Manfaat Kesehatan Memijat Kaki Sebelum Tidur

by

Setelah seharian disibukkan dengan aktivitas melelahkan yang membuat Anda harus berjalan ke sana ke mari atau berdiri lama, pijat kaki adalah salah satu treatment yang baik untuk mengurangi rasa sakit dan pegal-pegal di kaki. Selain membantu untuk relaksasi, pijat kaki memiliki banyak manfaat terapi untuk kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Kesehatan Memijat Kaki Sebelum Tidur
Dalam refleksologi, pijat kaki adalah salah satu komponen penting. Kaki Anda memiliki beberapa ujung saraf yang disebut refleks yang sesuai dengan sistem yang berbeda dan organ dalam tubuh Anda. Refleks ini memiliki efek terapi ketika diaktifkan melalui pijatan.

Bahkan, para ahli kesehatan menyebut pijat kaki berguna untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Sebuah studi tahun 2002 menyoroti efek positif dari pijat kaki, mencatat bahwa pijat kaki mempromosikan gaya hidup sehat untuk semua kelompok umur dan khususnya meningkatkan sirkulasi darah, relaksasi dan kekuatan penyembuhan sendiri.

Untuk melakukan pemijatan kaki ringan, Anda tidak perlu tukang pijat profesional. Anda dapat melakukannya sendiri, dan waktu terbaik adalah sebelum tidur. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan dari pijat kaki setiap hari sebelum Anda pergi tidur.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi di kaki sering terganggu oleh sepatu yang sempit dan tidak nyaman yang Anda pakai sepanjang hari. Untuk meningkatkan sirkulasi ke ekstremitas bawah, pijatan di sekitar kaki adalah salah satu pilihan terbaik.

Lakukan 10 sampai 20 menit pijat kaki sebelum tidur, karena hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi di ekstremitas bawah. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes, yang berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan neuropati perifer.

2. Membuat tidur nyenyak

Kegiatan sehari-hari menjaga pikiran kita terlalu aktif, dan kadang membuat kita tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Untuk membantu tubuh dan membuat tidur nyenyak, pijat kaki sangat membantu.

Proses pijat merangsang refleks sepanjang meridian dan mempromosikan aliran bebas energi. Pijatan di area kaki juga menawarkan relaksasi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.


Simak juga: 10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Sebagian besar dari kita merasa stres atau cemas dari waktu ke waktu. Untuk mengatasinya, lakukan pijatan kaki secara teratur untuk mengurangi stres dan kecemasan. Cara ini juga berkhasiat merileksasi pikiran Anda.

4. Meredakan sakit punggung

Mereka yang menderita nyeri punggung harus memijat kaki mereka setiap hari sebelum tidur. Pijat harus dilakukan dengan menggunakan jempol untuk menekan sepanjang lengkungan kaki selama sekitar 5 menit. Sebuah studi tahun 2012 melaporkan bahwa refleksi kaki efektif dalam mengurangi keparahan sakit punggung kronis. 

Baca juga: 8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

5. Mengurangi nyeri kaki dan nyeri lainnya

Sebuah pijat kaki yang baik membuat kaki Anda santai, peregangan dan menenangkan otot-otot, dan mengurangi pembengkakan yang menyebabkan sakit. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Complementary Therapies at Clinical Practice menemukan bahwa refleksologi efektif mengurangi rasa sakit dan mendorong relaksasi pada orang dengan kondisi termasuk cedera paha dan rasa sakit kronis.

6. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah lainnya. Pijat kaki secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, yang pada gilirannya mengurangi risiko kondisi kesehatan lainnya.

7. Mencegah edema kaki

Edema kaki terjadi karena akumulasi cairan di kaki, yang menyebabkan kaki bengkak, nyeri dan kaku. Kehamilan dan sirkulasi darah yang buruk adalah beberapa penyebab umum dari edema. Untuk mencegah masalah ini, lakukan pemijatan di kaki sebelum tidur.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *