10 Manfaat Tak Terduga Buah dan Biji Nangka

by

Nangka adalah buah terbesar di dunia, dan apabila matang berwarna kuning dan sangat manis. Ada benih dalam setiap buahnya, sebagian besar terdiri dari pati dan protein. Buah ini populer di negara-negara Asia dan sebagian besar tersedia selama musim panas.

Kandungan zat gizinya memberikan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, C dan B6, kalsium, kalium, zat besi, asam folat, thiamin, riboflavin, niacin dan magnesium.

10 Manfaat Tak Terduga Buah dan Biji Nangka
Buah ini juga kaya akan serat dan memiliki sejumlah besar pigmen flavonoid, seperti karoten, xanthin, lutein dan cryptoxanthin. Bijinya oun mudah dicerna, mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Selain itu, bebas gluten dan kasein bebas. Nangka juga merupakan makanan berbasis air besar. Buah ini terdiri dari 80 persen air.

Anda dapat menggunakan buah yang matang untuk membuat selai, jelly, es krim, permen, kue atau dimakan langsung. Bijinya bahkan dapat untuk tambahan yang bagus salad buah, smoothie, atau makanan ringan yang sehat. Anda dapat menggunakan nangka mentah di kari, semur dan masakan sayuran lezat lainnya. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari nangka dan bijinya.

10 Khasiat Biji & Buah Nangka Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan

Menjadi sumber yang sangat baik dari vitamin C (antioksidan), nangka memberikan dorongan untuk kekebalan Anda dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih. Antioksidan ini juga membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, yang membran sel kerusakan dan bahkan DNA.

2. Menjaga kulit tetap sehat

Jika Anda melihat tanda-tanda penuaan pada usia dini, mulai makan nangka untuk mencegah penuaan dini. Properti aktioksidannya mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif yang tinggi dan polusi. Hal ini pada gilirannya memperlambat proses penuaan dan mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus dan kekeringan.

3. Mencegah anemia

Nangka bermanfaat untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Nangka memberikan jumlah yang baik dari besi dan meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan vitamin C yang tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Mineral lain di dalamnya, seperti tembaga dan magnesium, membantu meningkatkan kualitas darah.

4. Meningkatkan tingkat energi

Nangka juga merupakan buah yang menghasilkan energi. Ini berisi gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi instan tubuh Anda tanpa mempengaruhi kadar gula dalam darah secara signifikan. Selain itu, buah ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

5. Meredakan sembelit

Serat dalam nangka membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat membantu melembutkan dan melancarkan proses penceranaan. Ini membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Nangka bahkan baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi. Vitamin C membantu melawan efek berbahaya dari radikal bebas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Menjaga penglihatan tetap sehat

Nangka mengandung vitamin A, nutrisi penting untuk mata. Vitamin ini meningkatkan penglihatan serta membantu mencegah katarak, rabun senja, degenerasi makula dan glaukoma.

8. Memperkuat tulang

Nangka kaya akan magnesium, nutrisi yang membantu dalam penyerapan kalsium. Magnesium dan kalsium bekerja bersama-sama untuk memperkuat tulang dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan tulang, seperti osteoporosis.

9. Menjaga kesehatan tiroid

Tembaga ditemukan di nangka memainkan peran penting dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi hormon dan penyerapan. Nangka juga membantu mengurangi gangguan hipotiroidisme, karena vitamin B yang dikandungnya. Vitamin B penting untuk fungsi tiroid, yang sehat dan dapat membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.

10. Melindungi terhadap kanker

Nangka dapat melawan kanker dan kaya fitonutrien serta antioksidan. Ini dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu, seperti mulut, usus besar dan kanker kulit. Vitamin C membantu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan kanker. Nangka juga mengandung vitamin K, mangan dan serat makanan, yang membantu menurunkan risiko kanker.

Nah, itulah beberapa manfaat tak terduga biji dan buah nangka. Anda bisa mengkreasikan buah ini dalam berbagai jenis olahan, mulai dari es campur sampai sayuran sesuai selera. Selamat mencoba!

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *