12 Tips dan Posisi Tidur yang Benar Saat Hamil

by

Setiap wanita yang sedang hamil pasti pernah merasakan ketidaknyamanan posisi saat tidur. Faktanya, ada lebih dari satu juta wanita di luar sana yang menghadapi masalah kehamilan ini. Karena kurang tidur, mereka kemudian mengalami badmood dan rewel sepanjang hari.

Tidur berkualitas selama kehamilan sangatlah penting. Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan tidur selama 8 jam per hari. Hal itu dapat membantu dalam menjaga pikiran Anda tetap tenang serta kesehatan tubuh.

12 Tips dan Posisi Tidur yang Benar Saat Hamil
Ketika Anda tidak tidur dengan nyenyak dan nyaman di malam hari, tubuh akan mengalami banyak perubahan keesokan harinya. Tubuh Anda akan terasa sakit semua. Kurang tidur juga menyebabkan sakit kepala, perubahan suasana hati dan peningkatan masalah hormonal juga.

Oleh karena itu, para ahli sepakat menyatakan bahwa wanita perlu tidur dengan baik dan nyenyak. Salah satu caranya dengan mengatur posisi tidur. Lalu bagaimana posisi tidur yang benar?

Posisi Tidur yang Benar Saat Hamil

1. Tidur menghadap ke kiri

Menurut para ahli, tidur menghadap ke kiri saat hamil sangat disarankan. Posisi ini meningkatkan aliran darah pada janin. Bahkan, janin di dalam kandungan pun ikut merasa nyaman. Tak hanya itu, dengan tidur posisi miring ke kiri, kinerja ginjal akan maksimal membuang racun dari tubuh.

2. Tidur tengkurap

Posisi ini sangat tidak disarankan. Namun para periode trisemester pertama, Anda masih diperbolehkan tidur dengan posisi ini. Rahim Anda masih dilindungi oleh tulang pinggul sehingga tidak membahayakan janin. Akan tetapi seiring bertambahnya usia kehamilan, rasanya bakal sulit bagi Anda tidur dengan posisi tengkurap.

3. Tidur terlentang

Kedengarannya memang enak dan aman tidur terlentang saat hamil. Namun faktanya tidak demikian. Anda boleh tidur dengan posisi ini selama hamil muda. Akan tetapi semakin tua usia kehamilan Anda, tekanan terhadap tulang belakang semakin berat.

Tidur dengan posisi terlentang mungkin akan menyebabkan sakit punggung. Pada trisemester ketiga usia kandungan, aktivitas janin mungkin akan semakin tinggi dan menekan diafragma. Alhasil, Anda akan kesulitan bernapas.

Tips Tidur yang Benar Saat Masa Kehamilan

Selain memperhatikan posisi tidur, agar tidur Anda terasa nyaman dan nyenyak, ikutilah beberapa tips berikut ini:

1. Hindari tidur siang 

Jika Anda ingin memiliki tidur nyenyak di malam hari, sebaiknya hindari tidur siang. Jika tidak, Anda akan mengalami kesulitan tidur atau insomnia di malam harinya.

2. Gunakan bantal yang lunak dan nyaman 

Saat hamil, tidur dalam posisi apapun akan merasa tidak nyaman di hampir segala posisi. Untuk membuat Anda merasa nyaman dan tenang di malam hari, letakkan di tempat tidur Anda bantal lembut untuk bisa Anda peluk.

3. Lavender 

Kadang-kadang, aroma manis di kamar Anda dapat membuat Anda merasa nyaman dan tenang. Membakar lilin lavender untuk membantu Anda merasa santai dan tenang pada malam hari dan untuk membantu Anda tidur lebih baik.

4. Minum air putih secukupnya

Saat hamil, toilet menjadi tempat yang paling sering Anda kunjungi setiap hari. Iya kan? Karena adanya tekanan janin pada kandung kemih, Anda akan sering mengunjungi toilet lebih dari dua kali dalam sehari.

Oleh karena itu, untuk menghindari terus-menerus ke toilet di malam hari, kurangi asupan cairan sebelum tidur.

5. Ikuti pola tidur dengan baik 

Ikuti pola tidur dan pastikan Anda tidak melewatkan waktu tidur Anda di malam hari. Ketika Anda terbiasa dengan pola waktu tidur Anda, Anda secara otomatis akan tidur di malam hari tanpa masalah.

6. Kurangi makan berat sebelum tidur

Pada malam hari, lebih baik Anda mengonsumsi makanan ringan saja. Hal ini karena, jika Anda makan makanan berat, Anda secara otomatis akan menderita masalah pencernaan dan keasaman yang akan membuat Anda terjaga selama sepanjang malam.

7. Tetap sehat saat hamil

Hal ini diperlukan untuk menjaga tubuh tetap bugar saat hamil. Dengan demikian, Anda akan dapat memiliki kehamilan yang aman dan jauh lebih mudah juga. Tetap fit selama kehamilan juga akan membantu menjaga pikiran tenang, terutama latihan yang melibatkan meditasi.

8. Hindari gadget 

Jauhkan semua gadget yang jauh dari kamar tidur di malam hari. Mereka adalah gangguan besar bagi kesehatan Anda dan juga dikenal untuk mengurangi kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, menahan diri dari menggunakan mereka setidaknya satu jam sebelum Anda ingin beranjak tempat tidur.

9. Heating pad

Jika Anda tidak dapat tidur di malam hari, tempatkan botol air panas di bawah bantal Anda. Panas yang dihasilkan dari botol akan membantu menenangkan saraf Anda, sehingga membantu Anda untuk tidur lebih baik.
Nah, itu tadi tips dan posisi tidur yang benar saat masa kehamilan. Tidur berkualitas menjadi salah satu faktor yang membuat sang ibu sehat, baik secara fisik maupun kondisi pikiran. Dengan begitu, kesehatan bayi pun akan terjaga. 
Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *