7 Jus Buah Ini Berkhasiat Mengatasi Asam Urat

by

Tingginya tingkat asam urat dalam tubuh disebabkan karena ginjal tidak dapat secara efektif mengeluarkan asam urat tersebut melalui urin. Hal ini terjadi karena dua kondisi, baik ketika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat atau ketika ada beberapa masalah dalam fungsi ginjal.

Namun, tingkat asam urat tinggi terutama terjadi ketika kita makan makanan yang kaya protein atau asam urat itu sendiri. Asam urat berlebih dibuang oleh ginjal, tetapi beberapa masih tetap dalam tubuh.

7 Jus Buah Ini Berkhasiat Mengatasi Asam Urat
Asam urat ini akan terakumulasi dalam sendi tubuh, terutama di sendi jari seperti jari-jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, siku. Kondisi ini dikenal sebagai nyeri sendi. Dalam kondisi ini, akan muncul rasa sakit, kemerahan dan peradangan pada daerah, di mana asam urat terakumulasi.

Nyeri sendi paling umum diderita oleh pria paruh baya dan bisa terjadi ketika Anda tidak memiliki kontrol pada diet Anda seperti makan banyak daging, hati, bawang, buncis, kacang polong, jamur, dan lain-lain, yang kaya purin. 

Simak juga: Punya Nyeri Sendi? Hindari Makanan Ini

Beberapa faktor lain yang menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh minum terlalu banyak alkohol, berat badan, diabetes dan hypothyroidism. Berikut ini adalah beberapa jus buah yang dapat membantu untuk mencegah asam urat.

1. Jus nanas

Jus nanas menghilangkan asam urat berlebih dari tubuh, karena mengandung enzim yang disebut bromelain. Jus ini mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh akumulasi asam urat. Enzim hadir dalam nanas untuk melarutkan asam urat dan menghapusnya dari tubuh melalui urin.

2. Jus wortel dan mentimun

Membuat jus wortel dan mentimun, dengan resep 2 buah wortel, 1 mentimun dan 8 rusuk seledri penting untuk menjaga kadar asam urat. Minum di pagi hari untuk menghilangkan asam urat dari tubuh Anda.

Ini adalah minuman yang sangat menyegarkan dan akan membuat Anda terhidrasi sepanjang hari. Minum ini selama minimal 15 sampai 20 hari untuk membuang semua asam urat dari tubuh.

3. Jahe hangat

Parut beberapa iris jahe dan didihkan. Biarkan dingin dan minum. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu untuk meningkatkan rasanya. Jahe ini akan mengurangi rasa sakit dan peradangan sendi, di mana asam urat terakumulasi.

4. Jus ceri

Studi telah menunjukkan bahwa ceri sangat efektif dalam menurunkan kadar asam urat. Membuat jus ceri dan minum dua kali sehari untuk mencegah rasa sakit dan peradangan akibat asam urat.

5. Jus kunyit dan nanas

Membuat jus dari setengah potong nanas dan tambahkan 2 sendok teh bubuk kunyit dan dari 3 sendok teh bubuk jahe untuk resep yang stau ini. Minum jus ini setiap hari pada waktu tidur untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan akibat asam urat.

6. Jus wortel, ubi, dan mentimun

Buatlah jus dari 1 mentimun kecil, 1 wortel dan 1 ubi ungu untuk mengatasi masalah asam urat Anda. Smoothie atau jus dari tiga jenis ayuran ini akan melarutkan kristal asam urat dan membantu dalam pemindahan asam urat dari tubuh. Minum jus ini sekali sehari untuk mendapatkan bantuan baik dari rasa sakit juga.

7. Jus apel 

Jus apel menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan. Apel juga mengandung asam malat, yang efektif dalam mengurangi tingkat asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus makan satu buah apel setiap hari untuk mendapatkan bantuan dari gejala nyeri sendi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *