10 Makanan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

by

Makanan bergizi dan seimbang adalah salah satu hal yang paling penting bagi seorang anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Anak-anak memiliki energi dan kebutuhan nutrisi yang berbeda dari orang dewasa. Selama tahap pertumbuhan, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral khusus untuk pengembangan yang tepat.

Gaya hidup sibuk membuat sulit bagi banyak orangtua untuk menemukan waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Padahal, makanan cepat saji dan junkfood tidak menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan anak-anak. Sebaliknya, makanan seperti itu mengandung lemak dan gula tinggi yang memicu masalah kegemukan di kalangan anak-anak.

Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak, setidaknya pastikan anak Anda tidak makan makanan tidak sehat dan pastikan untuk menyertakan beberapa makanan bergizi dalam asupan mereka. Berikut adalah 10 makanan dengan gizi tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak.

10 Sumber Makanan Terbaik untuk Anak

1. Susu

Susu sangat baik untuk anak-anak. Kalsium dan fosfor, dua mineral penting dalam susu, yang diperlukan untuk perkembangan tulang yang sehat, gigi dan kuku. Susu juga diperkaya dengan vitamin D, nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang.

Susu mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk pertumbuhan seperti protein, zink dan vitamin A, B2 (riboflavin) dan B12. Susu juga menyediakan yodium, niacin dan vitamin B6.

2. Telur

Telur adalah makanan pentik untuk anak-anak tumbuh, terutama karena kandungan protein yang tinggi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak. Telur juga kaya akan vitamin B yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan fungsinya. Plus, telur memiliki asam lemak omega-3, vitamin D, asam folat, zink, besi dan selenium.

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sumber nabati terbaik dari kalsium, nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak karena membantu menjaga penglihatan dan menangkal kerusakan sel. Sayuran sehat ini juga sarat dengan serat, yang sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Nutrisi penting lainnya dalam brokoli adalah besi, magnesium, fosfor, kalium, zink dan asam folat. Brokoli juga merupakan sumber vitamin B, yang penting untuk pencernaan dan meningkatkan fungsi sistem saraf.

4. Blueberry

Blueberry lezat dan super sehat bagi pertumbuhan anak. Berry kecil ini memiliki nilai gizi yang sangat baik. Blueberry adalah salah satu makanan yang kaya antioksidan terbaik yang membantu melindungi tubuh dari racun berbahaya.

Selain itu, blueberry memiliki zat anti-diare, antivirus dan antibakteri. Tingginya jumlah mangan dalam blueberry menjaga tulang yang kuat, dan tinggi kandungan vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh. Plus, blueberry memiliki vitamin, serat, folat, zat besi, magnesium dan vitamin B.

5. Yogurt

Yoghurt sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Bakteri baik yang ada dalam yogurt meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pencernaan. Yogurt juga mengandung kalsium, protein, karbohidrat, vitamin B, zink dan fosfor.

6. Ubi jalar

Ubi jalar sangat kaya beta karoten dan karotenoid lainnya yang penting untuk penglihatan. Juga, mereka adalah sumber yang baik dari vitamin A, C dan E, potassium, folat, kalsium, zat besi dan serat.

7. Oats

Untuk memberikan anak-anak Anda energi yang sangat dibutuhkan, gandum dianggap salah satu yang terbaik sebagai makanan sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oat untuk sarapan dapat berkonsentrasi lebih baik dan lebih memperhatikan di sekolah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

8. Keju

Keju mengandung baik jumlah kalsium, protein, vitamin B12 dan fosfor. Juga, keju menjadi pengganti yang baik untuk daging karena merupakan sumber yang baik dari protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna. Protein membantu membangun, memelihara dan perbaikan jaringan tubuh.
Ikan kaya protein, rendah lemak dan sarat dengan vitamin B dan mineral berharga, dan ikan mudah dicerna oleh anak-anak. Plus, ikan mengandung lemak omega-3 yang meningkatkan perkembangan otak, memperbaiki penglihatan, mencegah depresi dan menjaga kesehatan jantung.

10. Kacang

Kacang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Selain sebagai antioksidan tinggi, kacang juga mengandung jumlah protein yang baik, kalsium, serat, zat besi dan vitamin B.
Nah, itu tadi beberapa daftar bahan makanan sehat yang penting untuk tumbuh kembang buah hati. Pastikan Anda mengolah bahan makanan tersebut menjadi olahan makanan yang unik dan tidak membosankan. Kreasi masakan yang bervariasi akan membuat anak tidak lekas bosan dan mereka pun mendapatkan manfaat gizi dari makanan tersebut. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *