10 Cara Ampuh Mencegah dan Mengurangi Jet Lag

by

Mereka yang sering bepergian ke luar negeri sangat akrab dengan dampak dari ‘jet lag’, juga dikenal sebagai ‘sindrom perubahan zona waktu’. Istilah-istilah tersebut menggambarkan berbagai gejala yang terjadi setelah penerbangan ke zona waktu yang baru.

Hal ini terjadi ketika jam biologis tubuh akan terganggu setelah melintasi beberapa zona waktu. Jam tubuh internal Anda menemukan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perjalanan yang cepat dan zona waktu baru. Tubuh membutuhkan beberapa hari sampai beberapa minggu untuk bisa akrab beradaptasi dengan zona waktu yang baru.

10 Cara Ampuh Mencegah dan Mengurangi Jet Lag
Jam biologis tubuh Anda mempengaruhi tidur Anda dan pola bangun serta nafsu makan, pencernaan, kebiasaan buang air besar, produksi urin, suhu tubuh dan tekanan darah. Pola tidur yang terganggu adalah salah satu gejala yang paling umum dari jet lag.

Gejala lain termasuk kelelahan, masalah pencernaan, mual, nyeri otot, kurang nafsu makan, sakit kepala, kehilangan ingatan, gangguan penilaian, konsentrasi yang buruk, dan mudah tersinggung.

Gejala bervariasi dari orang ke orang dan dapat bertahan hingga 5 atau 6 hari jika Anda telah melakukan perjalanan di sembilan atau lebih zona waktu, terutama di arah timur. Meski siapapun bisa menderita jet lag, tapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan beratnya jet lag.

Faktor-faktor tersebut meliputi jumlah zona waktu menyeberang, bepergian ke zona waktu timur, dehidrasi, minum alkohol dan kafein selama penerbangan, kurang tidur, stres berlebih dan berusia lebih dari 60 tahun.

Jet lag bersifat sementara, tetapi dapat secara signifikan mengurangi kenyamanan Anda selama perjalanan liburan atau bisnis Anda. Untungnya, ada beberapa tips dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi gejalanya. Berikut adalah 10 tips untuk mencegah atau mengurangi jet lag.

1. Ubah jadwal rutin tidur sebelum keberangkatan.

Hal ini juga penting untuk mengubah pola tidur yang teratur Anda beberapa hari sebelum keberangkatan Anda. Ini akan membantu agar jam tubuh Anda menyesuaikan diri dengan mudah ke zona waktu yang baru.

2. Nikmati sinar matahari saat tiba.

Jika Anda tiba di tujuan saat siang hari, penting untuk menghabiskan beberapa waktu di bawah sinar matahari alami. Paparan sinar matahari akan membantu otak Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Bahkan, siang hari adalah alat alami yang paling ampuh untuk mengatur siklus tidur-bangun, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi gejala jet lag.

3. Tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup.

Tetap terhidrasi adalah yang pertama dan paling penting sebagai langkah untuk mencegah jet lag. Bahkan, Anda perlu menjaga tubuh Anda terhidrasi sebelum, selama dan setelah perjalanan.

4. Batasi kafein dan minuman beralkohol.

Beberapa hari sebelum perjalanan yang dijadwalkan dan juga ketika Anda berada di penerbangan, batasi asupan kafein dan minuman beralkohol. Minuman tersebut dapat menyebabkan tidur terganggu, salah satu efek samping utama dari bepergian ke luar negeri.

5. Tetap mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Sama seperti siklus tidur, bepergian ke tempat-tempat dengan zona waktu yang berbeda dapat mempengaruhi rutinitas pencernaan Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda harus tetap mengatur apa yang Anda makan.

6. Konsumsi suplemen melatonin.

Melatonin adalah hormon yang tubuh produksi secara alami sekitar waktu tidur Anda dijadwalkan. Bahkan, hormon ini mengontrol jam biologis tubuh dan mengirimkan sinyal ke tubuh ketika Anda harus pergi tidur dan ketika Anda harus bangun. Dengan mengambil suplemen melatonin, Anda dapat mengatur ulang jam internal tubuh Anda.

7. Lakukan aktivitas fisik saat berada di penerbangan. 

Saat Anda terbang jarak jauh, pastikan untuk mengambil istirahat 10 menit berjalan kaki sekitar kabin untuk mencegah peredaran darah yang buruk. Sering berjalan juga akan membantu mengurangi resiko terkena trombosis vena dalam.

8. Gunakan alat bantu tidur selama di pesawat.

Jika Anda bepergian dalam semalam atau terbang dari barat ke timur, pastikan untuk mendapatkan tidur di penerbangan. Traveling bisa sangat melelahkan bagi banyak orang. Dengan demikian, lebih banyak tidur dan istirahat tubuh Anda saat perjalanan, akan membuat tubuh Anda siap untuk mengatasi gejala jet lag.

9. Segera mandi hangat setelah tiba.

Berpergian ke luar negeri dapat membuat Anda sangat lelah. Untuk mengatasi kelelahan ini, mandi adalah apa yang Anda butuhkan. Pilih untuk mandi air hangat jika Anda telah tiba di tempat tujuan. Mandi air hangat dapat meringankan sakit otot dari perjalanan dan membantu Anda bersantai. Penurunan suhu tubuh Anda setelah mandi air hangat juga dapat membuat Anda lekas mengantuk dan tidur.

10. Memakai pakaian longgar.

Memilih pakaian yang tepat saat Anda berpergian adalah salah satu hal yang penting, terutama ketika terbang jarak jauh. Mengenakan pakaian longgar, pakaian yang nyaman sangat dianjurkan selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *