10 Manfaat Tak Terduga Buah Anggur Bagi Kesehatan

by

Anggur dapat dimakan langsung atau digunakan untuk membuat minuman, cuka, selai, jus, jelly, ekstrak biji anggur, kismis, dan minyak biji anggur dan lain sebagainya. Anggur pun termasuk dalam kategori buah yang tersedia sepanjang tahun.

Khasiat Buah Anggur
Selain buahnya yang enak, anggur rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan, dari membantu mencegah kanker, untuk mengobati sembelit, hingga mengatasi penglihatan yang buruk.

Anggur mengandung serat, protein, tembaga, kalium, zat besi, asam folat dan vitamin C, A, K, dan B2. Anggir juga tinggi antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba sifat serta fitonutrien, terutama fenol dan polifenol. Anggur juga memiliki kandungan air yang tinggi dan baik untuk hidrasi. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari buah anggur yang wajib Anda ketahui.

1. Melindungi dan melawan kanker

Antioksidan dan anti-inflamasi dalam anggur membantu melindungi terhadap kanker. Zat ini mencegah stres oksidatif kronis dan peradangan kronis, dua faktor penting yang menyebabkan kanker. Selain mengurangi risiko kanker, buah anggur juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

2. Meningkatkan daya otak

Anggur juga baik untuk kesehatan kognitif Anda. Makan secara teratur dapat meningkatkan daya memori dan mencegah penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Resveratrol dalam anggur meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan respon mental.

Anggur bahkan dapat menunda timbulnya penyakit saraf degeneratif seperti demensia. Juga, anggur mencegah plak otak yang merusak dan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Flavonoid dan antioksidan dalam anggur membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Bahkan, buah ini dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat), sementara meningkatkan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol baik).

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan buah anggur secara teratur menawarkan banyak manfaat kardiovaskular seperti mengurangi risiko penggumpalan darah, mencegah kerusakan pembuluh darah di jantung dan membantu menjaga tekanan darah yang sehat. 
Bahkan, karena kandungan kalium yang tinggi, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa makan buah anggur untuk membantu meniadakan efek natrium dalam tubuh.
Simak juga: 10 Buah yang Kulitnya Aman Dikonsumsi

5. Mengatasi kelelahan

Anggur adalah buah yang ideal untuk memerangi kelelahan dan meningkatkan tingkat energi Anda. Mereka sarat dengan vitamin kualitas tinggi serta magnesium, fosfor, besi dan tembaga. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan energi dan melawan gejala kelelahan.

Selain itu, dengan makan buah anggur Anda dapat menjaga kadar zat besi dan mineral Anda tetap seimbang. Juga, kandungan karbohidrat pada buah anggur membantu menjaga sistem otot dan saraf bekerja dengan baik.

6. Meningkatkan fungsi penglihatan

Anggur melindungi fotoreseptor mata dan membantu mencegah degenerasi makula dan penyakit terkait mata lainnya. Menurut sebuah studi 2014 oleh University of Miami Bascom Palmer Eye Institute, anggur membantu melindungi retina dari kerusakan dan memastikan perawatan mata yang tepat. Bahkan, retina atau penyakit degeneratif makula adalah salah satu penyebab utama kebutaan di kalangan manula.

7. Mengobati sembelit

Buah anggur berguna untuk mengobati sembelit. Serat dalam buah anggur terutama terdiri dari serat larut, yang meningkatkan produksi enzim pencernaan. Selain itu, dapat meringankan ketidaknyamanan pencernaan dan mendorong gerakan usus yang teratur.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut sebuah studi 2013 oleh Oregon State University, anggur merah dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Resveratrol ditemukan dalam anggur merah memainkan peran kunci dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko respon imun yang tidak terkontrol. Ketika sistem kekebalan tubuh kuat, akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melawan penyakit dan infeksi.

9. Berkhasiat untuk detoksifikasi

Anggur adalah diuretik alami dan dapat menjadi bantuan untuk detoksifikasi, yang merupakan penghapusan racun berbahaya dari tubuh. Tingkat tinggi racun dapat menyebabkan kelelahan kronis, lemah, peradangan, gangguan pencernaan serta masalah kulit.

10. Membuat tulang kuat

Berbagai nutrisi dalam buah anggur juga membantu memberi nutrisi dan memperkuat tulang Anda. Nutrisi seperti tembaga, besi, dan mangan penting dalam pembentukan tulang dan kekuatan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan. Selalu sediakan buah kaya nutrisi ini di dalam kulkas Anda dan rasakan khasiatnya. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *