Mau Badan Tetap Sehat dan Fit? Ikuti 10 Aturan Penting Ini

by

Dengan gaya hidup yang sibuk, polusi, stres dan semangat yang naik turun, Anda membutuhkan tubuh yang fit dan sehat sepanjang hari. Selain itu, faktor keturunan, kebiasaan, lingkungan, budaya, dan status sosial ekonomi dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

10 Tips Badan Tetap Sehat dan Bugar
Sadar akan masalah kesehatan dan konsekuensnya, sudah seharusnya Anda melakukan upaya dan mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, kanker, stroke dan penyakit jantung.

Namun, untuk menjaga kesehatan agar tetap fit dan bugar tidak mudah. Perlu adanya upaya yang konsisten dan niat yang kuat. Akan tetapi, hal itu bukan mustahil untuk dilakukan, kan?

Perlu diingat bahwa perubahan besar dalam hidup Anda dimulai dari kebiasaan kecil sehari-hari. Berikut 10 aturan penting agar badan tetap bugar dan sehat yang dapat Anda praktekkan setiap hari.

10 Tips Badan Sehat dan Bugar

1. Mengonsumsi makanan sehat

Jika ada satu pedoman pokok tentang kesehatan dan kebugaran, sudah pasti berhubungan dengan asupan makanan Anda. Makanan yang Anda makan digunakan sebagai bahan bakar tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Apa yang Anda makan dan jumlah yang Anda konsumsi secara langsung dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan kebugaran Anda. Ketika Anda makan makanan yang tidak sehat, tubuh Anda akan lebih rentan terhadap penyakit.

2. Menjaga diri tetap terhidrasi

Hidrasi yang tepat adalah suatu keharusan. Untuk menjaga hidrasi yang tepat, minum jumlah yang cukup air sepanjang hari. Air memainkan peran kunci dalam penghapusan racun dari tubuh, penyerapan dan pencernaan makanan, pengaturan suhu tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Hal ini juga membantu lemak yang disimpan tubuh memetabolisme dan bertindak sebagai penekan nafsu makan, yang penting untuk menurunkan berat badan. Jadi, sebisa mungkin tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Sangat disarankan untuk minum 8 gelas air putih sehari.

Baca juga: 10 Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

3. Tetap aktif dengan berolahraga

Olahraga teratur adalah salah satu aturan untuk Anda bisa hidup sehat dan bebas dari penyakit. Tanpa memandang usia atau tingkat kebugaran, penting untuk membuat waktu untuk berolahraga.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Primary Care Companion Journal of Clinical Psychiatry menyoroti manfaat kesehatan dari olahraga teratur, termasuk peningkatan kualitas tidur, meningkatkan gairah, daya tahan yang lebih baik, mengurangi stres, serta mood yang lebih baik.

Olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan energi dan stamina, meningkatkan kewaspadaan mental, penurunan berat badan, mengurangi kolesterol dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Jadi, masihkan Anda bermalas-malasan untuk berolahraga?

4. Praktek pernapasan

Pernapasan dari dalam, juga dikenal sebagai pernapasan yang dikendalikan, juga respirasi atau pernapasan diafragma, memainkan peran penting dalam membuat Anda sehat. Bahkan membantu mengembangkan tubuh dan koneksi pikiran yang kuat.

5. Mengontrol berat badan

Biasakan untuk rutin memeriksa berat badan Anda. Kelebihan berat badan atau obesitas adalah sesuatu yang Anda harus hindari. Bahkan orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka tidak mendapatkan kelebihan berat badan.

Dengan mempertahankan berat badan ideal, Anda dapat membantu mencegah penyakit terkait obesitas, seperti radang sendi, tekanan darah tinggi, kesehatan kognitif yang buruk, diabetes, dan penyakit jantung.

6. Berhenti merokok

Merokok memiliki efek negatif pada kesehatan. Menurut studi, ada lebih dari 5.000 komponen kimia yang ditemukan dalam asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa komponen berbahaya adalah 1,3-butadiena, arsenik, benzena, kadmium, kromium VI, formaldehida, polonium-210 dan tar.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute melaporkan bahwa orang-orang yang menjadi perokok berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan kanker fatal dari rongga mulut, faring, paru-paru, laring dan esofagus.

Simak juga: 10 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Rokok

7. Hindari minuman beralkohol

Asupan alkohol bekerja sebagai tonik dan racun, tergantung pada seberapa banyak yang Anda konsumsi dalam sehari. Perubahan asupan alkohol memiliki dampak langsung pada tingkat kematian.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis 6.644 laki-laki dan 8.010 perempuan, berusia 25 sampai 98 tahun, selama lima tahun dan menemukan bahwa mereka yang tidak minum alkohol rata-rata memiliki tingkat kematian rendah.

8. Tetap berpikir positif

Sebuah sikap yang sehat dan positif terhadap kehidupan adalah rahasia lain di balik kesuksesan hidup sehat. Pola pikir dan pandangan Anda terhadap segala sesuatu dalam hidup Anda memiliki dampak langsung pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

9. Jangan lupa pergi berlibur

Setiap orang, terlepas dari usia, jenis kelamin dan latar belakang keuangan, kebutuhan untuk bersantai dan berlibur sangatlah penting. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal Cognition melaporkan bahwa bahkan liburan singkat dari tugas dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus pada tugas selanjutnya dalam waktu lama.

10. Tahu riwayat kesehatan keluarga

Selain faktor-faktor di atas, penting bagi Anda untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda. Tujuannya untuk mengetahui apakah keluarga Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, asma, atau pun penyakit jantung.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *