10 Penyebab Wajah Terlihat Tua di Usia Muda

by

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Hal ini juga membawa serta beberapa jenis masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kering. Hal ini menyebabkan garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan pigmentasi, kehilangan elastisitas dan kekencangan, serta kulit kusam.

10 Penyebab Wajah Terlihat Tua di Usia Muda
Tubuh juga mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat dari yang Anda perkirakan. Faktor lingkungan, gaya hidup dan faktor makanan dapat menyebabkan penuaan dini. Inilah penyebab kenapa wajah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sesungguhnya.

Tapi dengan merawat kulit dan kesehatan secara keseluruhan, dan menghindari kebiasaan buruk, Anda sebenarnya dapat mencegah penuaan dini. Berikut adalah 10 kebiasaan yang membuat usia kulit Anda menua lebih cepat, dan membuat Anda terlihat lebih tua, lebih cepat pula.

1. Merokok

Ini adalah fakta, bahwa merokok membahayakan kesehatan Anda dalam banyak cara. Tak hanya itu, merokok juga dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda. Bahan kimia berbahaya dalam asap rokok menghindarkan sel-sel kulit Anda dari oksigen, yang dapat menyebabkan wajah dan kulit pucat. Bahkan memicu kerusakan kolagen dan dapat menyebabkan kulit keriput dan kendor.

2. Minum minuman beralkohol 

Alkohol adalah diuretik alami, jadi ketika Anda minum banyak minuman beralkohol, Anda akan cepat mengalami dehidrasi. Dehidrasi menghilangkan kelembaban alami dari kulit Anda, yang secara otomatis membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.

Asupan alkohol berlebih menyebabkan deplesi nutrisi sehat dalam tubuh Anda, terutama vitamin A dan C. Vitamin antioksidan yang esensial untuk menjaga kulit cerah dan kenyal.

3. Mudah tersulut emosi

Memaafkan memang baik, tapi tidak selalu dapat dipraktikkan dengan mudah. Menyimpan dendam terhadap orang atau situasi tidak baik untuk kesehatan dan penampilan Anda.

Jika Anda tidak dapat memaafkan, Anda menambahkan lebih banyak stres dalam hidup Anda, yang meningkatkan tingkat hormon kortisol. Kortisol menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

4. Paparan sinar matahari 

Tidak peduli betapa menakjubkan matahari terasa pada tubuh Anda, paparan yang terlalu lama oleh sinar matahari adalah salah satu buruk untuk kulit Anda. Paparan jangka panjang ultraviolet yang berbahaya (UV) dari sinar matahari melemahkan sel-sel kulit Anda dan pembuluh-pembuluh darah, yang menyebabkan, kulit kasar tampak kecokelatan. Bahkan mengarah ke pigmentasi, mengurangi elastisitas kulit dan degradasi tekstur kulit.

5. Kurang tidur

Pola tidur yang buruk dapat membuat Anda terlihat dan merasa lelah. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan lingkaran hitam dan kantong di bawah mata Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan kulit dalam beberapa cara.

Pertama, kurang tidur dapat meningkatkan tingkat kortisol Anda, yang pada gilirannya dapat memperburuk kondisi peradangan. Kedua, kurang tidur dapat menyebabkan pembentukan kolagen buruk yang menyebabkan penuaan kulit.

6. Makan terlalu banyak gula

Makan terlalu banyak gula bisa mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini dapat membuat kulit Anda kusam dan berkerut. Hal ini terjadi karena proses yang dikenal sebagai “glycation”, di mana gula yang menempel akan merusak protein seperti kolagen dan elastin. Protein ini dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

7. Stres

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang sering mengerutkan kening ketika sedang stres? Kebiasaan tersebut ternyata berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Tak hanya itu, cemberut pun tidak baik untuk penampilan Anda. Seiring waktu, otot-otot di wajah akan mulai terbiasa dengan hal tersebut. Hal ini menyebabkan kerutan di dahi, yang membuat Anda terlihat lebih tua.

8. Perawatan kulit yang tidak benar

Untuk menjaga kulit Anda sehat dan sempurna, adalah penting untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit yang tepat. Jenis kulit yang berbeda membutuhkan berbagai jenis perawatan, sehingga perlu untuk mengetahui jenis kulit Anda.

9. Sering mengemil di malam hari

Terlalu banyak mengonsumsi camilan kentang meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Imbasnya kulit Anda pun juga kena efek negatifnya.

10. Mengonsumsi makanan tidak sehat

Makanan yang Anda makan memiliki dampak langsung terhadap kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda ingin menunda proses penuaan, Anda perlu memperhatikan diet Anda.

Nah, itu tadi penyebab umum kenapa kulit wajah Anda terlihat lebih tua. Faktor pikiran dan lingkungan faktanya memang memiliki andil besar dalam mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Pastikan Anda juga sering melakukan olahraga agar kulit tampak segar dan sirkulasi darah berjalan normal. 


Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • gejala kolesterol di usia muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *