10 Makanan Ini Baik untuk Penderita Asam Urat

by

Tingginya kadar asam urat dalam darah, juga disebut hyperuricemia, yakni peningkatan produksi asam urat dalam tubuh atau penurunan ekskresi melalui ginjal. Hal ini dapat menyebabkan masalah lebih lanjut seperti arthritis (adanya asam urat di sendi, biasanya di jempol kaki), batu ginjal dan gagal ginjal.

10 Makanan Ini Baik untuk Penderita Asam Urat
Penelitian terbaru juga telah mengaitkan tingginya kadar asam urat dengan darah tinggi, hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Faktor-faktor yang dapat berkontribusi ke tingginya kadar asam urat termasuk diet tinggi purin (purin dipecah menjadi asam urat), konsumsi alkohol berlebih, insufisiensi ginjal, obesitas, tiroid kurang aktif, genetika, endokrin atau kondisi metabolik seperti diabetes atau asidosis, dan penyakit tertentu lainnya.

Kanker tertentu, agen kemoterapi dan obat-obat lain, seperti diuretik, juga dapat berkontribusi dalam memicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Ada beberapa tips dan pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi dan mengontrol kadar asam urat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut adalah 10 makanan sehat untuk mengontrol kadar asam urat.

10 Cara Mencegah Asam Urat dengan Makanan

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel menjadi pembersih alami racun. Cuka sari apel dapat membantu menghilangkan limbah seperti asam urat dari tubuh. Mengandung asam malat yang membantu memecah dan menghilangkan asam urat. Cuka sari apel juga membantu mengembalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh dan memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan.

2. Jus lemon

Walaupun mungkin terdengar jus lemon akan membuat tubuh lebih asam, dalam kenyataannya, itu menghasilkan efek alkali dan membantu menetralisir asam urat. Kandungan vitamin C-nya juga membantu mengontrol kadar asam urat yang lebih rendah.

3. Ceri

Ceri dan berry mengandung bahan kimia yang membantu mengurangi kadar asam urat. Buah ini mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang membantu mengontrol tingkat asam urat ke tingkat yang lebih rendah dan mengurangi peradangan dan kekakuan.

4. Baking soda

Juga disebut soda bikarbonat, sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit asam urat. Ini membantu menjaga keseimbangan basa alami dalam tubuh dan membuat asam urat lebih mudah larut dan lebih mudah untuk membuangnya keluar dari ginjal.

5. Minyak zaitun

Kebanyakan minyak nabati berubah menjadi lemak bila dipanaskan atau diolah. Lemak menghancurkan vitamin E dalam tubuh, yang penting untuk mengendalikan kadar asam urat.

6. Air

Minum banyak air membantu mengoptimalkan penyaringan asam urat. Air membantu mencairkan asam urat dan merangsang ginjal untuk menghilangkan jumlah asam urat berlebih dari tubuh melalui urin.

7. Menghindari purin

Purin adalah senyawa yang mengandung nitrogen yang terurai menjadi asam urat, sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Mereka sebagian besar ditemukan dalam protein hewani. Menghindari protein hewani seperti daging, jeroan, ikan dan unggas baik untuk mengontrol kadar asam urat.

8. Makanan tinggi serat dan kaya karbohidrat

Makanan tinggi serat membantu menurunkan kadar asam urat dengan menyerap dan kemudian menghilangkan dari tubuh. Anda juga bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat karena mengandung hanya sejumlah kecil purin.

9. Susu

Susu rendah lemak dan produk susu telah dikaitkan dengan konsentrasi asam urat plasma yang lebih rendah dan mengurangi risiko terkena asam urat. Susu skim, misalnya, mengandung asam orotic yang menurunkan penyerapan kembali asam urat dan mempromosikan pembuangan asam urat melalui ginjal.

10. Gandum

Gandum membantu memulihkan alkalinitas dalam darah. Gandum kaya akan vitamin C, klorofil dan fitokimia yang mempromosikan detoksifikasi. Gandum juga merupakan sumber yang baik dari protein dan asam amino sebagai alternatif untuk protein hewani.

Nah, itu tadi daftar makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Baca artikel menarik lainnya seputar asam urat berikut ini:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *