10 Bahan Alami Ini Berkhasiat Meremajakan Kulit

by

Kulit yang bersinar dan mulus tentu menjadi dambaan banyak orang. Kondisi kulit yang sehat merupakan tanda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalan. Perubahan warna, garis-garis halus, bintik-bintik hitam, kulit kendor dan keriput yang mulai muncul, membuat kulit Anda tampak kusam dan tak menarik lagi.

10 Bahan Alami Ini Berkhasiat Meremajakan Kulit
Ada banyak penyebab lain kenapa kualitas kulit semakin memburuk, diantaranya polusi, rutinitas perawatan kulit yang tidak tepat, paparan ultraviolet sinar matahari yang berbahaya (UV), diet yang tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, minum alkohol dan kurang tidur. Selain itu, penyakit tertentu yang Anda alami juga berpengaruh pada kesehatan dan kualitas kulit Anda.

Meski demikian, dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana Anda dapat merevitalisasi dan meremajakan kulit Anda agar terlihat lebih muda. Berikut 10 bahan alami yang dapat Anda gunakan di rumah yang berfungsi untuk meremajakan kulit.

1. Air lemon

Lemon membantu peremajaan kulit dengan mengurangi bintik-bintik usia dan tanda-tanda penuaan. Vitamin C dalam lemon adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, sifat pemutihan dalam air lemon membantu meningkatkan warna kulit Anda secara keseluruhan.

2. Mentimun

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun sangatlah bagus untuk menghidrasi kulit Anda. Zatnya yang menenangkan bersifat menguntungkan karena membantu meremajakan kulit. Selain itu, antioksidan di mentimun membantu menjaga kulit bercahaya dan tampak lebih muda.

3. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E, dan memiliki sifat antioksidan yang membantu dalam meremajakan kulit. Buah ini juga membantu menjaga kulit halus, lembut dan lembab.

Selain itu, alpha hydroxy acids dalam pepaya membantu pengelupasan kulit. Hal ini juga bermanfaat dalam mengobati jerawat, noda, bintik-bintik gelap dan masalah serupa lainnya.

4. Pisang

Pisang sangat baik untuk meremajakan kulit Anda, terutama kulit kering, karena sifat pelembabnya. Hal ini juga membantu mengurangi keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan.

5. Yogurt

Yogurt sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Asam laktat dalam yogurt bekerja seperti pembersih alami, pengelupasan agen dan pelembab. Ini dapat membantu mengisi cahaya yang hilang dan pancaran kulit Anda.

6. Kulit jeruk

Kulit jeruk kaya vitamin C, asam sitrat dan antioksidan lainnya. Kulit jeruk membantu mengurangi noda dan menjaga kesehatan kulit dan tampak lebih muda, serta membantu membersihkan, mengelupaskan dan mengencangkan kulit.

7. Alpukat

Alpukat juga membantu dalam meremajakan kulit kusam. Ia bekerja sebagai pelembab kulit alami dan membantu mengobati kulit kering, bintik-bintik penuaan, bekas luka dan kerusakan sinar matahari. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam alpukat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda.

8. Teh hijau

Teh hijau juga bagus untuk peremajaan kulit. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mempromosikan kulit yang sehat dan membantu melawan penuaan. Hal ini juga bertindak sebagai pelindung UV alami, sehingga mencegah kerusakan akibat matahari.

9. Tomat

Bahan lain yang efektif untuk peremajaan kulit adalah tomat. Ini adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan lycopene anti-penuaan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu, vitamin C dalam tomat membantu produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

10. Oatmeal

Oatmeal bekerja sebagai pembersih kulit alami. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih, dan kotoran yang bertanggung jawab untuk banyak masalah kulit. Selain itu, oatmeal melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. 

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *