Khasiat Minyak Kelapa untuk Mengobati Penyakit Tiroid

by

Dalam beberapa hari belakangan, ada banyak sekali informasi yang membahas khasiat minyak kelapa untuk menyembuhkan masalah tiroid. Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati gangguan tiroid jenis hipotiroidisme. Tapi untuk masalah tiroid lainnya, minyak kelapa ternyata tidak terlalu ampuh.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Mengobati Penyakit Tiroid
Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3). Hormon ini bekerja sama untuk mengatur suasana hati, metabolisme, tingkat energi, suhu tubuh, denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, fungsi kelenjar ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apa itu Hipotiroidisme?

Dalam istilah sederhana, hipotiroidisme, juga disebut tiroid kurang aktif atau tiroid yang rendah, berarti kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Karena rendahnya tingkat hormon tiroid, tubuh tidak mampu melakukan fungsi metabolisme normal, seperti penggunaan yang tepat dari energi dari produk makanan, regulasi beberapa reaksi kimia dalam tubuh dan bahkan pemeliharaan sel-sel sehat, tulang dan otot.

Selama tahap awal, tiroid kurang aktif biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, lama kelamaan jika tidak diobati hipotiroidisme dapat menyebabkan kenaikan berat badan, nyeri sendi, meningkatkan kepekaan terhadap dingin, sembelit, kelelahan, kelemahan umum, aliran menstruasi tak lancar, rambut rapuh, kuku yang lemah, kulit kering, penyakit jantung dan infertilitas.

Tiroid kurang aktif hanya dapat didiagnosis dengan memeriksa tingkat hormon tiroid dalam darah. Tidak ada pencegahan untuk hipotiroidisme, juga tidak ada obatnya. Untuk menjaga hal-hal tersebut, hormon tiroid sintetis dianggap pilihan yang sederhana, aman dan efektif.

Namun, sebelum memilih hormon tiroid sintetis, Anda dapat menggunakan minyak kelapa yang dipercaya bermanfaat mengobati beberapa gejala hipotiroidisme. Manfaat minyak kelapa di hipotiroidisme karena profil asam lemak rantai menengahnya yang unik.

Baca juga: 10 Makanan Ini Ampuh Sembuhkan Penyakit Gondok

Asam laurat adalah jenis rantai menengah trigliserida. Asam lemak rantai menengah ini ditemukan dalam minyak kelapa, sama dengan yang ada di ASI. Asam lemak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang sangat baik. Minyak kelapa juga mengandung asam kaprilat, yang juga ditemukan dalam ASI. Asam lemak ini memiliki sejumlah properti mempromosikan kesehatan dan kemampuan bawaan untuk mengobati jamur seperti di usus.

Satu lagi adalah asam kaprat, yang memiliki sifat antimikroba dan antivirus ampuh. Berikut adalah beberapa cara yang minyak kelapa membantu mengobati masalah yang berhubungan dengan hipotiroidisme.

1. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan dijelaskan adalah salah satu gejala yang paling umum dari hormon tiroid yang rendah. Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal, disfungsi tiroid secara keseluruhan adalah umum pada orang yang kelebihan berat badan.

Jika Anda memiliki hipotiroidisme, penurunan berat badan bukanlah tugas yang mudah. Hal ini karena hormon tiroid memiliki dampak langsung pada metabolisme Anda. Minyak kelapa dapat membantu dengan penurunan berat badan karena asam menengah lemak rantai di dalamnya.

2. Meningkatkan metabolisme

Hormon tiroid memainkan peran kunci dalam bagaimana sel-sel Anda berfungsi dan mempengaruhi tingkat metabolisme Anda. Tiroid kurang aktif dapat menyebabkan lebih sedikit energi, dan kelelahan konstan. Anda dapat memerangi gejala-gejala tiroid rendah dengan minyak kelapa.

3. Mengatasi peradangan

Otot dan nyeri sendi umum diderita pada orang yang menderita hipotiroidisme. Hal ini disebabkan peningkatan peradangan dalam tubuh karena kadar hormon tiroid yang rendah.

Gejala neuromuskuler umum terjadi pada kebanyakan pasien dengan masalah tiroid, menurut sebuah studi 2000 yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry. Minyak kelapa memiliki efek langsung dalam menekan inflamasi dan memperbaiki jaringan, untuk itu minyak ini dianggap sangat efektif dalam pengobatan hipotiroidisme.

4. Meredakan sembelit

Rendahnya tingkat hormon tiroid memperlambat fungsi tubuh, sehingga memperlambat fungsi saluran pencernaan juga, termasuk usus kecil dan besar. Selain itu, kontribusi melemahnya kontraksi otot yang melapisi saluran pencernaan dan tidak memungkinkan tinja bergerak dengan mudah melalui usus, menyebabkan sembelit.

Jumlah besar asam lemak rantai sedang dalam minyak kelapa adalah zat yang tepat untuk meredakan sembelit. Asam lemak menyediakan energi yang dibutuhkan oleh sel-sel usus untuk meningkatkan metabolisme dan merangsang buang air besar.

5. Mengatasi kulit kering dan bersisik

Kulit kering, bersisik dan gatal adalah masalah umum yang terkait dengan hipotiroidisme. Metabolisme melambat akibat penyebab tiroid yang kurang aktif sehingga kurang berkeringat, dak akhirnya menyebabkan kulit kering.

Untuk menyingkirkan kulit kering dan gatal, minyak kelapa sangat efektif. Asam lemak di dalamnya membantu memulihkan kelembaban yang hilang dan meningkatkan kesehatan kulit.

6. Menjaga kesehatan rambut

Ketika kelenjar tiroid tidak bekerja dengan benar, efek dapat terlihat dari pertumbuhan rambut. Tidak hanya rambut di kepala Anda, fungsi tiroid rendah dapat mempengaruhi alis dan rambut tubuh, juga.

Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic melaporkan bahwa dibandingkan dengan minyak mineral dan minyak bunga matahari, minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah kerusakan rambut.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • Minyak kelapa obat tiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *