10 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan Muda

by

Kehamilan adalah fase yang indah dalam kehidupan seorang wanita. Segera setelah Anda hamil, hormon Anda akan bekerja dan beberapa perubahan mulai terjadi dalam tubuh Anda. Namun, kebanyakan wanita tidak mengenali sinyal yang tubuh mereka kirim.

10 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan Muda
Dengan memperhatikan apa yang tubuh Anda beritahukan kepada Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendeteksi kehamilan pada tahap awal. Ini akan membantu Anda mengetahui kapan untuk segera pergi ke dokter Anda untuk tes kehamilan dan merencanakan hal-hal yang diperlukan. Berikut adalah 10 tanda-tanda awal kehamilan yang Anda harus tahu.

Tanda & Gejala Hamil Muda

1. Payudara menjadi sensitif

Setelah Anda hamil, gejala pertama yang muncul adalah payudara menjadi berat dan mengalami pembekakan. Payudara menjadi sensitif dan bengkak karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron

2. Pusing

Karena kenaikan hormon progesteron, pembuluh darah melebar, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah Anda. Hal ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak Anda, sehingga menyebabkan pusing.

3. Kelelahan 

Ketika Anda hamil, tubuh Anda akan melalui banyak perubahan. Meningkatnya tingkat progesteron membuat Anda lebih mudah lelah, membuat Anda merasa lesu dan kelemahan yang sering.

4. Sensitivitas terhadap bau

Kehamilan dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap bau. Bahkan, peningkatan kepekaan terhadap bau adalah salah satu tanda yang paling disadari perempuan sebelum mereka bahkan menyadari bahwa mereka hamil.

Perubahan hormonal yang sedang berlangsung di tingkat estrogen dalam tubuh mempengaruhi sistem penciuman, yang membuat ibu hamil lebih sensitif dan reaktif terhadap aroma di sekitar mereka.

5. Mual

Gejala lain yang umum terkait dengan awal kehamilan adalah morning sickness. Mual dan muntah mempengaruhi 70 hingga 85 persen wanita hamil. Mual dan muntah bisa menyerang setiap saat, siang atau malam. Masalah ini mungkin mulai dua minggu setelah pembuahan.

Rasa mual akan pergi pada awal trimester kedua. Seiring dengan hormon, kekurangan asam folat dapat memicu mual selama kehamilan. Untuk beberapa wanita, morning sickness terjadi hanya satu atau dua bulan setelah pembuahan.

6. Gampang emosional

Awal kehamilan dapat membuat Anda semakin emosiaonal. Anda mungkin merasa cengeng dan emosional serta mengalami perubahan suasana hati. Hal ini sangat umum di hari-hari awal karena perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmitter (pembawa pesan kimiawi di otak).

7. Kram

Beberapa wanita juga mengalami kram, yang terjadi beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo menstruasi mereka. Hal ini terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Hal ini menyebabkan kontraksi rahim yang merasa seperti kram. Jenis kram sering keliru untuk sindrom pramenstruasi (PMS) atau kram menstruasi.

8. Kembung

Merasa kembung adalah mungkin tanda lain bahwa Anda sedang hamil. Kembung, seperti gejala lain, disebabkan oleh perubahan hormonal yang tiba-tiba dalam tubuh. Ketika progesteron dan estrogen meningkat, lapisan rahim Anda mengental, yang membuat Anda merasa kembung.

9. Sering buang air kecil

Kandung kemih mulai bereaksi terhadap perubahan tubuh yang disebabkan oleh kehamilan baru. Anda juga mungkin akan mengunjungi kamar mandi lebih sering meskipun Anda tidak meningkatkan asupan cairan Anda untuk buang air kecil.

10. Telat menstruasi

Terlambatnya siklus menstruasi adalah salah satu tanda yang mungkin terjadi di awal kehamilan yang kebanyakan wanita menyadari. Untuk seorang wanita yang berada di masa subur dan tidak menggunakan tindakan pengendalian kehamilan, periode yang terlambat setidaknya selama seminggu dapat menunjukkan kehamilan.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

Nah, itu tadi beberapa gejala dan tanda hamil muda. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, lakukan pengecekan menggunakan testpack atau memeriksakan diri ke dokter. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *