10 Manfaat Super Lada Hitam Bagi Kesehatan

by

Lada hitam adalah rempah-rempah pedas dengan manfaat kesehatan yang beragam. Bahkan, rempah ini digunakan secara luas dalam pengobatan di berbagai belahan dunia. Lada hitam memiliki komponen aktif yang disebut piperin yang memberikan lada hitam rasa khas. Plus, mengandung zat besi, kalium, kalsium, magnesium, mangan, zinc, kromium, vitamin A dan C, dan nutrisi lainnya.

10 Manfaat Super Lada Hitam Bagi Kesehatan
Lada hitam biasanya ditambahkan ke masakan yang siap disantap. Selain itu, lada hitam yang baru digiling adalah lada hitam yang memiliki rasa paling kuat dibanding lada lainnya. Lada hitam ini biasanya digunakan untuk melengkapi sup, semur, bumbu-bumbu, dan saus yang dimasak perlahan-lahan. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari lada hitam.

1. Meningkatkan penyerapan gizi

Piperine di lada hitam meningkatkan bioavailabilitas berbagai nutrisi seperti vitamin A dan C, selenium, beta-karoten, dan lain-lain, dengan demikian meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bioavailabilitas mengacu pada jumlah nutrisi atau suplemen yang diserap oleh tubuh. Misalnya, para peneliti telah menemukan bahwa hal itu dapat meningkatkan bioavailabilitas senyawa kurkumin (ditemukan dalam kunyit) sebanyak dua puluh kali. Kurkumin membantu melawan kanker, infeksi, dan peradangan.

2. Meningkatkan pencernaan

Lada hitam merangsang selera dan meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung, yang pada gilirannya membantu pencernaan yang tepat. Menariknya, sebagian besar masalah pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya asam klorida. Dengan meningkatkan pencernaan, lada hitam mengurangi masalah-masalah seperti kolik, kembung, gangguan pencernaan, perut kembung, dan sembelit.

3. Merangsang nafsu makan

Selain menambahkan rasa pada makanan Anda dan mempromosikan pencernaan, lada hitam bekerja sebagai perangsang nafsu makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam membantu meningkatkan nafsu makan melalui stimulasi penciuman. Hal menjadi obat sederhana bagi mereka dengan nafsu makan yang buruk.

4. Menurunkan berat badan

Meskipun merangsang nafsu makan, lada hitam juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Lapisan luar dari lada hitam mengandung fitonutrien yang mendorong pemecahan sel-sel lemak. Sebuah studi tahun 2010 menyebutkan efek piperin meningkatkan metabolisme Anda sehingga dapat membantu Anda membakar kalori.

5. Mengurangi adanya gas di perut

Bersifat karminatif, lada hitam mengurangi gas perut dan juga membantu mencegah pembentukan gas. Jika Anda rentan terhadap gas perut, cobalah tambahi makanan Anda dengan lada hitam bukan cabai bubuk atau paprika.
Baca juga: 10 Bumbu Dapur Ini Khasiatnya Seperti Obat Kimia

6. Meredakan hidung tersumbat

Lada hitam dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat dan membantu melonggarkan dahak. Ia juga memiliki sifat antimikroba, yang mengapa lada hitam disertakan dalam berbagai batuk dan obat flu.

7. Melawan arthritis

Piperine hadir dalam lada hitam sangat bermanfaat untuk mengobati arthritis karena sifat anti-inflamasi dan anti-rematiknya. Selain itu, rempah-rempah ini meningkatkan sirkulasi, sehingga mencegah atau mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

8. Mencegah kanker

Sebuah studi yang dilakukan di St Louis University di Missouri menemukan bahwa lada hitam dapat membantu menghambat proliferasi sel usus karena aktivitas anti-proliferasi yang signifikan

Lada hitam memiliki sifat antioksidan yang melawan kanker, terutama usus besar dan kanker payudara.. Selanjutnya, kandungan polifenol melindungi terhadap tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

9. Antidepresan alami

Piperine di lada hitam bertindak sebagai antidepresan dengan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter penting untuk regulasi suasana hati. Rendahnya tingkat serotonin berhubungan dengan depresi.
Klik juga: 10 Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

10. Mengurangi masalah gigi dan gusi

Lada hitam dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat menggunakan lada hitam dengan garam untuk mengurangi peradangan gusi bersama dengan masalah seperti bau mulut dan gusi berdarah. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *