10 Cara Alami Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda

by

Di zaman seperti sekarang, banyak orang sudah memiliki uban meski secara usia mereka masih muda, biasanya usia 20-an atau 30-an. Dengan munculnya uban, mereka terlihat jauh lebih tua dari usia mereka sebenarnya.

Masalahnya dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti predisposisi genetik, gizi buruk, fluktuasi hormon, rokok, polusi, stres, penggunaan produk rambut yang tidak cocok, dan penyakit tertentu seperti pilek kronis, sinusitis, dan gangguan tiroid.

10 Cara Alami Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda
Pada dasarnya, helai rambut menjadi putih atau abu-abu karena jumlah rendah melanin, pigmen yang memberikan rambut Anda warna alami. Aktivitas melanosit melambat dengan usia dan tubuh secara bertahap berhenti memproduksi melanin.

Ketimbang menutupi rambut abu-abu dengan warna rambut buatan dan kimia, Anda dapat mencoba beberapa bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di rumah. Selain itu, makan makanan yang sehat dan bergizi juga dapat membantu mengatasi rambut beruban Anda.

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin B, zat besi, tembaga, dan yodium juga berkontribusi untuk masalah ini. Berikut adalah 10 bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut beruban sebelum waktunya.

1. Minyak kemiri

Minyak kemiri sangat baik untuk berbagai masalah rambut termasuk beruban yang belum waktunya, rambut kusam, dan rambut rontok. Kaya vitamin C dan antioksidan, minyak kemiri ini memiliki manfaat anti-penuaan. Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menerapkan minyak ini pada rambut Anda.

2. Daun rambutan

Daun rambutan membantu meningkatkan pigmentasi gelap di rambut Anda. Ketika dikombinasikan dengan minyak kelapa, daun rambutan bekerja sebagai tonik rambut yang baik. Caranya, blender daun rambutan sampai halus. Lalu gunakan bersama minyak kelapa untuk keramas.

3. Ampas teh

Ampas teh ternyata juga bisa dipakai untuk menghitamkan rambut. Caranya, rendam dan biarkan ampas teh selama sehari semalam. Lalu gunakan ampas untuk keramas. Untuk hasil optimal, tambahkan garam secukupnya. Diamkan selama sejam lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai rambut benar-benar hitam.

4. Minyak kelapa dan jus lemon

Minyak kelapa bekerja baik untuk rambut Anda. Melembabkan rambut Anda, merangsang pertumbuhan rambut, melawan infeksi, dan menambah kilau rambut Anda adalah beberapa manfaatnya. Ketika digunakan untuk waktu yang lama, minyak kelapa juga membantu membalikkan rambut abu-abu karena dikemas dengan antioksidan.

5. Lidah buaya

Tak hanya berkhasiat menyuburkan rambut, lidah buaya ternyata juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Cara perawatannya, cukup gunakan lidah buaya yang sudah dihaluskan untuk keramas lalu diamkan beberapa saat.

6. Putih telur

Putih telur adalah salah satu bahan sehari-hari yang efektif untuk mencegah dan mengurangi masalah uban. Caranya campur putih telur dari tiga telur kampong dengan setengah gelas air hangat dan satu sendok garam. Diamkan selama 2 jam.

7. Jus bawang

Jus bawang diyakini menjadi obat rumah yang baik untuk rambut menipis dan beruban yang belum waktunya. Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa rambut abu-abu terutama disebabkan oleh penumpukan hidrogen peroksida di dasar folikel rambut dan penurunan senyawa antioksidan alami, yang disebut katalase. Jus bawang mempromosikan produksi senyawa ini.

8. Teh hitam

Teh hitam membantu menggelapkan rambut Anda, serta melembutkan dan membuatnya bersinar. Caranya pun sama dengan resep nomor tiga.

9. Daun bayam 

Daun bayam memerangi rambut rontok dan membantu menghentikan uban yangtumbuh sebelum waktunya dengan mempertahankan warna alami rambut Anda.

10. Biji wijen hitam

Menurut pengobatan tradisional Cina, biji wijen hitam sangat efektif dalam menyingkirkan masalah rambut beruban yang belum waktunya. Hal ini diyakini bahwa mereka mempromosikan aktivitas melanosit untuk menghasilkan melanin.

Mereka juga kaya protein, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan tembaga. Cukup makan satu sendok teh biji wijen hitam setiap hari selama setidaknya tiga bulan. Teratur mengoleskan minyak wijen pada rambut Anda juga berguna.

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *