Bahu Terasa Pegal dan Nyeri? Obati Pakai 10 Cara Ini

by

Nyeri bahu dapat terjadi pada salah satu otot, ligamen atau tendon dalam dan di sekitar bahu Anda. Siapapun dapat mengalami nyeri bahu. Namun biasanya orang-orang yang bekerja menggunakan laptop, tablet dan smartphone dalam waktu yang lama lebih rentan terhadap masalah ini.

Sejumlah faktor dan kondisi dapat menjadi penyebab nyeri bahu. Penyebab paling umum adalah cedera pada jaringan lunak, termasuk otot, tendon dan ligamen dalam bahu. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan berulang atau cedera berlebihan.

Cara Mengobati Nyeri Bahu
Kadang-kadang, rasa sakit adalah karena beberapa jenis cedera pada leher atau bisep. Penyebab lain nyeri bahu termasuk arthritis, bursitis, tendinitis, taji tulang, tulang rawan robek, patah tulang bahu, bahu beku dan cedera tulang belakang.

Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan nyeri bahu, seperti penyakit pada tulang belakang, jantung atau penyakit kandung empedu. Selain rasa sakit, penderita nyeri bahu juga mungkin mengalami gejala seperti pembengkakan dan kesulitan bergerak pada bahu dan nyeri di sekitar sendi. Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi nyeri bahu.

1. Kompres dingin

Kompres dingin sangat bermanfaat dalam mengurangi nyeri bahu. Suhu dingin membantu mati rasa daerah yang terkena, yang pada gilirannya mengurangi peradangan dan nyeri.

2. Kompres panas

Sama seperti kompres dingin, kompres panas juga membantu mengobati nyeri bahu, peradangan dan pembengkakan. Hal terbaik adalah dengan menggunakan kompres panas setelah 48 jam dari cedera yang terjadi. Kompres panas juga membantu mengurangi rasa sakit dari stres otot.

3. Kompresi

Kompresi berarti menempatkan tekanan pada daerah yang menyakitkan untuk membantu mengurangi pembengkakan. Tekanan juga akan memberikan beban yang cukup untuk bahu dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Anda dapat memampatkan daerah yang terkena dengan perban elastis atau pembungkus hangat, yang Anda dapat dengan mudah di apotek. Perban daerah yang terkena selama beberapa hari atau sampai rasa sakit dan pembengkakan hilang.

4. Mandi air garam

Garam terdiri dari magnesium sulfat, yang ternyata dapat membantu mengurangi nyeri bahu. Garam membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot bahu stres. Garam juga membantu menghilangkan stres dari seluruh tubuh.

5. Pijat

Pijat adalah cara lain yang baik untuk mengurangi nyeri bahu. Sebuah pijatan lembut akan membantu otot-otot bahu Anda melepaskan stres dan ketegangan. Selain itu, akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan dan kekakuan.

6. Kunyit

Kunyit adalah obat yang baik untuk menghilangkan rasa sakit di bahu Anda. Kurkumin dalam kunyit mengandung antioksidan serta sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki zat anti-inflamasi serta sifat alkalizing yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

8. Jahe

Jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan apapun, termasuk nyeri bahu. Selain itu, meningkatkan sirkulasi darah yang mempromosikan penyembuhan cepat.

9. Minyak lavender

Minyak lavender adalah minyak esensial yang sangat baik, yang dapat mengendurkan otot-otot lelah. Ini membantu dalam mengurangi rasa sakit serta peradangan.

10. Daun alfalfa

Alfalfa adalah obat herbal lain yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Daun ini memastikan aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh, yang pada gilirannya mengurangi inflamasi dan pembengkakan.

Nah, itu tadi beberapa cara dan bahan alami untuk meredakan nyeri bahu. Untuk menghindari gejala ini kambuh, hindari berlama-lama duduk. Jika sudah 30 menit duduk di depan laptop, sempatkan untuk jalan-jalan beberapa menit agar tubuh Anda segar kembali. 

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *