10 Makanan Berbahaya Penyebab Batu Ginjal

by

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya dan umumnya sering diderita kaum pria daripada wanita. Benjolan batu dapat berkembang pada salah satu atau kedua ginjal dan dapat menyebabkan rasa sakit tak tertahankan.

10 Makanan Berbahaya Penyebab Batu Ginjal
Batu ginjal berkembang ketika berbagai jenis bahan kimia terdapat dalam urin, seperti asam urat, fosfor, kalsium dan asam oksalat, dan yang membentuk batuan kristal. Batu-batu kecil tersebut cenderung tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dengan mudah.

Gejala lain dari batu ginjal diantaranya sering buang air kecil, kurang buang air kecil pada suatu waktu, nyeri saat buang air kecil, adanya darah dalam urin, urin berbau busuk, mual, muntah, menggigil, demam dan gelisah. 


Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal yakni termasuk riwayat keluarga, dehidrasi, penyakit pencernaan, infeksi saluran kemih, kelebihan berat badan dan makan diet tinggi protein, natrium dan gula. Berikut 10 makanan bahaya yang memicu terjadinya batu ginjal.

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal

1. Makanan kaya oksalat

Batu ginjal terbentuk karena penumpukan kalsium oksalat. Jadi Anda sering mengonsumsi makanan kaya oksalat dalam jumlah tinggi, risiko terkena batu ginjal juga akan tinggi. Oksalat ditemukan dalam air seni yang tergabung dengan kalsium yang selanjutnya membentuk batu ginjal.

2. Sarden

Seseorang berisiko lebih tinggi terkena batu asam urat atau batu ginjal apabila terlalu sering makan makanan yang tinggi purin, seperti ikan sarden. Asupan tinggi purin meningkatkan jumlah asam urat dalam urin dan dapat menyebabkan batu ginjal.

Simak juga: Cara Alami Menjaga Kesehatan Ginjal

3. Daging merah

Makan terlalu banyak daging merah, yang tinggi protein, dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Daging merah tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal. Ginjal membantu memetabolisme dan mengeluarkan nitrogen oleh produk dari pencernaan protein. Jadi, makan diet tinggi protein meningkatkan beban metabolisme pada ginjal.

4. Minuman berkarbonasi

Teratur minum minuman berkarbonasi, seperti soda (dengan atau tanpa pemanis buatan), minuman energi dan jus kemasan tertentu, juga meningkatkan risiko mengembangkan batu ginjal serta penyakit ginjal lainnya.

Sebuah studi tahun 2007 mencatat bahwa minuman cola mengandung asam fosfat yang menyebabkan perubahan kemih dan mempromosikan batu ginjal. Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

5. Kedelai non-fermentasi

Kedelai dan makanan berbasis kedelai yang dimodifikasi secara genetik berbahaya bagi tubuh dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal Anda. Mereka mengandung kadar tinggi oksalat, yang mengikat dengan kalsium dalam ginjal untuk membentuk batu ginjal.

6. Produk tepung putih

Karbohidrat olahan (seperti gula halus, nasi putih, tepung halus dan sebagainya) membuat tubuh menghasilkan tingkat tinggi insulin, yang menyebabkan kalsium dari tulang untuk berakhir di saluran kemih. Ini memicu pembentukan batu ginjal kalsium oksalat. Sebaliknya, karbohidrat kompleks memakan waktu lebih lama untuk dicerna dan menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah dan insulin.

7. Kafein yang berlebihan

Terlalu banyak kafein, baik dari makanan atau minuman, dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin Anda, yang pada gilirannya dapat memicu batu ginjal. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Urology, efek kafein akut pada komposisi urin menerangkan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium oksalat.

8. Pemanis buatan

Banyak dari kita menggunakan pemanis buatan bukan gula dalam kopi atau teh untuk membatasi asupan kalori. Padahal, pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal jika dikonsumsi secara terus menerus.

9. Minuman beralkohol 

Minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan untuk ginjal serta hati Anda. Alkohol bertindak sebagai diuretik, yang dapat menyebabkan produksi urin lebih banyak dan meningkatkan risiko dehidrasi. Pada akhirnya, jika Anda sering mengalami dehidrasi, fungsi ginjal Anda juga terganggu.

10. Garam meja

Asupan berlebihan dari garam meja, yang mengandung natrium klorida, dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal. Asupan sodium yang tinggi mendorong retensi air dan ginjal tidak mampu membuang kelebihan natrium dari tubuh Anda. Bahkan meningkatkan kadar kalsium dan mengurangi sitrat (inhibitor batu) dalam urin.

Nah, itu tadi beberapa makanan pemicu penyakit ginjal. Untuk menghindari terkena penyakit ini, sebaiknya batasi asupan makanan di atas. Cukup memenuhi asupan nutrisi harian Anda dan tidak dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu panjang. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *