5 Bahaya Waxing Terhadap Kesehatan Kulit

by

Kebanyakan dari wanita mungkin ada yang tidak suka dan tidak nyaman dengan waxing karena rasa sakit yang dialami saat proses waxing tersebut berlangsung. Namun di sisi lain, waxing bermanfaat untuk memberikan kulit halus sempurna. Proses ini mencegah pertumbuhan rambut untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode hair removal lainnya.

5 Bahaya Waxing Terhadap Kesehatan Kulit
Bahkan waxing juga membantu dalam menghilangkan warna gelap dan noda. Waxing ini juga menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencerahkan warna kulit.

Kini, banyak salon yang salin bersaing dalam memberikan layanan waxing. Tak hanya satu macam, waxing pun memiliki banyak variasi. Beberapa di antaranya adalah Brazilian wax, Chocolate wax, Hollywood wax, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Pilih Waxing atau Mencukur? Baca Dulu Sebelum Memutuskan

Sayangnya, ada banyak perdebatan yang terjadi apakah waxing tersebut baik atau memiliki banyak bahaya kesehatan. Dermatologists mengatakan bahwa waxing berbahaya bagi kulit kita dan akhirnya berbahaya pula bagi kesehatan.

Mereka berpendapat bahwa waxing dapat menyebabkan kerusakan kulit dalam jangka panjang. Menurut mereka, waxing juga merupakan penyebab dari beberapa infeksi dan kanker kulit. Nah, di bawah ini adalah beberapa efek buruk waxing yang tak boleh Anda abaikan begitu saja.

1. Melonggarkan elastisitas kulit

Waxing yang dilakukan dalam waktu yang berkepanjangan memberikan efek samping terhadap kulit. Dengan penggunaan yang terus menerus, kulit Anda mungkin akan kehilangan elastisitas dan kekenyalan.

Alhasil, kulit Anda menjadi keriput. Kulit Anda mungkin juga akan menjadi lebih rentan terhadap gatal dan kehilangan kelembaban kulit dalam jangka waktu yang lama.

2. Adanya ruam kulit dan iritasi

Segera setelah proses waxing, Anda mungkin telah mengamati ruam atau benjolan kemerahan kecil pada kulit Anda. Ini adalah efek samping yang paling umum dan sering terjadi setelah Anda melakukan waxing.

Namun, ruam ini akan hilang ketika Anda mengompres es atau mencuci kulit Anda dengan air dingin. Waxing juga dapat meninggalkan luka bakar pada kulit Anda.

3. Infeksi kulit atau gatal-gatal

Penggunaan produk waxing yang murah sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan infeksi kulit dan iritasi terus-menerus. Beberapa orang juga bisa alergi terhadap bahan tertentu yang hadir dalam produk wax abal-abal tersebut, dan waxing dapat memperburuk kondisi mereka.

4. Pertumbuhan rambut yang tak beraturan 

Ini adalah efek samping utama dari waxing. Rambut tumbuh ke arah dalam ketika waxing terjadi karena rambut tumbuh secara tidak benar di sisi berlawanan dari folikel. Baris berikutnya dari rambut yang tumbuh terjebak ke sisi berlawanan dari folikel, sehingga yang dihasilkan rambut menjadi lebih keriting.

5. Ruam, pendarahan atau memar 

Orang dengan kulit yang sangat lembut dan sensitif mungkin akan mengalami ruam berat dan memar pada kulit setelah melakukan waxing. Daerah yang sangat sensitif seperti ketiak atau daerah bikini mungkin juga dapat mengalami pendarahan dengan adanya benjolan atau bisul yang menyakitkan karena proses waxing ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *