk juga berkontribusi untuk munculnya keriput dini
Baca juga: Daftar Makanan Sehat Pencegah Penuaan Dini

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah keriput adalah dengan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut 10 kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit Anda keriput meski usia Anda masih muda.

10 Penyebab Kulit Keriput & Terlihat Tua di Usia Muda

1. Kurangnya kualitas tidur

Tidur adalah rutinitas penting untuk memelihara kesehatan kulit Anda. Mendapatkan tidur setidaknya 6-7 jam yang berkualitas setiap hari akan membantu Anda terlihat segar dan awet muda. Namun, ketika Anda mulai keriput meski usia Anda masih muda, mungkin ada yang salah dengan pola tidur Anda.

2. Ekspresi wajah yang berulang

Ekspresi wajah memang diperlukan dalam berkomunikasi. Namun mengulangi ekspresi yang sama dapat menjadi penyebab tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Membuat ekspresi tertentu secara berulang kali akan membuat otot wajah kehilangan fleksibilitas. Pada akhirnya lama kelamaan akan muncul garis yang lebih menonjol pada kulit.

3. Minum minuman beralkohol

Minum terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tremasuk kulit Anda. Alkohol mempercepat proses penuaan karena menghabiskan tingkat vitamin A dalam tubuh, yakni antioksidan kuat yang membantu memproduksi kolagen. Kurangnya kolagen berkontribusi terhadap penuaan dini.

4. Merokok

Merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung, infertilitas, tekanan darah tinggi dan banyak lagi. Merokok biasa memperparah kondisi kulit seperti psoriasis, warna kulit tidak merata, dan kulit kendor. Selain itu, merokok membuat otot-otot sekitar mulut Anda bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan keriput.

5. Paparan sinar matahari

Paparan berbahaya ultraviolet (UV) sinar matahari adalah salah satu penyebab utama dari tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Selain itu, meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk melanoma yang mengancam jiwa.

Untuk mencegah keriput, jangan pernah melewatkan menggunakan tabir surya. Bahkan beberapa menit saja paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kolagen, yang nantinya menyebabkan keriput.

6. Tidur dengan makeup

Karena kesibukan dan terlalu lelah, kebanyakan wanita lupa untuk menghapus makeup mereka sebelum tidur. Namun, Anda harus menghindari kebiasaan buruk ini sebelum tidur agar terhindar dari pada penyebab kerusakan yang signifikan pada kulit Anda dan mempercepat proses penuaan.

7. Pengelupasan kulit

Pengelupasan baik untuk menghilangkan kotoran, kelebihan minyak dan sel kulit mati. Namun, pengelupasan yang berlebihan dapat membuat kulit Anda terhindar dari minyak alami, membuat kulit Anda merah dan menyebabkan iritasi kulit, dan kemudian memunculkan keriput.

8. Mandi air panas

Panas dapat menyebabkan banyak masalah kulit, termasuk keriput. Air panas yang menyentuh kulit akan menghilangkan minyak alami yang bekerja sebagai pelindung. Tanpa perlindungan alami ini, kulit menjadi lebih rentan terhadap penuaan dini.

9. Mengabaikan daerah mata

Keriput di sekitar mata Anda cenderung membuat Anda terlihat lebih tua. Hal ini terjadi terutama karena kulit di sekitar mata lebih tipis dan mudah rusak oleh paparan UV, iritasi dan faktor lingkungan lainnya.

Untuk mencegah kerutan di sekitar mata, hindari menggosok mata Anda dengan jari-jari Anda, yang dapat menyebabkan keriput terbentuk dan menjadi permanen dari waktu ke waktu.

10. Mengabaikan telinga, leher dan tangan

Untuk menjaga penampilan tetap muda saat usia bertambah, berikan perhatian khusus untuk leher Anda, telinga dan tangan. Gosok leher, telinga dan tangan secara menyeluruh setidaknya sekali atau dua kali seminggu. Gunakan pelembab setiap hari untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dan melembutkan kerutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *